Masakan Timur Tengah untuk Lebaran, Berasa Idul Fitri di Luar Negeri!

Biasanya masakan apa yang ada di meja makan Teman Traveler ketika hari raya? Opor, rawon, atau sayur lodeh? Cobalah sesekali menjajal kuliner yang belum pernah dicoba. Salah satu makanan yang cukup akrab di telinga kita yakni masakan Timur Tengah untuk lebaran. Ternyata cita rasanya nggak kalah enak kok sama menu Indonesia, lho. Simak daftarnya yuk!

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli via Shutterstock

Penggemar masakan Timur Tengah, pasti Teman Traveler sudah tak asing lagi dengan yang namanya Nasi Kebuli. Hidangan nasi dengan bumbu guurih ini dimasak bersama kaldu daging dan susu kambing, minyak samin, lalu disajikan bersama potongan daging kambing goreng. Santapan ini begitu populer di kalangan masyarakat Betawi dan keturunan Arab yang ada di Indonesia. Bisa banget nih jadi menu lebaran nanti.

Hummus

Santapan lain yang bisa dijadikan menu lebaran selanjutnya yakni Hummus. Hidangan khas Levant ini hadir dalam bentu pure, bubur, dengan saus cocok atau semacam selai gurih yang terbuat dari chickpea (jenis kacang Arab), minyak zaitun, sari perasan limau, garam, dan bawang putih.

Kuliner ini juga populer di Timur Tengah khususnya Turki dan Afrika Utara. Walau bentuknya tampak seperti bubur, makanan ini memiliki tekstur sedikit lebih kasar, kental, juga berminyak. Dan biasanya disantap sebagai hidangan pelengkap.

Falafel

Falafel
Falafel via Shutterstock

Juga berupa kudapan, Falafel ialah makanan yang terbuat dari kacang Arab yang telah digiling untuk kemudian dipadatkan dan dibentuk seperti bola-bola kecil lalu digoreng. Kuliner ini biasa disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa.

Bola-bola gurih ini biasa ditambah berbagai macam sayuran seperti selada, asinan, acar, serta saus pedas agar semakin gurih. Tak hanya cocok sebagai menu lebaran, Falafel juga kerap disantap sebagai menu berbuka puasa ketika Ramadan.

Kofta

Kofta
Kofta yang berbentuk mirip bakso via Shutterstock

Kalau hidangan satu ini bentuknya menyerupai bakso. Karena Kofta masih satu jenis dengan bakso yang terbuat dari daging giling dari domba, ayam, sapi, hingga babi sekalipun. Lalu dicampur dengan saus pedas atau potongan bawang. Kuliner ini biasa disantap sebagai makanan pedas dan dimakan bersama dengan nasi atau berbagai varian roti khas Timur Tengah.

Bagaimana, jadi tertarik mencoba masakan Timur Tengah untuk lebaran nanti? Menurut Teman Traveler hidangan mana yang paling menggugah selera?

Tags
kuliner kuliner lebaran Luar negeri
Share