Kuliner Heritage, Nostalgia Sambil Santap Jenang Enak di Jogja

Banyak cemilan kekinian yang bisa kamu temukan di mall-mall atau gerai yang tersebar di kota-kota Indonesia. Namun, jangan sampai lupa dengan jajanan tradisional yang rasanya otentik banget dengan Jawa, enaknya nggak habis dimakan usia, yaitu Jenang. Ini dia 5 jenang terenak yang wajib kamu cari saat traveling ke Jogja. Di mana saja, ya?

Jenang Pasar, Langganan Pak Harto

Jenang Bu Gesti, Pasar Lempuyangan
Jenang Bu Gesti, Pasar Lempuyangan [image source]
Selain keliling Malioboro sambil jalan kaki, kamu juga wajib meluangkan waktu di pagi hari untuk menjelajah pasar-pasar tradisional. Sarapan jenang legendaris di Pasar Lempuyangan bisa jadi kenangan tersendiri. Sajian khas masyarakat jawa ini milik Bu Gesti, kabarnya dulu adalah langganan Pak Harto. Sudah tahu kan kalau jenang sumsum dipercaya bisa mendatangkan kesehatan? Nah, jadi makin ingin coba, deh. Jangan kesiangan, ya! Lapaknya sudah buka mulai jam 6 pagi, tak perlu waktu lama untuk dagangannya habis karena laris manis.

Jenang Bu Gesti
Jenang Bu Gesti [image source]
Jenang Bu Gesti

Lokasi: Pasar Lempuyangan (dari pintu utama belok kiri, mentok, belok kanan)

Banyak Pilihan di Jenang 8 Rasa

Jenang 8 Rasa, Pasar Kranggan
Jenang 8 Rasa, Pasar Kranggan [image source]
Kalau kamu menginap di hotel daerah Tugu Jogja, pastikan menikmati suasana pagi hari sambil berkunjung ke Pasar Kranggan. Kamu akan menemukan Jenang 8 Rasa yang fenomenal. Macamnya beragam, seperti jenang ketan, mutiara, sumsum, kacang ijo, ubi, garut, dan grendul. Kamu bebas memilih campurannya. Seporsi hanya dibandrol dengan harga kisaran 4 ribu rupiah. Wah, rugi banget kalau sampai tak mencicipinya.

Jenang 8 Rasa
Jenang 8 Rasa [image source]
Jenang 8 Rasa

Lokasi: Pasar Kranggan Jogja

Sarapan Ringan dengan Jenang Gempol

Jenang Gempol, Pasar Pathuk
Jenang Gempol, Pasar Pathuk [image source]
Nah, bagi kamu yang menginap di hotel dekat Malioboro, pastikan untuk jalan-jalan ke Pasar Pathuk. Lokasinya berada di daerah Ngampilan, bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit saja dari pusat wisata Jogja, yaitu Malioboro. Sepadan kok dengan kuliner enak yang bisa kamu dapatkan di sini, yaitu Jenang Gempol, khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan malu untuk nambah porsi kedua, ya.

Jenang Gempol
Jenang Gempol [image source]
Jenang Gempol

Lokasi: Pasar Pathuk

Kenyang dan Murah, Sarapan Jenang dan Bubur

Jenang dan Bubur Sumsum
Jenang dan Bubur Sumsum [image source]
Makanan-makanan tradisional seperti ini sudah cukup susah dicari. Bahkan tak semua pasar menjual. Untungnya, di Pasar Pathuk kamu juga bisa mencoba jenang dan bubur sumsum yang tak kalah enak dari gempol. Bisa juga kam cicipi keduanya. Datanglah dengan perut kosong, ya. Selain itu, di lokasi yang sama kamu juga akan menemukan jajanan menggoda lainnya seperti wedang tahu, ketan, dan lupis. Wah, kenyang banget, deh.

Jenang dan Bubur Sumsum, Pasar Pathuk
Jenang dan Bubur Sumsum, Pasar Pathuk [image source]
Jenang dan Bubur Sumsum

Lokasi: Pasar Pathuk, Ngampilan

Jenang Gempol, Enaknya Nampol

Jenang Gempol, Pasar Sentul
Jenang Gempol, Pasar Sentul [image source]
Jalan-jalan di daerah Pakualam juga tak kalah menyenangkan dibanding menghabiskan hari di Alun-alun Kidul. Ada Pura Paku Alaman yang berdesain antik dan masih cantik hingga kini. Selain itu, di Pasar Sentul juga menawarkan kuliner Jogja yang susah untuk ditolak, yaitu Jenang Gempol. Makanan yang satu ini sudah ada sejak jaman walisongo. Yakin tak mau mencobanya?

Ilustrasi Jenang Gempol Pasar Sentul
Ilustrasi Jenang Gempol Pasar Sentul [image source]
Jenang Gempol

Lokasi: Pasar Sentul

Nah, itu tadi lokasi-lokasi di mana kamu bisa berburu jenang enak di Jogja. Meski banyak jajanan kekinian, yang satu ini tetap jadi kesayangan dan dicari-cari. Bagaimana,  apa nih yang paling bikin ngiler?

Tags
DIY Indonesia jenang enak Jogja kuliner
Share