Liburan Akhir Tahun, Inilah Tips Jitu Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Akhir tahun umumnya jadi momen spesial bagi sebagian besar orang. Banyak yang memilih untuk berlibur atau menghabiskan waktu bersama sosok terdekat. Jika Teman Traveler juga punya rencana seperti itu, ada baiknya kalian cari tahu soal cara mendapatkan tiket pesawat murah.

Menjelang tutup tahun, harga tiket maupun akomodasi biasanya melambung tinggi. Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat permintaan juga sedang tinggi-tingginya. Namun Teman Traveler tak perlu kecil hati, berikut Travelingyuk berikan sederet tips jitu untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Tiket Pesawat Promo 2018

Ilustrasi pesawat terbang komersil
Ilustrasi pesawat terbang komersil via Shutterstock

Perjalanan udara sempat jadi sebuah kemewahan. Tidak semua orang beruntung merasakan sensasi bepergian sembari menembus awan. Hal tersebut karena harga tiket pesawat yang tinggi dan minimnya jumlah maskapai.

Namun beberapa puluh tahun berlalu, kondisi kini berubah drastis. Maskapai penerbangan murah mulai menjamur. Kini semua orang bisa merasakan kesempatan melakukan perjalanan cepat nan nyaman, seiring dengan harga tiket pesawat yang semakin terjangkau.

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat via Shutterstock

Hal tersebut memaksa maskapai lain yang sudah terlebih dahulu eksis memutar otak. Mereka lantas mensiasatinya dengan memberikan tiket pesawat promo. Harga tiket pesawat dipangkas sedemikian rupa selama periode tertentu, guna merangsang gairah beli konsumen.

Mencari tiket pesawat promo 2018 bisa dibilang susah-susah gampang. Teman Traveler harus jeli mengamati informasi yang diberikan maskapai di laman resmi atau akun media sosial. Tiket pesawat promo 2018 biasanya juga kerap disebar menjelang event atau hari besar tertentu, seperti musim libur sekolah, hari Natal, maupun Idul Fitri.

Harga Tiket Pesawat Liburan Natal 2018

Suasana Natal di Bandara
Suasana Natal di Bandara via Shutterstock

Seperti yang sudah disebutkan, harga tiket pesawat cenderung melambung jelang musim liburan. Tahun ini pun tak ada bedanya. Dalam beberapa pekan, 2018 akan segera berakhir dan banyak orang ingin menghabiskannya dengan berlibur. Belum lagi Desember juga bertepatan dengan Natal, hari besar umat Kristiani.

Sama halnya umat Islam kala Idul Fitri, mereka yang merayakan Natal juga acapkali memanfaatkan momen hari besar untuk mudik alias pulang kampung. Hal ini biaya tiket pesawat untuk perjalanan udara serta tiket untuk perjalanan darat dan laut melambung tinggi akibat meroketnya permintaan. Harga tiket pesawat Liburan Natal 2018 pun harus ditebus dengan rupiah yang tidak sedikit.

Ilustrasi liburan Natal
Ilustrasi liburan Natal via Shutterstock

Untungnya, Teman Traveler masih bisa memanfaatkan sejumlah promo. Sejumlah laman penyedia jasa pembelian tiket pesawat belakangan sedang gencar-gencarnya memberikan potongan harga. Namun ingat, promo semacam ini biasanya hanya berlaku untuk periode pemesanan tertentu. Jadi pastikan kalian memesan tiket perjalanan sejak jauh-jauh hari.

Teman Traveler juga bisa memanfaatkan laman pemindai harga tiket pesawat yang kini banyak muncul di Internet. Cukup mengetikkan kota asal dan tujuan, kalian bakal mendapatkan daftar informasi lengkap terkait harga tiket pesawat dari berbagai maskapai.

Tiket Pesawat yang Sedang Murah

Ilustrasi boarding online di bandara
Ilustrasi boarding online di bandara via Shutterstock

Selain mengandalkan promo, ada beberapa cara untuk mencari tiket pesawat yang sedang murah. Pertama-tama, Teman Traveler harus menentukan dulu mana kota yang ingin dituju. Tiket penerbangan menuju daerah populer seperti Jogjakarta, Bali, atau Jakarta cenderung fluktuatif karena ada banyak maskapai yang melayani perjalanan ke sana.

Sebaliknya, harga tiket pesawat menuju kota kurang populer seperti Banjarmasin atau Aceh cenderung lebih stabil. Maskapai biasanya menerapkan tarif flat alias tidak banyak berubah. Pengecualian jika terjadi lonjakan permintaan menjelang musim liburan atau hari besar keagamaan.

