Spot Snorkeling ‘Tipis-tipis’ di Malang, Ada Danau Hingga Laut

Advertisement

Snorkeling sekarang ini semakin jadi tren terutama di kalangan para traveler. Sosial Media dibanjiri dengan postingan tentang keindahan bawah air. Tentu saja tidak selalu Bali, Raja Ampat atau Wakatobi. Daerah Malang pun punya banyak spot snorkeling. Mulai dari pantai di Malang hingga danau-danau yang ada di Malang, semuanya sangat recommended untuk dijelajahi. Kira-kira di mana saja ya? Berikut hasil wawancara Travelingyuk dengan beberapa traveler asal Malang.

1. Pantai Bolu-Bolu

Pantai Bolu-bolu [image source]
Pantai Bolu-Bolu punya kesan tersendiri di mata Adi Ridho, anggota komunitas Malang Traveller, yang akrab dengan alam. Menurutnya destinasi wisata pantai di Malang ini yang harus ditempuh dengan perahu yang menjanjikan pemandangan yang bagus. “Bolu-bolu bagus untuk snorkeling. Harus naik perahu untuk menuju ke spot terbaik. Bisa lihat karang-karang kecil dan ikan warna biru, bukan baby shark loh ya,” ungkapnya Adi dengan nada bercanda. Menuju ke Pantai Bolu-bolu tidak sulit, kamu tinggal mengarahkan kendaraan ke Pantai Lengoksono. Kemudian menyewa perahu dengan kapasitas 7 orang. “Setiap orang biasanya ditarik biaya sebesar 50 ribu. Sedangkan sewa alat snorkelingnya 15 ribu rupiah,” tambah Adi. Serunya lagi, kamu bisa diantarkan juga ke spot lainnya seperti Pantai Banyu Anjlok.

Pantai Bolu-bolu [image source]
Pantai Bolu-bolu [image source]

Lokasi : Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur

2. Pantai Kletekan

Pantai Kletekan Malang [image source]
Jika cuaca mendukung, kamu juga bisa memilih destinasi lain dari pantai Lengoksono. Selain Bolu-bolu ada juga Pantai Kletekan, wisata Kabupaten Malang yang masih jarang dikunjungi orang. Pengunjung dapat seru-seruan di Pantai dan nantinya akan dijemput perahu. Adi menambahkan jika gelombang sedang tinggi, maka perahu akan melakukan penjemputan keesokan harinya. “Tapi dulu ada orang daerah situ cerita kalau ombaknya besar dan ternyata kita udah terlanjur naik, biasanya jemputan perahunya hari berikutnya,”cerita Adi.  Kalau kamu berhasil sampai di lokasi, maka kamu akan disambut air laut dengan kedalaman sekitar 5 meter dan terumbu karang serta ikan-ikan.

Pantai Kletekan Malang [image source]

Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur

3. Pantai 3 Warna

Pantai 3 warna [image source]
Lain Adi, lain pula Dio Febri, pria asli Malang yang mengaku pernah ke salah satu pantai di Malang yaitu Pantai 3 Warna dan terpesona akan kecantikan alamnya. Mahasiswa Politeknik Negeri Malang ini  menjelaskan seperti apa daya tarik Pantai 3 Warna saat dia mengunjunginya. “Pantai 3 Warna indah tapi untuk di pinggir airnya sedikit keruh karena pasir, tapi saat ke tengah bening dan dingin serta banyak ikan hias dan terumbu karang,” cerita Dio. Sebelum ke sini, kamu akan melewati Pantai Clungup dan Gatra terlebih dahulu, ada jasa guide dengan biaya Rp100.000.

Pantai 3 warna [image source]

Lokasi : Sendang Biru, Sitiarjo, Malang, Jawa Timur

4. Danau Sumber Sirah

Adi Ridho di Sumber Sirah [image source]
Malang juga punya spot snorkeling berupa danau, tidak kalah cantik bahkan memiliki tanaman bawah air. Mirip-mirip dengan terumbu karang di lautan. Namanya adalah Danau Sumber Sirah. Baik Adi dan Dio yang sama-sama jadi anggota Malang Traveller sudah berkali-kali ke sini. Letaknya ada di Kecamatan Gondanglegi. Daya tarik utamanya tentu adalah tanaman ganggang berwarna hijau dan pasir di dasar danau yang berwarna hitam. “Saya senang sekali traveling ke sini karena dekat dengan Malang. Murah biayanya dan punya spot snorkeling lebar,” ujar Adi yang baru saja liburan ke Danau Sumber Sirah. Saat jam 12 siang biasanya cahaya mataharinya bisa menembus kedalaman air. Jadi cocok untuk foto underwater. Sekarang ada ayunannya di tengah-tengah Sumber Sirah, keren kan?

Sumber Sirah [image source]

Lokasi : Jalan Sunan Gunung Jati, RT.05 / RW.02, Putukrejo, Gondanglegi, Putukrejo, Gondanglegi, Malang

5. Sumber Jenon

Sumber Jenon [image source]
Yeng kelima adalah Sumber Jenon. Di sini memang tidak ada terumbu karang atau tanaman ganggang seperti di Sumber Sirah, tapi yang menunggumu adalah tongak kayu raksasa yang ada di dalam air. Konon, umurnya sudah ratusan tahun. “Sudah ke sini 3 kali, airnya adem banget, ditambah dalem banget. Tapi overall asik dibuat renang, dibuat snorkeling juga bagus,” cerita Adi pada Travelingyuk. Masuknya gratis, kamu cukup membayar parkir sekitar Rp5.000. Baik mobil atau motor bisa menuju lokasi.

Sumber Jenon [image source]

Lokasi : Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur

Itulah beberapa spot snorkeling di Malang, pernah mengunjungi salah satunya? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Snorkeling
Share