Masjid Transparan Mirip Penjara Guantanamo, Tempat Ibadah Artistik Karya Seniman Arab Saudi

Advertisement

Ada sebuah masjid bertajuk “Paradise Has Many Gates” atau surga memiliki banyak pintu. Masjid tersebut didesain secara artistik oleh seniman asal Arab Saudi, Ajlan Gharem. Fungsi dan bangunan pokok “Paradise Has Many Gates” seperti masjid-masjid pada umumnya: ada ruang shalat, mihrab, karpet tradisional, dan terdapat azan lima kali sehari. Yang membuatnya spesial adalah dindingnya yang transparan.

Masjid Transparan Karya Ajlan Gharem via Sculpture Magazine

Mirip Penjara Guantanamo

Masjid Transparan Karya Ajlan Gharem via Twitter @ajlangharem

Secara umum masjid transparan ini terbuat dari pleksigas, aluminium, pipa baja, dan lampu elektrik. Sekilas, keunikan masjid yang sarat dengan dinding kawat itu mirip konstruksi penjara Guantanamo milik militer Amerika Serikat.

Penjara Guantanamo Amerika Serikat via Boombastis

Fenomena Isolasi Diri dan Ide

Masjid Transparan Karya Ajlan Gharem via Ajlan Gharem

Dilansir dari Dubai My Salaam melaporkan, sang seniman memang ingin membangkitkan perasaan terkurung bagi siapa saja yang masuk di dalamnya. Ajlan Gharem berharap masyarakat menangkap pesan tentang bagaimana fenomena isolasi diri dan ide terjadi. Dinding yang tembus pandang juga memungkinkan apa yang ada di dalam terlihat dari luar. Kondisi tersebut memfasilitasi orang-orang yang belum pernah tahu masjid dan aktivitas keagamaan di dalamnya untuk mengenal lebih jauh.

Berada di Taman Vanier Vancoucer

Masjid Transparan Karya Ajlan Gharem via Twitter @Murray_Nichol

“Paradise Has Many Gates” sempat kontroversial saat pertama kali hadir di Arab Saudi dan kini sukses di dunia Barat. Pada musim panas ini, karya ini ditempatkan di Taman Vanier Vancoucer selama dua tahun ke depan. Di hadapan pers internasional, Ajlan Gharem berharap karya seninya tidak hanya menjadi tontonan, melainkan juga ruang ide, dialog, dan percakapan baru. Di situs resmi pribadinya, sang seniman mengatakan, masjid merupakan saluran bagi kekuatan simbolis setiap individu.

Masjid Transparan Karya Ajlan Gharem via Twitter @Murray_Nichol

“Paradise Has Many Gates” bukan proyek pertama Ajlan Gharem. Sebelumnya, guru matematika sekolah dasar ini menampilkan “Mount Of Mercy”, koleksi lebih dari 10.000 gambar yang dikumpulkan selama 6 tahun dari para wisatawan yang mengunjungi Gunung Arafat.

Itulah ulasan singkat mengenai tempat ibadah artistik karya Ajlan Gharem, seniman asal Arab Saudi. Buat Teman Traveler yang muslim boleh banget kapan-kapan beribadah di sana jika ada kesempatan. Tetap semangat menjalani hari-harimu, Teman Traveler!

Advertisement
Tags
Share