Pantai Nampu, Pesona Wisata Eksotis di Pinggiran Kabupaten Wonogiri

Keindahan pantai di Jawa Tengah bikin mata terpesona. Termasuk pula di Kabupaten Wonogiri yang merupakan dataran tinggi sedikit tandus dan terkenal dengan susah air saat datang musim kemarau ini. Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Nampu yang unik karena dikeliling perbukitan Karst atau kapur. Semenarik apa destinasi wisata ini? Yuk, simak pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Fakta Menarik Tentang Nampu

Pesona Pantai Nampu
Pesona Pantai Nampu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tanah pantai ini pernah menjadi sengketa pada tahun 1979. Awalnya, lahan pantai ini akan dibeli oleh perusahaan batik. Namun, warga enggan untuk menjualnya. Demi melancarkan keinginan pemilik perusahaan Batik, disebarlah isu bahwa tanah tersebut akan dibeli oleh pemerintah.

Pantai Nampu yang Memanjakan Mata

Gelombang cantik di Pantai Nampu
Gelombang cantik di Pantai Nampu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pantai Nampu boleh saja tertinggal dibandingkan destinasi wisata lainnya. Namun, keindahan alamnya bikin siapapun terpana. Apalagi ketika melihat hamparan pasir putih eksotis. Tempat cantik ini terbagi menjadi tiga bagian dan dipisahkan oleh perbukitan karst. Sayangnya tidak semua, hanya satu tempat saja yang terjangkau untuk dikunjungi. Dua lainnya cukup susah karena tidak ada akses jalan yang mudah untuk sampai di sana.

Pantai Nampu memiliki sebuah gardu pandang yang berada di sisi kiri pantai. Lebih tepatnya berada di pinggir tebing. Jika berkunjung ke sini, naiklah ke atas dan lihat keindahan nyata yang terhampar di depan mata. Gradasi warna laut terlihat memukau dan memanjakan mata. Apalagi ditambah semilir angin sejuk.

Spot untuk Menikmati Matahari Terbenam

Tebing pantai Nampu
Tebing pantai Nampu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Selain keindahan pasir putihnya, pantai ini juga tak kalah cantik saat matahari terbenam. Langit biru yang berubah warna menjadi jingga terlihat spesial. Belum lagi batu karang yang terlihat eksotis terkena silauan sinar matahari. Saat air surut, Teman Traveler dapat melihat jajaran karang kecil yang menawan. Lengkap dengan ikan-ikan kecil yang bersembunyi di sela-selanya. Jika beruntung, ikan besar hingga cumi-cumi bisa terlihat di sini. Meski fasilitasnya terbatas, masih tersedia beberapa warung yang siap melayani wisatawan. Selain untuk mengisi perut, juga bisa dijadikan tempat berteduh usai puas bermain air.

Rute Dan Cara Menuju Lokasi

Bebatuan pantai nampu
Bebatuan pantai nampu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Destinasi wisata di Wonogiri ini berada di jalur yang sama menuju Pacitan. Dari arah Solo, arahkan kendaraan menuju ke Kota Wonogiri. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju arah Pacitan. Ada banyak papan petunjuk di jalan yang cukup berliku dan menanjak ini. Jika tersesat, cukup bertanya kepada warga sekitar. Sepanjang jalan, masih ada perkampungan yang siap memberikan informasi akuran untuk Teman Traveler.

Pantai Nampu salah satu pesona Kabupaten Wonogiri. Keindahan alamnya juga memanjakan mata. Makin penasaran kan? Yuk, atur jadwal ke sini dan buktikan keindahan alamnya yang memesona.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Pantai Wonogiri Travelingyuk Wisata Wonogiri
Share