Ngadem Sambil Ngopi di Kaki Gunung Merapi

Melisa

Melisa

On Indonesia
Ngopi di Kopi Kotok Sleman Ngopi di Kopi Kotok Sleman

Semua pasti setuju, berkunjung ke Jogja memang tidak ada bosannya. Selain Malioboro dan Tugu yang menjadi ikon dari kota ini, masih ada berderet wisata lainnya yang bisa dieksplorasi. Untuk mencari nuansa pegunungan, melipir ke daerah Kaliurang sudah paling benar. Apalagi kalau bisa ngopi di pinggir sawah dengan Gunung Merapi sebagai panoramanya. Di sini tempatnya!

Ngopi Tradisional di Pinggir Sawah

Kopi Klotok Sleman Jogja
Kopi Klotok Sleman Jogja [image source]
Selain wisata, Daerah Istimewa Yogyakarta memang dikenal dengan ketradisionalannya. Seperti tempat yang satu ini, yaitu Kopi Klotok yang berlokasi di Pakem, daerah sebelum Kaliurang. Apa itu? Ternyata nama ini diambil dari Bahasa Jawa ‘klotok’ yang berarti rontok dari kopi yang dimasak di panci panas tanpa air. Akan terdengar suara dan aroma sedikit gosong, baru panci akan disiram air dan kopi di dinding panci akan rontok. Wah, unik sekali cara membuatnya.

Kopi Klotok Sleman
Kopi Klothok Sleman [image source]

Konsep Makan dan Kopi Seperti di Rumah Sendiri

Konsep ngopi rumahan
Konsep ngopi rumahan [image source]
Secangkir kopi nikmat, ditemani dengan pisang goreng mantap yang bisa dilihat langsung pembuatannya di dapur tradisional ternyata belum semua dari tempat ini. Panorama yang disuguhkan adalah Gunung Merapi yang sangat gagah. Di sisi lainnya, matamu akan disegarkan dengan persawahan yang hijau. Ada ruangan di dalam atau di luar yang bisa dipilih. Kalau mau mendapat spot paling oke, langsung menghadap gunung ya harus datang lebih awal karena Kopi Klotok tak pernah sepi pengunjung.

Dapur Kopi Klotok
Dapur Kopi Klotok [image source]

Murah Meriah dan Ambil Sepuasnya

Prasmanan di Kopi Klotok Jogja
Prasmanan di Kopi Klotok Jogja [image source]
Tak hanya ngopi, di sini juga disediakan masakan rumahan. Tersedia beberapa lauk rumahan, juga beragam sayur lodeh yang bisa dipilih. Cukup dengan11.500 rupiah saja, kamu bisa makan sepuasnya sampai kenyang. Menu jajanan dan minuman harganya tak ada yang lebih dari 6.500 rupiah. Makan di sini, seperti sedang berkunjung ke rumah nenek di desa. Pisang goreng hangat disiapkan, kopi, dan silakan ambil makan sekenyangnya. Dan ternyata, sudah banyak artis yang mencoba tempat ini, seperti Eross Chandra dan juga Tora Sudiro.

Pisang goreng kopi sleman
Pisang goreng kopi sleman [image source]

Wisata di Dekat Kopi Klothok

Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja [image source]
Mumpung berada di daerah Kaliurang yang berhawa sejuk, rugi rasanya kalau tak menjelajahinya. Kamu bisa menikmati wedang jahe setelah lelah bermain di Blue Lagoon yang berlokasi di Widodomartani. Atau bisa juga berkunjung ke Museum Ullen Sentanu yang punya pesona sendiri dengan bangunannya yang tersusun dari bebatuan. Ini sisi lain Jogja yang wajib dilihat dari dekat selain Malioboro dan sekitarnya, lho.

Museum Ullen Sentanu
Museum Ullen Sentanu [image source]

Kuliner Enak Lainnya di Sekitarnya

Entok Slenget Kang Tanir
Entok Slenget Kang Tanir [image source]
JIka memang menginap di daerah Kaliurang, tak ada salahnya memanfaatkan keesokan hari untuk berburu kuliner legendaris lainnya. Di antaranya adalah Entok Slenget Kang Tanir yang ada di Jalan Pakem. Masakan tongseng di sini tidak menggunakan kambing seperti biasanya, tapi daging entok. Wah, penasaran rasanya, kan? Bisa juga mencicipi Ingkung Ayam Mbah Cepluk yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki tak sampai 10 menit dari Kopi Klotok.

Ingkung Mbah Cepluk
Ingkung Mbah Cepluk [image source]
Kopi Klothok Pakem

Lokasi: Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Wah, wajib dimasukkan dalam daftar liburan selanjutnya, nih. Sekali-kali berkunjung ke Jogja dan mengeskplor pegunungannya terdengar seru juga, kan. Bagaimana, jadi kapan nih?