Lava Tour Merapi, Belajar dan Mengenang Erupsi Gunung Merapi

Pemandangan Gunung Merapi Saat Lava Tour (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Liburan akan lebih bermanfaat apabila Teman Traveler mengunjungi tempat wisata yang edukatif. Objek wisata yang ramai dikunjungi oleh Teman Traveler yang berasal dari perkotaan adalah wisata bertema alam. Wisata edukatif bertemakan alam salah satunya adalah Lava Tour di Bawah Kaki Gunung Merapi.

Lava Tour atau perjalanan menggunakan mobil jeep dengan rute menyusuri bekas aliran lahar yang keluar saat Gunung Merapi erupsi pada tahun 2010 yang lalu. Selain liburan, Teman Traveler bisa belajar dan mengenang kejadian yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Ada tiga titik Lava Tour Merapi yaitu Museum Mini Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, dan Kali Kuning. Ketiganya adalah tempat yang dilalui Lava Tour Merapi. Banyaknya objek wisata yang dilewati tergantung paket tour yang Teman Traveler pilih.

Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Objek wisata Museum Sisa Hartaku ini merupakan tempat favorit yang sering dikunjungi saat Lava Tour. Teman Traveler bisa melihat sisa erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang dulunya merupakan perkampungan.

Terdapat beberapa barang yang telah dilahap oleh lahar panas seperti televisi, kendaraan, dan perabot rumah lainnya. Selain itu, ada tulang atau rangka hewan ternak dan juga ada beberapa foto pasca terjadinya letusan Gunung Merapi.

Dari museum ini Teman Traveler bisa belajar dan membayangkan kondisi dasyatnya erupsi Gunung Merapi saat itu dengan melihat dampak yang dihasilkan pasca erupsi.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Bunker Kaliadem ini dibangun untuk tempat berlindung masyarakat saat terjadi awan panas di sekitar Gunung Merapi. Posisi bunker itu sendiri ada didalam tanah dan terdapat dua kamar berupa kamar mandi dan kamar tempat persediaan oksigen didalam.

Kali Kuning

Kali Kuningan (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Kali Kuning ini adalah tempat memacu adrenalin, sebetulnya saat berkendara pada setiap objek wisata yang dilewati oleh mobil jeep bisa sesuai permintaan apakah mengendarainya memacu adrenalin dengan kecepatan penuh atau biasa saja. Teman Traveler bisa basah-basahan dari cipratan air Kali Kuning ini.

Saat musim hujan, genang air yang lebih tinggi memungkinkan Teman Traveler untuk seru-seruan. Tapi, pada saat musim hujan atau saat cuaca mendung, Teman Traveler tidak bisa melihat pemandangan merapi secara jelas karena terhalang oleh awan.

Banyak tempat berfoto

Menelusuri Kali Kuning (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Keindahan alam menyediakan tempat-tempat berfoto instagrammable. Saat perjalanan offroad dengan mobil jeep, Teman Traveler bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi. Belum lagi dengan latar belakang objek wisata yang dilalui dengan mobil jeep yang Teman Traveler kendarai.

Banyaknya objek wisata yang dilalui dan durasi perjalanan tentunya tergantung dengan paket perjalanan yang Teman Traveler pilih. Selain itu juga tetap utamakan keselamatan dan keamanan dengan mengikuti arahan pemandu wisata ataupun arahan dirver. Seperti memakai helm dan alat pengaman lainnya harus benar-benar diperhatikan ya, begitu pula arahan lain dari driver dan pemandu wisata. Selamat mencoba dan berlibur ya Teman Traveler.

Tags
Lava Tour Merapi Wisata di Merapi
Share