Ini Dia Makanan Aneh di Jepang hingga Ada yang Bergerak, Sanggup Untuk Mencobanya ?

Advertisement

Berbicara tentang Jepang, negara ini banyak bermunculan inovasi yang kreatif. Tak heran, banyak produk-produk dengan bentuk aneh yang bisa dijumpai di sini. Mulai dari baju, karya seni, hingga kuliner. Apalagi kulinernya, di sini terdapat banyak makanan yang lezat sekaligus aneh, salah satunya ada Dancing Squid. Nah, berikut beberapa deretan makanan aneh di Jepang, penasaran seperti apa rasanya ?

Dancing Squid

Dancing Squid
Dancing Squid Via Instagram pris1002

Katsu Ika Odori-don atau dancing squid merupakan rice bowl dengan cumi di atasnya. Hal aneh dari kuliner ini adalah cumi yang ada di atas nasi akan bergerak jika diberi kecap asin atau shoyu. Cumi terlihat menggeliat di dalam mangkuk, bahkan sampai ada yang jatuh. Banyak yang mengira bahwa cumi ditaruh dalam keadaan hidup, namun faktanya tidak begitu. Cumi terlihat bergerak karena adanya reaksi natrium klorida atau garam yang terkandung di dalam shoyu. Walaupun otaknya sudah tidak berfungsi, akan tetapi sel ototnya masih bisa menerima rangsangan.

Daging Kuda Mentah

Basashi Daging Kuda Mentah
Basashi Daging Kuda Mentah Via Instagram/shinkinniichan

Kuliner Jepang identik dengan seafood, akan tetapi orang Jepang juga suka mengkonsumsi Basashi atau daging kuda mentah. Hidangan ini bisa dijumpai di beberapa daerah seperti di Tohoku, Kumamoto, Nagano, dan Oita. Biasanya daging kuda yang mentah ini disajikan bersama potongan bawang bombay, jahe, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memasukkan campuran bahan tadi ke dalam shoyu kemudian diaduk. Basashi ini bertekstur lembur dan mudah dikunyah, serta memiliki rasa yang gurih. Daging kuda mentah kaya akan protein dan bermanfaat bagi tubuh.

Inago No Tsukudani

Belalang Rebus Inago
Larva lebah Hachinoko Via Instagram/timallan.schaeufelin

Dalam bahasa Indonesia, Inago berarti belalang, sedangkan tsukudani adalah kecap manis yang direbus beserta bumbu yang mengandung alkohol. Inago ini merupakan makanan yang disukai masyarakat Jepang.

Makanan aneh di Jepang
Makanan aneh di Jepang (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Tentu saja berbeda dengan yang ada di Indonesia. Belalang di sini sudah direbus bersamaan dengan bumbu khas Jepang. Kuliner ini banyak ditemukan di daeraeh Yamagta dan Gunma.

Shirako

Larva lebah Hachinoko
Sperma Ikan Shirako Via Instagram/fatasslovesfood

Hidangan lain yang berasal dari Jepang adalah Shirako. Merupakan makanan yang terbuat dari bagian tubuh ikan yaitu spermanya. Shirako ini memiliki tekstur yang lembut seperti tahu dan akan meleleh jika dimasukkan ke dalam mulut. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan cod dan anglerfish. Hidangan ini biasanya direbus dengan ponzu, kecap manis, digoreng seperti tempura, atau dipanggang dan diletakkan di atas sushi.

Hachinoko

Larva lebah Hachinoko
Larva lebah Hachinoko Via Instagram/grigen
Hachinoko bisa dikatakan termasuk makanan ringan. Merupakan larva lebah yang digoreng dengan kecap dan gula agar terasa lebih gurih. Biasanya, orang Jepang menyantapnya sambil meminum bir. Walaupun larva terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi, apakah Teman Traveler sanggup untuk mencobanya ?

Itu tadi beberapa makanan aneh di Jepang yang bisa Teman Traveler coba. Dari sekian banyak pilihan, tertarik mencoba yang mana ?

Advertisement
Tags
jepang kuliner Luar negeri makanan aneh
Share