Mengelilingi Bekas Letusan Gunung Merapi Menggunakan Jeep

img_4006_01_lwq.jpeg
pesan merapi (c) tikkadessy/travelingyuk

Wilayah Indonesia banyak menyimpan potensi-potensi wisata, baik wisata alam maupun buatan. Negara yang indah dan memiliki tanah subur ini tidak lepas dari keberadaan gunung api aktif yang mengelilinginya, dan hingga memiliki sebutan Negara yang berada di wilayah cincin api (ring of fire). Pesona keindahannya mampu menarik minat wisatawan domestic dan wisatawan asing. Salah satunya adalah Jogjakarta yang memiliki gunung api aktif, yaitu Gunung Merapi.

Sejarah Meletusnya Gunung Merapi

img_4008_01_TgD.jpeg
bukti jam meletusnya gunung merapi (c) tikkadessy/travelingyuk

Para peneliti geologi menggunakan Merapi ini sebagai objek tempat penelitian karena menyimpan banyak cerita dan informasi. Mereka banyak mengajukan teori mengenai kehebatan gunung tersebut. Salah satu peneliti seorang ahli ahli geologi dari Belanda yang bernama Reinot Willem membuat asumsi bahwa gunung ini pernah meletus hebat pada tahun 2006. Letusan tersebut diperkirakan sebagai penyebab kemunduran kerajaan Mataram Kuno yang selanjutnya berpindah tempat dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Setelah erupsi pada tahun 2006 dan 2010 telah merubah wajah Kaliadem yang dulunya merupakan daerah perkemahan yang hijau dengan hamparan tanah yang sangat luas, sekarang tertimbun bekas lahar Merapi. Para Wisatawan dapat melihat dari dekat material bekas letusan dan dapat menyaksikan sebuah bunker tempat perlindungan yang merenggut nyawa dua relawan. Gunung yang berketinggian 2.965 mdpl ini mengeluarkan asap sulfat yang tak pernah henti mengepul dari kawahnya.

Lava Tour Merapi

img_4113_01_5Cm.jpeg
berkeliling menggunakan jeep (c) tikkadessy/travelingyuk

Lava Tour Merapi merupakan wisata alam yang berada di Provinsi Yogyakarta, wisata ini merupakan sebuah perjalanan menggunakan mobil Willys yaitu mobil jeep. Dengan mengendarai ini, Teman Traveler akan menyusuri kawasan yang terkena dampak erupsi pada tahun 2010, yang tentunya akan memacu adrenalin, karena akan melawati jalan yang terjal dan curam. Di sepanjang perjalanan, akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan melewati makam masal korban erupsi di Dusun Tangkisan, Tugu ambruk di di Dusun Petung, jalur Kali Opak dan Kali Gendol yang menjadi jalur utama lava panas Gunung Merapi.

Harga dan Fasilitas

img_4015_01_Ip3.jpeg
jeep tour gunung merapi (c) tikkadessy/travelingyuk

Karena banyaknya minat wisatawan domestic dan wistawan asing yang datang untuk melihat jejak-jejak letusan Gunung Merapi, menjadikan banyak jasa agen tour yang menyediakan paket wisata ke sini. Berikut adalah jam Operasional dan harga Paket Merapi lava tour

  • Pukul 08.00 sd 16.00 WIB. Khusus Paket Sunrise Merapi Lava tour dimulai Jam 04.30 WIB.
  • Rute pendek Rp350.000 per jeep.
  • Rute menengah Rp450.000 per jeep,
  • Rute Panjang Rp650.000 per jeep
  • Paket Sunrise Merapi Lava Tour Rp450.000 per jeep.

Paket tersebut mengunjungi destinasi Stone Henge, Lost World castel, Batu Alien dan Main Air kali kuning. Untuk 1 jeep bisa untuk 4 orang dewasa. Harga tersebut dapat berubah sewkatu-waktu sesuai situasi dan kondisi. Jangan lupa untuk selalu cek agen tour dengan teliti ya, agar liburan bisa sesuai dengan harapan.

Bunker Kaliadem

img_4067_01_E7h.jpeg
batu alien yang berada di dekat bunker (c) tikkadessy/travelingyuk

Kaliadem yang dulunya merupakan bumi perkemahan yang dilengkapi dengan fasilitas seperti basecamp pendakian, gardu pandang, warung-warung makan, toilet dan musholla sekarang ini bangunan-bangunan tersebut tertimbun dan hanya terlihat bagian paling atas dari bangunan yang tersisa. Keganasan Merapi lainnya dapat di lihat sebuah bunker tempat persembunyian relawan pada waktu itu. Sebenarnya tempat tersebut dibangun untuk perlindungan bila sewaktu-waktu Merapi menyemburkan awan panas. Akan tetapi letusan pada tahun 2006 yang sangat besar, selain menyemburkan awan panas juga memuntahkan material berupa pasir dan bebatuan panas yang mampu menumbangkan Geger Boyo (bukit yang berada di bagian selatan Merapi), sehingga menimbunn kawasan Kaliadem. Akibatnya material panas tersebut menutup bunker setebal 3 meter dengan panas sekitar 1000°C. Walaupun dibuat dari beton setebal 25 cm dan pintu dari besi, tetapi panas yang sangat besar tetap bisa masuk yang mengakibatkan 2 relawan meninggal. Naasnya kedua orang itu ditemukan tewas berendam dalam bak mandi dan seorang lainnya tewas didepan pintu besi. Kini tempat itu sudah dibersihkan dan dicat putih, di depan pintu bunker terdapat prasasti mengisahkan kejadian mengerikan tersebut.

Museum Sisa Hartaku

img_4011_01_aVf.jpeg
bangkai motor akibat letusan gunung merapi (c) tikkadessy/travelingyuk

Di museum ini Teman Traveler akan mendapatkan gambaran dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Sisa-sisa letusan itu bisa dilihat dari hancurnya bangunan rumah, hewan ternak yang tinggal tulang belulang karena terkena wedus gembel, lahan-lahan pertanian yang rusak, dan masih banyaknya sisa-sisa saksi bisu kejadian itu.

Menariknya sejarah Gunung Merapi ini bisa Teman Traveler nikmati sambil naik jeep jika datang ke tempat ini langsung. Segera jadwalkan liburan dan kunjungi situs bersejarah ini.

Tags
Gunung Merapi kontributor wisata jogja wisata sejarah
Share