Kemplang, Camilan Khas Palembang yang Tak Tergerus Zaman

Setiap daerah, memiliki kuliner andalan yang bisa menjadi buah tangan sekaligus kebanggaan. Tidak ketinggalan juga dengan ibu kota Sumatera Selatan, Palembang. Selain pempek yang memang sudah tersohor, Palembang punya camilan yang tak tergerus zaman. Camilan ini bernama kemplang. Asing dengan namanya? Kalau begitu, mari kita kenali sama-sama camilan khas Palembang ini!

1. Bahan Pembuat Kemplang

Ikan Tenggiri Giling
Ikan Tenggiri Giling via Instagram/ikantenggirigilingsjfish

Kemplang merupakan kerupuk khas Palembang dengan citarasa ikan tenggiri yang kuat. Teman Traveler yang hobi dengan pempek, pasti akan mudah menyesuaikan dengan rasa dari kemplang. Pasalnya, bahan baku pembuatan pempek dan kemplang cenderung sama. Kerupuk ini terbuat dari adonan sagu atau tepung tapioka dengan ikan tenggiri atau belida. Jika tidak ada keduanya, para pembuat kemplang biasa juga menggunakan ikan gabus atau ikan-ikan berdaging putih. Adonan tersebut kemudian dicampur hingga kalis, dicetak, dikukus, dijemur lalu digoreng atau dipanggang.

2. Kemplang Panggang

Kemplang Panggang Palembang
Kemplang Panggang Palembang via Instagram/kemplang_my_emak

Camilan khas Palembang berupa kerupuk ini tersedia dalam beberapa varian. Varian pertama yang bisa Teman Traveler coba adalah kemplang panggang. Bahan baku pembuatannya sama, hanya, kemplang ini disajikan dengan dipanggang. Jenis kemplang panggang, sangat lezat dinikmati bersama sambal yang takkalah khas. Rasa gurih ikan berpadu pedas dan manis dari sambal dijamin membuat ketagihan.

3. Kemplang Getas

Kemplang Getas
Kemplang Getas via Instagram/dapur168

Varian camilan khas Palembang selanjutnya yang bisa Teman Traveler coba adalah kemplang getas. Rasanya masih sama-sama ikan banget, hanya bentuk kemplang getas ini berbeda dengan kemplang panggang. Kemplang getas memiliki bentuk bulat-bulat atau bisa juga berbentuk seperti camilan telur gabus. Kerupuk kemplang getas, cocok sebagai lauk makan atau camilan di berbagai suasana.

4. Kemplang Pipih (Kerupuk Kemplang)

Kerupuk Kemplang
Kerupuk Kemplang via Instagram/kerupuk988_medan

Jenis kemplang lainnya selain kemplang getas dan panggang yang bisa Teman Traveler bawa pulang dari Palembang adalah kemplang pipih atau lebih dikenali dengan sebutan kerupuk kemplang. Kemplang pipih terbuat dari adonan pempek lencer yang dipotong tipis-tipis sekira 1 cm. Adonan pempek lenjer yang sudah dalam keadaan terpotong tipis tersebut kemudian dijemur dan digoreng sebanyak dua kali. Rasanya? Sama lezat dan gurihnya.

Tertarik mencoba? Jangan khawatir, karena sekarang, camilan khas Palembang ini bisa dibeli melalui toko-toko online yang khusus menjual oleh-oleh Palembang.

Tags
Indonesia kemplang kuliner Palembang
Share