Perayaan Lebaran di Eropa, Ada yang Bagikan Jajan Gratis

Idul Fitri dirayakan oleh umat Muslim seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di negara-negara Eropa. Di mana kawasan tersebut biasanya orang yang memeluk agama Islam adalah minoritas. Terdapat beberapa ritual perayaan lebaran pada beberapa negara di Eropa. Mulai dari menghadiri bazar lebaran sampai bagi-bagi kue gratis. Seperti apa, sih?

Bulgaria

Perayaan Lebaran di Eropa
Masjid Banya Basji di Bulgaria via Shutterstock

Perayaan lebaran di Eropa satu ini dilakukan di Bulgaria, tepatnya Kota Madan dan Belitsa. Kalau di Madan, para Muslim berkumpul di masjid setempat setelah salat Idul Fitri. Keistimewaan perayaan di sana adalah orang-orang di masjid tersebut bagi-bagi baklava gratis dan makanan manis lainnya.

Sedangkan di Belitsa, orang-orang berkumpul di alun-alun setempat. Mereka makan dessert bareng di meja panjang sekalian ngobrol sambil mendengarkan musik olkestra Bulgaria.

Swedia

Masjid di Malmo, Swedia via Shutterstock
Masjid di Malmo, Swedia via Shutterstock

Muslim di Swedia merayakan Idul Fitri benar-benar dengan penuh suka cita, misalnya saja di Kota Malmö. Setelah mereka salat, kemudian menghabiskan waktu bersama keluarga untuk bertukar hadiah. Lalu selama kurang lebih tiga hari ada festival lebaran. Terdapat banyak atraksi seru, di antaranya konser musik, sirkus, stand-up comedy, dan tentunya bazar makanan.

Rusia

Masjid di Rusia via Shutterstock
Masjid di Kazan, Rusia via Shutterstock

Perayaan lebaran di negara Eropa yang sebagian wilayahnya berada di Asia yaitu Rusia, rupanya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Muslim yang hendak salat Idul Fitri di Moskow namun tinggal jauh dari sana. Biasanya tersedia bus gratis untuk mengangkut mereka.

Setelah salat, mereka akan kembali ke rumah masing-masing untuk merayakan lebaran bareng keluarga. Kalau di Indonesia ada galak gampil, maka di sana mereka saling bertukar hadiah.

Nah tidak lupa, beragam makanan tersaji di meja makan selama perayaan lebaran. Terutama makanan manis, seperti permen, baklava, chak-chak, coklat, dan buah-buahan.

Perayaan lebaran di luar rumah juga cukup meriah, karena biasanya ada semacam festival. Terdapat beragam kegiatan, di antaranya konser musik religi, galang dana, diskon di sejumlah pertokoan, dan kompetisi olahraga.

Prancis

Grand Mosque di Paris via Shutterstock
Grand Mosque di Paris via Shutterstock

Perayaan lebaran selanjutnya berada di negara Eropa yang terkenal dengan Menara Eiffel yaitu Prancis. Salah satu masjid paling populer di sana adalah Grand Mosque di Paris. Sehingga umat Muslim berkumpul di sana untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Setelah itu mereka bersalaman dengan kerabat maupun sesama Muslim lainnya di situ. Mereka biasanya melanjutkan perayaan di rumah masing-masing bersama keluarga tercinta.

Seperti itulah setidaknya gambaran perayaan lebaran di 4 negara Eropa. Kalau di daerah Teman Traveler, seperti apa serunya Idul Fitri?

Tags
Budaya Eropa Lebaran Luar negeri Perayaan Lebaran
Share