Tips Liburan ke Luar Negeri Jika Kamu Tidak Mengerti Bahasa Setempat

Salah satu momok yang sering menghalangi seseorang liburan ke luar negeri adalah keterbatasan bahasa. Jangankan bahasa lain, menggunakan Bahasa Inggris saja kadang masih pas-pasan. Jangan terlalu khawatir kalau kamu adalah salah satunya. Berikut ini ada beberapa tips dari Travelingyuk untuk kamu yang ingin keliling dunia tapi tidak terlalu mengerti bahasa di negara tujuanmu.

1. Andalkan Aplikasi Penerjemah

Menggunakan Aplikasi
Menggunakan Aplikasi Via FileHippo News

Di era yang serba canggih ini, kamu bisa memanfaatkan smartphone. Download aplikasi penerjemah dengan segala feature-nya yang mengagumkan. Sebut saja Google Translate, aplikasi ini memungkinkan komunikasi dua arah dan bisa langsung diterjemahkan. Mau ke negara mana. tinggal pilih bahasa yang sesuai.

2. Bicara dengan Bahasa Tubuh

Menggunakan bahasa tubuh
Menggunakan bahasa tubuh Via Lost Boy Memoirs

Komunikasi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah non-verbal. Yaitu menyampaikan pesan tanpa mengutarakan kalimat. Gunakan cara ini juga ketika liburan di luar negeri. Buat gesture atau bahasa tubuh yang mewakili ungkapan tertentu. Misal menggerakkan tangan dan meniru gerakan memasukkan makanan ke mulut untuk bertanya seputar kuliner. Seberapa efektifnya cara ini tergantung kreativitasmu.

Tips Liburan ke Luar Negeri Jika Kamu Tidak Mengerti Bahasa Setempat, design: Deby Ibrahim)
Tips Liburan ke Luar Negeri Jika Kamu Tidak Mengerti Bahasa Setempat, design: Deby Ibrahim)

3. Hafalkan Ungkapan-ungkapan Sederhana

Hafalkan ungkapan sederhana
Hafalkan ungkapan sederhana Via YouTube

Membuat perencanaan sebelum berangkat liburan itu penting. Apalagi jika tujuanmu adalah ke negara yang masyarakatnya kurang akrab dengan Bahasa Inggris. Cari tahu dulu ungkapan-ungkapan penting yang mungkin kamu butuhkan. Lebih baik lagi jika kamu bisa menghapalnya. Misalnya bagaimana cara bertanya atau menyampaikan rasa terima kasih.

4. Tulis Apa yang Kamu Inginkan di Kertas

Tulis di kertas
Tulis di kertas Via Wanderlust Travel Magazine

Mengatakan kalimat dalam bahasa setempat dengan logat yang benar juga bukan hal mudah. Untuk menghindari kesalahpahaman pada kalimat-kalimat yang sulit. Coba tulis di kertas atau smartphone dan kamu bisa menunjukkannya pada orang lokal sewaktu-waktu. Contohnya saat ke Jepang dan menginginkan makanan yang tidak mengandung babi, kamu bisa menunjukkan tulisan atau ilustrasi yang menerangkan hal tersebut.

5. Membawa Brosur atau Dokumen Informatif

Brosur wisata
Brosur wisata Via Pinterest

Informasi mengenai destinasi bisa kamu dapatkan dari mana saja. Di antaranya adalah internet dan brosur. Jika bingung dengan perjalanan mana yang harus kamu tempuh, kamu bisa menunjukkan brosur yang di dalamnya terdapat keterangan atau gambar destinasi tujuanmu. Dengan begitu orang lokal akan lebih mengerti apa yang kamu maksud.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan saat liburan ke negara lain tapi tidak terlalu menguasai bahasa setempat. Semoga membantu dan membuatmu jadi lebih bersemangat ya. Punya cara lain yang lebih ampuh? Bagikan di kolom komentar!

Tags
Indonesia tips
Share