HATI-HATI! Jika mendapat Kode ini di Tiket Pesawatmu

Pesawat menjadi salah satu transportasi yang menawarkan banyak kemudahan. Selain cepat, beberapa maskapai dengan murah hati memberikan promo tiket dengan harga menggiurkan. Meski sangat menggoda, tidak sedikit penumpang yang belum puas dengan pelayanan yang diberikan bandara. Salah satunya adalah waktu pemberangkatan yang kadang ditunda hingga dua jam lebih.

Keterlambatan pemberangkatan ini sebenarnya banyak faktor, salah satunya karena pemeriksaan ketat di bandara. Di luar negeri sendiri, pemeriksaan akan sangat memakan waktu ketika seorang penumpang memiliki boarding pass dengan kode SSSS. Kode misterius di boarding pass inilah yang memiliki waktu pemeriksaan cukup lama hingga setengah jam lebih untuk satu orang sebelum naik pesawat.

Kode Boarding Pass Misterius
Kode Boarding Pass Misterius [image source]
Dilansir dari Dailymail, SSSS atau Secondary Security Screening Selection ini tidak lah berbahaya. Namun, pemilik kode tersebut harus melalui pemeriksaan ketat mulai dari pencarian tas, penggeledahan dan validasi identitas hingga wawancara rencana perjalanan yang dilakukan oleh Administrasi Keamanan Transportasi (TSA). Di Amerika, kode ini berfungsi untuk membantu petugas keamanan memantau orang-orang yang berpotensi berbahaya memasuki atau meninggalkan negara tersebut.

Ilustrasi pemeriksaan ketat dengan kode SSSS
Ilustrasi pemeriksaan ketat dengan kode SSSS [image source]
Menurut Seth Weinstein, seorang pengacara bea cukai Amerika Serikat, pihak berwenang melakukan proses penyaringan dengan Database Terrorist Screening untuk menentukan siapa pemilik kode SSSS. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa kode tersebut didapatkan ketika penumpang membayar tunai atau hanya membeli tiket satu arah. Hal mencurigakan inilah yang membuat mereka mendapatkan kode SSSS di boarding pass.

Boarding Pass dengan kode SSSS
Boarding Pass dengan kode SSSS [image source]
Proses pemeriksaan yang cukup panjang memang melelahkan. Namun, bagi kamu yang mendapatkan kode tersebut dapat meminta agar dikeluarkan dari daftar dengan mengirimkan dokumen dan bukti ke Program Inquiry Redress Traveler. Tak ingin liburanmu terganggu dengan proses pemeriksaan yang ketat, sebaiknya hindari membawa barang mencurigakan dan dapat membahayakan orang lain. Setuju kan?

Tags
Amerika Serikat Luar negeri Maskapai
Share