Jelang Liburan Tahun Baru, Inilah Trik Dapatkan Tiket dan Penginapan Murah

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia
Ilustrasi memesan tiket Ilustrasi memesan tiket

Malam pergantian tahun pastinya jadi momen istimewa bagi sebagian orang. Tak sedikit yang memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga maupun pasangan terkasih. Sayangnya, momen tersebut juga tergolong high-season. Dengan kata lain, sulit mencari tiket dan penginapan murah.

Tak heran jika budget liburan akhir tahun umumnya lebih mahal. Namun demikian, Teman Traveler tak perlu risau. Berikut Travelingyuk punya beberapa rahasia mendapatkam tiket dan penginapan murah menjelang liburan tahun baru. Penasaran? Simak terus ya.

1. Jangan dadakan

Ilustrasi memesan tiket
Ilustrasi memesan tiket via Shutterstock

Tak seperti tahu bulat yang nikmat digoreng dadakan, liburan tahun baru tanpa perencanaan matang justru merugikan. Bakal sangat sulit mencari tiket dan penginapan murah. Rate kamar hotel akan melambung tinggi. Tiket pesawat maupun kereta api umumnya juga akan lebih sulit dicari.

Menyusun jadwal liburan sejak jauh-jauh hari sangat disarankan. Menurut beberapa sumber, harga tiket pesawat cenderung terjangkau jika dibeli delapan minggu sebelum waktu keberangkatan. Teman traveler juga boleh coba melakukan pemesanan di malam hari, karena harga yang ditawarkan seringkali lebih murah.

2. Hindari pergi sendiri

Ilustrasi liburan bersama teman
Ilustrasi liburan bersama teman via Shutterstock

Jalan-jalan sendirian bisa sangat menyenangkan, terutama bagi kamu penggemar solo traveling. Namun bicara soal memangkas biaya perjalanan atau budget liburan, pergi bersama orang lain bisa jauh lebih menguntungkan lho. Teman Traveler bisa berbagi ongkos penginapan, sewa transportasi, dan masih banyak lagi.

Mengikuti program open trip juga tidak ada salahnya. Paket liburan semacam ini biasanya ditawarkan dengan harga bersaing, jauh lebih murah ketimbang merencanakan perjalanan sendiri. Jika Teman Traveler sedang tak punya partner jalan, mengikut open trip bisa jadi kesempatan bagus untuk bertemu wajah dan pengalaman baru.

3. Incar Harga Paketan

Ilustrasi wisata dengan mengikuti tur
Ilustrasi wisata dengan mengikuti tur via Shutterstock

Cara lain untuk menghemat budget liburan akhir tahun adalah dengan membeli paket atau bundle. Satu paket biasanya sudah termasuk transportasi, akomodasi, dan tiket menuju sejumlah destinasi. Teman Traveler bisa mendapatkan bundle murah meriah ini di sejumlah agen perjalanan.

Mencarinya pun tidak terlalu sulit. Teman Traveler cukup memasang aplikasi khusus di smartphone atau tablet. Biasanya aplikasi semacam ini akan memunculkan notifikasi tersendiri jika ada penawaran baru terkait tiket dan penginapan murah.

4. Awasi Promosi

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat via Shutterstock

Belakangan para pelaku industri pariwisata kian gencar dalam menarik pelanggan. Hal ini tentunya jadi keuntungan tersendiri buat Teman Traveler. Semakin banyak promo menggiurkan muncul, bahkan kini hampir tiap pekan.

Salah satu yang wajib Teman Traveler perhatikan adalah promo gajian. Promosi ini biasanya muncul menjelang akhir bulan. Di saat rekening para karyawan gendut, itulah saat tepat mencari tiket dan penginapan murah.

Itulah beberapa trik mendapatkan tiket dan penginapan murah untuk liburan akhir tahun. Bisa jadi tips berharga untuk Teman Traveler yang ingin menghabiskan pergantian tahun bersama sosok terkasih. Bagaimana, sudah siap berburu tiket dan hotel?