Liburan Anti Mainstream di India, Yuk Coba 5 Street Food Ini

India sering terlupakan untuk menjadi destinasi tujuan saat liburan ke luar negeri. Padahal, negara ini memiliki pesona tersendiri yang pastinya bikin takjub. Ada bangunan tua yang masih terawat atau kuliner enak yang memanjakan perut. Street food India dengan berbagai bentuk juga siap menggoyang lidah. Seperti di bawah ini.

1. Aloo Tikki

Aloo Tikki, India
Aloo Tikki, India via instagram/@prizpet

Seperti negara lain, India juga memiliki kuliner khas yang bisa ditemukan hampir di setiap sudut. Salah satunya Aloo Tikki yang terbuat dari kentang rebus. Bahan tersebut dicampur dengan bumbu pedas dan saus cabai sebelum digoreng dengan minyak sedikit. Sekilas bentuknya mirip dengan perkedel. Namun, tidak sedikit yang menyebutnya dengan martabaknya India.

Aloo Tikki
Aloo Tikki via instagram/@goodfoodindia

2. Paani Puri

Paani Puri India
Paani Puri India via instagram/@amitvangel

Melihat fotonya saja sudah bikin ngiler. Street food India yang bernama Paani Puri atau Gol Gappa ini terbuat dari teping terigu yang dicetak bulat. Setelah digoreng, kue ini dilubangi sedikit dan diisi dengan rajangan kentang, bawang dan sayuran. Tak lupa ditaburi seledri, siraman saus dan mayo untuk menciptakan rasa spesial di lidah.

Paani Puri
Paani Puri via instagram/@foodkathmandu

3. Momo

Momo Dumpling
Momo Dumpling via instagram/@tiffyun

Kelezatan dumpling kukus dengan saus pedas memang menggiurkan. Apalagi masih hangat dari panci. Tak hanya di Jepang dan Korea, ternyata jajanan ini juga ada di India. Makanan ini dikenal dengan nama Momo yang bentuknya juga tak jauh beda dengan dumpling lainnya. Isinya juga beragam dari sayuran hingga daging.

Momo
Momo via instagram/@floraljeans_

4. Pakora

Pakora India
Pakora India via instagram/@theclichekitchen

Biryani bukanlah satu-satunya kuliner tradisional India yang masih difavoritkan. Jajanan enak bernama Pakora juga tak kalah menarik perhatian. Kue yang mirip dengan gorengan di Indonesia ini biasa dijadikan menu berbuka puasa. Teksturnya renyah, apalagi saat masih panas. Sementara rasa sedap muncul dari paduan sayur dan daging di dalamnya. Pas banget disantap dengan saus khususnya.

Pakora
Pakora via instagram/@lets_wander_doon

5. Samosa

Samosa India
Samosa India via instagram/@g.i.graphy

Jika Indonesia punya pasti, India memiliki Samosa. Jajanan istimewa ini sangat mudah ditemukan, terutama di pasar kuliner. Bentuknya segitiga dan menyerupai kue pastel. Untuk isinya biasanya berupa kentang, bawang bombay, ketumbar, dan kacang polong. Ada juga yang menambah jagung manis di dalamnya. Kue ini paling nikmat disantap saat masih hangat.

Samosa
Samosa via instagram/@dilsefoodie

Nah, itulah lima street food India yang rasanya tak perlu diragukan lagi. Pun banyak yang berjualan, kamu harus waspada untuk tidak membeli jajanan sembarangan. Belinya di tempat yang ramai dan juga hindari menyantapnya di ruangan terbuka. Selain tak sopan, debu yang beterbangan memungkinkan ikut masuk ke dalam tubuh. Bagaimana, setuju bukan?

Tags
India Jajanan di India Kuliner India New Delhi
Share