5 Tempat Kuliner Ikan Bakar di Lombok, Perut Kenyang Liburan Senang

Advertisement

Bicara wisata lombok tidak melulu soal keindahan alamnya. Masih banyak lagi yang harus diexplore termasuk kuliner khas pulau ini. Salah satu yang cukup direkomendasikan buat dicoba adalah kuliner berupa ikan bakarnya. Ada beberapa tempat kuliner ikan bakar di Lombok yang bisa dituju.

Kali ini akan dipaparkan 5 tempat kuliner Lombok berupa ikan bakar, berdasarkan rekomendasi dari Danish El salah satu kontributor Travelingyuk.

1. Pantai Nipah

Ikan bakar di Pantai Nipah, Via Instagram kelas_pajak
Ikan bakar di Pantai Nipah, Via Instagram kelas_pajak

Pantai Nipah yang berada di Dusun Nipah, Desa Malaka, Lombok Utara. Pantainya menawarkan keindahan yang sangat memukau. Lautnya sebening kaca dan ombak yang tidak begitu besar menjadikan destinasi favorit untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Ikan dibakar di Pantai Nipah, Via Instagram misslombok_turah
Ikan dibakar di Pantai Nipah, Via Instagram misslombok_turah

Selain tempat yang strategis pantai Nipah merupakan tempat yang tepat untuk menikmati ikan bakar. Penyajiannya cukup beragam dengan menu yang lumayaan lengkap, berbagai macam pilihan jenis ikan laut bisa Anda dapatkan di sini. Mulai dari ikan Baronang, Kakap, Kerapu, Pogot dan Tongkol. Selain pilihan ikan yang beragam, tempatnya juga bisa dipilih. Mau menikmati di pinggir pantai atau bisa juga di pinggir jalan juga boleh-boleh saja.

2. Pantai Meninting

Tempat lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Meniting. Ikan bakar di sini memiliki rasa yang lezat dan penyajiannya cukup tradisional dengan menu khas ikan bakar dan biasanya di lengkapi dengan menu lain seperti sayur bening, terong bakar dan geupuk. Yang jadi andalannya tempat ini adalah ikan yang masih segar karena langsung dari tangkapan nelayan setempat yang memang kebetulan tempat ini berada di kampung nelayan.

3. Pantai Ampenan

Salah satu menu di sekitaran Pantai Ampenan, Via Instagram kulinerdilombok
Salah satu menu di sekitaran Pantai Ampenan, Via Instagram kulinerdilombok

Menyebut Pantai Ampenan saja pikiran kita sudah menerawang ke zaman dulu kala. Bagaimana tidak, Ampenan termasuk kota tua yang ada pulau Lombok. Ampenan pernah menjadi pusat ekonomi dan bisnis pada zamannya. Termasuk pelabuhan dulu berada di pantai Ampenan, puing-puing sisa pelabuhan tersebut masih bisa ditemui sampai hari ini.

Ampenan tidak melulu identik dengan kota tua tapi juga soal kuliner ikan bakarnya yang sudah kesohor sejak lama. Menikmati ikan bakar sambil menikmati sunset adalah sensasi yang wah bagi para pengunjung. Tempat ini cukup ramai pengunjung bahkan sampai jam 10 malam. Menu di sini cukup lengkap mulai dari ikan berbagai jenis, kepiting, kerang, cumi dan tidak lupa pelecing kangkung khas Lombok. So, pastikan Pantai Ampenan masuk list liburan Anda ke Lombok.

4. Pantai Gading

Pantai Gading merupakan pusat kuliner yang bisa dikatakan relatif baru dari tempat-tempat wisata kuliner lainnya. Pantai Gading mulai booming sekitar 2 tahun terahir. Karna tempatnya yang dekat dengan kota Mataram menjadikan perimadona baru bagi penyuka kuliner berbahan dasar ikan laut.

Konsepnya hampir sama dengan yang ada di Pantai Nipah. Tempat ini juga di lengkapi dengan cemilan lain seperti jagung bakar, kacang rebus dan lain-lain. Di Pantai Gading kita juga bisa menikmati  ikan bakar sembari ditemani indahnya sunset dan deburan ombak. Buat yang tidak sempat masuk ke areal pantai, tenang! Anda juga bisa menikmati ikan bakar di sepanjang jalan Makam Loang Balok.

5. Pantai Cemare

Ilustrasi ikan bakar di Pantai Cemare, Via Instagram food.judges
Ilustrasi ikan bakar di Pantai Cemare, Via Instagram food.judges

Wisata kuliner Lombok yang terahir, adalah Pantai Cemare. Lokasi pantai tidak jauh dengan Pelabuhan Lembar. Bahkan sudah dapat menikmati hilir mudik kapal Very yang nenuju Bali atau Lombok. Selain itu Anda juga bisa berkunjung ke hutan Mangrove yang berjarak sekitar 500 M dari pantai cemare. Biasanya para pengunjung akan mengahabiskan waktu untuk foto-foto atau naik perahu mengelilingi hutan mangrove terlebih dahulu, kemudian setelah itu menuju Pantai Cemare untuk menikmati ikan bakar.

Di tempat ini menu yang ditawarkan cukup lengkap dari ikan dengan berbagai jenis, cumi, kepiting, kerang dan udang. Kami menjamin jelajah kuliner Anda akan berahir indah di tempat ini. Jangan lupa minumnya pakai kelapa muda ya biar tambah mantap.

Dari kelima tempat di atas yang membuat berbeda adalah racikan sambel dan ikannya. Konon rasa ikan-ikan tersebut akan berbeda  sesuai dengan tempat penangkapannya. Sampai ketemu di Lombok.

Advertisement
Tags
ikan bakar lombok Indonesia kuliner lombok Lombok
Share