4 Bunker ‘Anti Kiamat’ di Dunia, Ada yang Mirip Hotel Berbintang

Seperti yang kita tahu kalau hari kiamat akan menghancurkan semua yang ada di dunia. Baik alamnya hingga semua makhluk hidup yang berada di bumi. Nah, untuk mengatasi terkena dampak dari hari akhir tersebut, ada beberapa negara yang menciptakan bunker. Bahkan, di antaranya ada yang fasilitasnya mirip dengan hotel berbintang. Kira-kira, di mana saja bunker anti kiamat tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Bunker Burlington 

bunker anti kiamat
Tampilan dalam bunker via twitter/Raphaelite_Girl

Inggris ternyata punya bunker rahasia yang sudah dibangun sejak tahun 1956. Namanya adalah Burlington yang sebenarnya digunakan untuk tempat berlindung para pelindung staf pemerintah dari ledakan nuklir. Untuk bisa mengaksesnya, ada jalur kereta api rahasia yang dapat digunakan sewaktu-waktu. 

bunker anti kiamat
Suatu ruangan di dalam bunker via twitter/Raphaelite_Girl

Bunker seluas 15 hektare ini ternyata punya beberapa fasilitas menarik. Seperti kantin, pemukiman, toko roti, perpustakaan, rumah sakit dan ruangan VIP. Dengan semua fasilitas yang ada, orang-orang di dalam bunker bisa bertahan selama tiga bulan tanpa harus muncul ke permukaan tanah. 

2. Vivos xPoint

bunker anti kiamat
Tampilan bunker dari atas via twitter/GratitudeDNA

Di kawasan South Dakota, Amerika Serikat ada sebuah bunker yang dinamakan Vivos xPoint. Dilansir dari laman Business Insider, bunker ini diperkirakan mampu menampung 5000 orang. Untuk total bunkernya ada sekitar 575 yang dibangun. 

bunker anti kiamat
Rancangan di dalam bunker via twitter/GratitudeDNA

Bunker yang terbuat dari beton dan baja super kuat ini mampu menahan ledakan sebesar 226 kg. Tiap unitnya dijual seharga USD 25 ribu atau sekitar Rp340 juta, dengan harga sewa USD 1000 per tahun. Harga ini dianggap pantas oleh para pembeli, karena bunker bisa diubah sesuai keinginan. 

The Oppidum 

Bunker dari atas via twitter/zanimljivdana

Tak mau kalah dengan dua negara di atas, Republik Ceko juga menyediakan bunker bernama The Oppidum. Dibangun pada tahun 1984, The Oppidum berlokasi di pedesaan terpencil dekat Praha, Eropa Tengah.

Tampilan dalam bunker via twitter/MAGistralMag

Menurut beberapa sumber, tempat ini menjadi bunker terlengkap yang pernah ada. Dengan fasilitas melebihi hotel bintang lima yakni ada lapangan helipad untuk jet pribadi, fitur teknologi canggih layaknya film (sidik jari, cctv, pengenal iris mata), serta segala kebutuhan yang tak akan habis selama 10 tahun. 

Survival Condo Project

Tampilan luar bunker via twitter/FixedOpsGenius

Terakhir, ada Survival Condo Project yang terletak di dekat Concordia, Kansas, Amerika Serikat. Sebenarnya, bunker ini dulunya dibangun untuk penyimpanan rudal pasukan Angkatan Darat Amerika di tahun 1960-an. Namun, seiring berjalannya waktu, bunker ini dijadikan sebagai proyek perlindungan manusia dari kehancuran bumi. 

Salah satu ruangan di dalam bunker via twitter/NewsYOU_Info

Bunker ini terbilang cukup hebat, karena strukturnya kuat yang membuat tempat ini tidak bisa dirobohkan oleh angin topan. Kemudian bunker ini terletak di kedalam 50 meter sehingga tidak bisa ditembus oleh bencana alam. Lalu, desainnya mirip hotel berbintang yang bisa dipastikan membuat nyaman semua orang yang ada di dalamnya. 

Sungguh menarik memang bunker ‘anti kiamat’ yang sudah diciptakan oleh beberapa negara ini. Masing-masing mempunyai kelebihan yang sanggup membuat kita berkata ‘waw’. Namun untuk bisa atau tidaknya melindungi manusia dari kehancuran bumi, Teman Traveler bisa menilainya sendiri. Jadi, apa kalian tertarik untuk membeli salah satunya? 

Tags
bunker anti kiamat Concordia Inggris Luar negeri Republik Ceko South Dakota Wisata
Share