Pesona Punthuk Gajah Mungkur, Destinasi Baru di Perbukitan Magelang

Bicara mengenai wisata di Magelang dan sekitarnya, tak akan pernah ada habisnya. Banyak destinasi menarik, mulai dari wisata sejarah, kuliner, desa, religi, hingga alam yang bikin penasaran. Terbaru, ada Punthuk Gajah Mungkur yang mencuri perhatian dengan keunikannya. Penasaran seperti apa keindahan dari destinasi ini? Yuk, intip pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Santa Adelaide berikut ini.

Wisata Unik dengan Patung Gajah Raksasa

Pesona Gajah Mungkur diatas Bukit di Magelang
Pesona Gajah Mungkur diatas Bukit di Magelang (c) Santa Adelaide/Travelingyuk

Puntuk Gajah Mungkur merupakan objek wisata di Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Tempat ini unik dan anti mainstream, karena ada patung gajah di atas bukit. Ukuran patung tersebut sangat besar, lengkap dengan gading berwarna emas. Sementara badannya yang berwarna putih. Di sekitar patung ini, ada gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat sekaligus menikmati pemandangan eksotis. Selain itu, ada fasilitas toilet di tempat wisata ini.

Pemandangan Sempurna dari Ketinggian

Terkenal Sebagai Kampung Kopi
Terkenal Sebagai Kampung Kopi (c) Santa Adelaide/Travelingyuk

Wisata ini cocok untuk Teman Traveler yang suka trekking. Pasalnya, perjalanan untuk mencapai puncak tidaklah mudah namun sangat terjal dan juga menanjak dengan ketinggian sekitar 650 mdpl. Namun rasa lelah akan terobati ketika sampai di puncak. Pemandangan alamnya indah, apalagi matahari terbit di pagi hari. Kegagahan Gunung Merapi dan Merbabu terlihat dari atas bukit ini. Termasuk keelokan Candi Borobudur yang menjadi ikon Magelang.

Terkenal Sebagai Kampung Kopi

Spot Selfie di Punthuk Gajah Mungkur
Spot Selfie di Punthuk Gajah Mungkur (c) Santa Adelaide/Travelingyuk

Selain spot selfie berupa patung gajah raksasa, Wisata Punthuk Gajah Mungkur juga mempunyai daya tarik lainnya. Salah satunya populer sebagai sebagai kampung kopi. Pengunjung bisa melihat kebun dan juga menikmati secangkir kopi dengan rasa nikmat. Selain itu, juga bisa melihat proses pembuatan kopi secara tradisional.

Waktu liburan lebaran, aku bersama keluarga berkunjung ke rumah saudara yang di Dusun Kerug Batur. Sekalian pula memutuskan untuk naik ke Punthuk Gajah Mungkur karena penasaran. Jalan menuju lokasi cukup sulit, berliku-liku serta menanjak. Dalam perjalanan ladang dan pepohonan yang asri menjadi pemandangan. Sekitar 15 menit berjalan sampailah di Puncak. Waktu itu sekitar pukul 16:00 matahari sudah berada di sebelah barat.

Itulah cerita seru perjalanan dari Santa Adelaide yang berkunjung ke Punthuk Gajah Mungkur. Bagaimana dengan Teman Traveler, penasaran dengan tempat wisata di Magelang ini kan?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Magelang Travelingyuk wisata magelang
Share