Ilustrasi pemesanan tiket pesawat
Ilustrasi pemesanan tiket pesawat via Shutterstock

Berikutnya Teman Traveler juga harus memperhatikan maskapai penerbangan yang dipilih. Jika memilih maskapai full-service, jangan berharap bakal mendapat diskon atau potongan harga tiket pesawat. Sebab maskapai jenis ini biasanya sudah memiliki range harga tetap, yang bakal berlaku selama satu tahun mendatang.

Lain halnya jika Teman Traveler terbang bersama Low Cost Carrier alias maskapai penerbangan murah. Harga tiket pesawat yang mereka tawarkan biasanya sangat fluktuatif, bahkan hingga menjelang jam keberangkatan. Salah satu trik mendapatkan tiket pesawat murah dari maskapai semacam ini adalah memesan jauh-jauh hari sebelum perjalanan atau di detik-detik akhir menuju lepas landas.

Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo

Ilustrasi mencari tiket pesawat promo
Ilustrasi mencari tiket pesawat promo via Shutterstock

Jika Teman Traveler termasuk pemburu tiket pesawat murah promo, ada beberapa cara ampuh yang bisa kalian praktekkan untuk mendapatkannya. Pertama-tama perhatikan periode perjalanan kalian. Sebab seperti yang sudah disebutkan, harga tiket di high-season, akhir pekan, long weekend, dan akhir tahun cenderung mahal.

Berikutnya, Teman Traveler wajib mem-follow akun media sosial beragam maskapai penerbangan. Biasanya admin mereka akan rajin meng-update informasi jika ada promo tiket pesawat yang hendak dijalankan. Jangan lupa juga untuk membuat akun atau men-subscribe email, agar kalian bisa mendapatkan newsletter terbaru mengenai diskon dari maskapai tersebut.

Ilustrasi persiapan perjalanan
Ilustrasi persiapan perjalanan via Shutterstock

Jika Teman Traveler benar-benar sering bepergian dengan pesawat, tak ada salahnya mencoba mengajukan aplikasi kartu kredit. Sejumlah maskapai sering memberikan potongan harga khusus bagi konsumen yang membayar tiket pesawat dengan kartu kredit. Selain itu, kalian juga bisa mengumpulkan poin tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk penerbangan murah di perjalanan berikutnya.

Terakhir, sering-seringlah bergaul di media sosial. Guna menambah interaksi, beberapa akun media sosial biasanya sering mengadakan kuis berhadiah tiket penerbangan gratis. Tantangan yang diajukan umumnya sederhana dan mudah dipraktekkan. Hitung-hitung iseng berhadiah tiket pesawat.

Tiket Pesawat Lion Air

Ilustrasi maskapai Lion Air
Ilustrasi maskapai Lion Air via Shutterstock

Terlepas dari semua pemberitaan negatif yang sering menerpa Lion Air, maskapai berlogo kepala singa ini masih jadi salah satu favorit di Indonesia. Harga tiket pesawat yang murah plus rute perjalanan beragam, menjadi dua alasan utama mengapa Lion kerap jadi pilihan utama – terutama mereka yang ingin menghemat biaya perjalanan.

Tiket pesawat Lion Air juga cenderung fluktuatif atau terus berubah-ubah. Hal ini biasa diterakan oleh maskapai penerbangan murah alias Low Cost Carrier. Teman Traveler yang mencari tiket penerbangan murah bisa coba untuk terus mengamati laman resmi Lion Air. Mereka biasanya melakukan perubahan harga saat dini hari, siang, dan malam hari.

Tiket Pesawat Citilink

Ilustrasi maskapai Citilink
Ilustrasi maskapai Citilink via Shutterstock

Tiket pesawat Citilink juga termasuk salah satu pencarian populer di antara traveler Indonesia. Citilink merupakan subsidiary Garuda Indonesia, maskapai full-service kebanggaan Tanah Air. Bedanya, mereka menawarkan penerbangan terjangkau dengan servis tak kalah memuaskan.

Hal tersebut membuat Citilink menjadi salah satu maskapai favorit di Indonesia. Mereka yang memiliki budget menengah biasanya akan memilih membeli tiket pesawat Citilink. Selain terjangkau, pelayanannya juga dianggap setingkat di atas Low Cost Carrier.

Itulah sederet pembahasan dan trik jitu mendapatkan tiket pesawat murah yang bisa Teman Traveler coba. Kini kalian tak perlu lagi bingung harus mengeluarkan biaya mahal demi menikmati liburan berkesan di akhir tahun. Teman Traveler apakah punya tips jitu untuk mendapatkan tiket pesawat murah? Bagikan di kolom komentar ya!

Tags
Akomodasi Indonesia tiket pesawat tips dan inspirasi Travelingyuk
Share