Tips Traveling Saat Haid, Agar Liburan Nggak Berantakan

Rencana liburan sudah dirancang dari jauh-jauh hari. Bayangan tentang indahnya laut, nyamannya menikmati es kelapa muda dari balkon kamar hotel dengan kolam renang keren yang dipesan, sudah membayangi kepala. Eh, pas tanggal yang ditunggu-tunggu tiba, malah datang bulan. Jangan khawatir, liburanmu tak akan jadi berantakan, kok. Ini dia tips-tipsnya. Catat, ya.

Peregangan Sangat Diperlukan

Peregangan otot saat haid
Peregangan otot saat haid [image source]
Sudah bukan rahasia, linu-linu badan adalah tamu yang tak diundang saat datang bulan datang. Untuk menghindari badan yang tak enak saat liburan, pastikan kamu melakukan peregangan otot, ya. Boleh di setiap bangun pagi, atau sebelum tidur. Pastikan juga obat pereda nyeri haid masuk dalam tas. Ganti juga cemilanmu dengan yang mengandung zat besi tinggi, seperti kacang-kacangan. Pilih menu buah-buahan untuk sarapanmu, ya.

Bawa ‘Bekal’ Banyak

Bekal pembalut yang cukup
Bekal pembalut yang cukup [image source]
Bukan kacamata atau topi pantai yang wajib kamu bawa dalam liburan kali ini, tapi stok pembalut dan celana dalam yang banyak. Jangan siapkan secukupnya, lebih baik berlebih daripada kamu kekurangan dan bingung harus beli di mana. Pastikan ada satu atau 2 lembar pembalut dalam tas pinggang traveling yang kamu bawa keliling kota. Hindari juga membawa pakaian dan juga bawahan warna terang, apalagi putih, ya.

Cocokkan Pembalut dengan Destinasi

Snorkeling
Snorkeling [image source]
Tak perlu panik saat rencana snorkeling di pantai Malang terancam berantakan karena datang bulan. Kamu bisa belajar menggunakan tampon sebelum terjun ke air. Sedang saat destinasimu adalah gunung, pastikan kamu sering mengganti pembalut dan pilih celana yang bisa menyerap keringat. Ingat, jangan buang bekas pembalutmu sembarangan, lho. Kamu juga bisa merancang rencana B, yaitu mencari tempat wisata lain yang akan membuatmu nyaman meski sedang haid.

Banyak Minum Air Putih

Meminum banyak air putih
Meminum banyak air putih [image source]
Saat sedang menstruasi, tubuhmu mengeluarkan banyak cairan. Gantilah dengan banyak-banyak meminum air putih. Ini juga ampuh untuk menghindari linu-linu yang biasa menyerang saat datang bulan. Boleh juga menyiapkan vitamin-vitamin atau menggantinya dengan buah dan juga makanan manis. Karena badanmu tidak se-fit biasanya, jangan memaksa diri untuk keliling seharian. Istirahatlah dan lanjutkan keesokan harinya. Nggak mau kan traveling malah kecapekan dan sakit, malah nggak bisa kemana-mana, dong.

Hindari Soda dan Bawa Coklat Banyak-banyak

Makan coklat banyak-banyak
Makan coklat banyak-banyak [image source]
Ada beberapa makanan dan minuman yang lebih baik dihindari saat sedang menstruasi. Pertama, jauhi soda dan gantilah dengan air putih atau jamu dengan bahan kunyit. Percayalah, ini baik untuk perutmu. Kedua, hindari cemilan yang asin atau pedas. Lebih baik pilih coklat sebagai bekal makanan di perjalananmu. Manisnya baik untuk tubuhmu dan rasa nikmatnya akan membuatmu lebih rileks. Jadi nggak gampang marah deh, jadinya.

Catat Baik-baik Tanggal Saktimu

catat tanggal haidmu
catat tanggal haidmu [image source]
Ada baiknya selalu mencatat tanggal-tanggal di mana kamu akan kedatangan tamu. Hal ini bisa digunakan untuk menghindari merencanakan bepergian di hari-hari itu. Kalaupun harus, pastikan mood-mu tidak dikendalikan oleh keadaan. Senang dan seru bisa diciptakan, semuanya tergantung kamu, lho. Haid akan datang setiap bulan, namun belum tentu liburan bisa sesering itu. Jangan mau kalah!

Nah, di atas adalah hal-hal yang harus kamu lakukan agar acara pelesirmu tetap nyaman meski sedang kedatangan tamu tak diundang. Bagaimana, ada yang mau berbagi pengalaman tentang ini?

Tags
Indonesia tips dan inspirasi tips traveling saat haid
Share