Serupa tapi Tak Sama, Kuliner Enak ini Mirip Siomay

Dim sum merupakan kuliner khas Tionghoa yang memiliki rasa unik. Makanan ini biasa disajikan dalam steamer yang terbuat dari bambu atau piring kecil. Banyak yang mengira jika jenis dim sum hanya siomay. Ternyata jajanan menggiurkan ini memiliki beberapa jenis. Penasaran dengan kuliner yang ‘serupa tapi tak sama’ dengan siomay ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Dumpling

Dumpling goreng enak
Dumpling goreng enak [image source]
Pernah coba jajanan satu ini? Dumpling termasuk salah satu jenis dim sum yang bisa ditemukan di resto Tionghoa. Kuliner ini terdiri dari daging cincang serta sayur yang dibungkus dengan selembar kulit dari adonan tepung. Selain direbus, ada juga dumpling yang digoreng hingga berwarna kecokelatan. Rasanya tentu saja nendang dan bikin ketagihan.

Dumpling Goreng
Dumpling Goreng [image source]

2. Har Gow atau Hakau

Hakau Dim sum
Hakau Dim sum [image source]
Hobi berburu dim sum? Pasti tak asing lagi dengan har gow atau hakau. Kuliner ini menjadi favorit selain siomay. Hakau memiliki bentuk mungil dengan isi udang. Biasanya juga diisi dengan rebung dengan kulit lebih transparan dan mengkilat. Sementara teksturnya kenyal dengan rasa sedap dari dalamnya.

Hakau
Hakau [image source]

3. Chai Kue

Chai kue dengan saos
Chai kue dengan saos [image source]
Chai kue atau juga dikenal dengan nama choi san merupakan kuliner khas Pontianak. Hampir setiap sudut kota menawarkan menu yang disajikan di atas piring kecil. Seperti dumpling, chai kue memiliki lapisan kulit berwarna putih yang tipis dan lembut. Di dalamnya terdapat banyak isian mulai dari rebung, bengkoang, ebi, daging ayam, hingga udang. Tak lupa ada taburan bawang putih goreng di atasnya untuk chai kue rebus.

Chai kue dengan aneka rasa
Chai kue dengan aneka rasa [image source]

4. Wonton atau Pangsit

Wonton Rebus
Wonton Rebus [image source]
Siapa yang tak kenal dengan pangsit. Bukan mie, melainkan kuliner yang dibungkus dengan lembaran tepung terigu. Isinya berupa daging cincang yang biasa dicampur dengan udang serta sayuran. Dalam adonan tersebut juga ditambahkan jahe, bawang bombay, serta bawang putih cincang. Hampir sama dengan dimsum lainnya, perbedaan makanan ini terletak dari cara menghidangkan. Wonton atau pangsit, umunya disajikan di dalam sup hangat. Namun, ada juga restoran yang menyediakan pangsit goreng.

Wonton Sup
Wonton Sup [image source]
Bagaimana, sudah tahu kan perbedaan kuliner yang serupa tapi tak sama di atas? Semoga kalian tak bingung lagi dengan nama setiap menu di atas.

Tags
dim sum Indonesia kuliner
Share