Tips Beli Tiket Pesawat, Dapat yang Murah Ternyata Mudah

Pesawat masih menjadi transportasi yang diidam-idamkan. Selain waktu tempuhnya yang cepat, segala kemewahan yang ada di dalamnya mampu membuat penumpang jadi nyaman dan bahagia. Sebagian malah dilengkapi dengan tempat tidur dan fasilitas ala hotel berbintang. Namun, ada harga tentu ada rupa. Biasanya maskapai dengan layanan terbaik juga mematok harga tiket yang mahal. Tenang, dengan beberapa cara berikut ini, kamu masih bisa mendapatkan tiket dengan aman, mudah, serta murah.

1. Beli Tiket Jauh-jauh Hari

Beli Tiket
Beli Tiket [image source]
Sudah bukan rahasia lagi jika ingin dapat tiket yang murah maka harus beli jauh-jauh hari. Dilansir dari cheapair.com (6/4/2017), ternyata waktu terbaik untuk membeli tiket dengan harga murah adalah antara 105 hari hingga 20 hari sebelum keberangkatan. Penelitian yang dilakukan situs tersebut juga menyajikan data bahwa saat yang paling ideal adalah 54 hari sebelum perjalanan.

2. Pilih Momen yang Tepat

Momen liburan panjang
Momen liburan panjang [image source]
Setiap maskapai penerbangan tentu memiliki cara sendiri dalam hal menawarkan tiketnya. Namun kebanyakan harga tiket yang murah akan diumumkan setiap Senin dan Selasa. Dan sebaliknya, Jumat hingga Minggu adalah waktu di mana tiket jadi mahal karena akhir pekan. Hindari juga momen-momen liburan panjang seperti akhir tahun.

3. Gunakan Alat Pembayaran yang Sering Menawarkan Promo

Gunakan Alat Pembayaran yang Sering Menawarkan Promo
Menggunakan Alat Pembayaran yang Sering Menawarkan Promo [image source]
Promo bisa datang dari mana saja dan karena apapun. Termasuk alat pembayaran seperti kartu kredit. Biasanya kamu akan mendapatkan potongan dalam jumlah tertentu jika memesan tiket pesawat dengan kartu kredit. Hal yang sama juga bisa bisa terjadi untuk ATM Transfer dan cara pembayaran lainnya. Lumayan bukan, tiket yang semula mahal bisa jadi murah dengan promo menarik.

4. Mengikuti Sosial Media Maskapai Penerbangan

Mengikuti sosial media
Mengikuti sosial media [image source]
Sosial media mendatangkan banyak manfaat. Selain sebagai media eksistensi diri, juga bisa membuat kamu lebih dekat dengan tiket pesawat murah. Caranya dengan mengikuti akun media sosial maskapai penerbangan. Mulai dari Twitter hingga Instagram. Pantau secara berkala agar sewaktu ada unggahan tentang diskon, kamu bisa gerak cepat untuk mendapatkannya. Dari sini juga, kamu dapat mengetahui bulan-bulan promo maskapai.

5. Memanfaatkan Poin Travel Website

Memanfaatkan Poin Travel Website
Memanfaatkan Poin Travel Website [image source]
Saat ini pembelian tiket pesawat semakin mudah dengan adanya situs-situs travel online. Karena persaingan ketat, maka diskon pun banyak yang ditawarkan. Kamu bisa membandingkan harga dan memilih mana yang paling murah. Selain itu, beberapa situs memiliki sistem poin yang diberikan pada pelanggan untuk setiap transaksi yang dilakukan. Poin tersebut bisa ditukarkan menjadi potongan harga tiket pesawat dan lain sebagainya.

6. Mendatangi Travel Fair

Travel Fair
Travel Fair

Travel Fair adalah ajang pameran yang mengenalkan produk jasa perjalanan, termasuk maskapai penerbangan. Biasanya setiap maskapai mengadakan acara tersebut rutin dalam waktu tertentu setiap tahunnya. Jangan ragu untuk datang ke cara semacam ini. Jika beruntung, kamu bisa memenangkan kuis atau undian berhadiah. Promo tiket hingga paket wisata juga banyak ditawarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Kamu punya cara ampuh sendiri? Bagikan di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia tips traveling
Share