Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Nginep di Hotel Dekat Malioboro

Saat berkunjung ke Jogjakarta, di daerah mana biasanya Anda menginap? Meski banyak hotel di Jogja yang tersebar sampai ke penjuru kota, Malioboro adalah pilihan terbaik. Mengapa harus menginap di sekitar sana? Yuk, simak alasannya berikut ini!

1. Banyak Bangunan Bersejarah

Wisata Jogja [image source]
Banyaknya bangunan bersejarah yang sangat indah dan bisa dikunjungi kapan pun merupakan alasan pertama mengapa kamu harus bermalam di daerah Malioboro. Menurut sejarah, daerah Malioboro didirikan oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian di kota Jogjakarta pada abad ke-19. Untuk menyaingi kekuasaan keraton, pemerintah Hindia Belanda membangun banyak bangunan yang masih berdiri dan terkenal hingga kini, seperti Benteng Vredeburg, dan Istana Keresidenan Kolonial.

Wisata Jogja [image source]
Referensi hotel murah di kawasan Malioboro : Losmen Setia Kawan

Jl. Sosrowijayan Wetan Gt 1/58A, Telepon: (0274) 512 452

Dengan interior kamar bernuansa tradisional, Anda akan merasa nyaman menginap di losmen ini. Meski harganya sangat terjangkau dimulai dari Rp150.000,00 per malam, Anda tetap bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti minuman gratis dan juga area hotspot.

2. Lokasi Belanja Strategis

Wisata Belanja di Jogja [image source]
Penggemar belanja punya alasan kuat untuk menginap di daerah Malioboro. Ya, sebab Malioboro merupakan kawasan perbelanjaan terbesar di Jogjakarta sejak zaman dahulu. Kamu bisa menikmati aktivitas belanja dengan membeli aneka barang lokal Jogjakarta seperti kerajinan tangan, batik, hingga aneka souvenir. Selain itu, di lokasi ini ada pula pusat-pusat perbelanjaan modern yang menyuguhkan berbagai produk masa kini. Saat belanja di Malioboro, jangan ragu untuk menawar hingga separuh harga, ya! Tak jauh dari Malioboro juga ada pasar tradisional Ngasem dan Beringharjo.

Wisata Belanja di Jogja [image source]
Referensi hotel murah di kawasan Malioboro : Hotel Laras Hati

Jl. Sosrokusuman DN 1/182, Telepon: (0274) 514 513

Hotel mungil yang terletak di pusat Malioboro ini akan memberikan kenyamanan maksimal selama Anda menginap di Jogjakarta. Fasilitas pendukung seperti AC, televisi, dan juga WiFi bisa didapatkan secara cuma-cuma. Hotel ini juga dekat dengan berbagai toko oleh-oleh khas Jogjakarta.

3. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Wisata Jogja [image source]
Menginap di kawasan Malioboro saat liburan juga memberikan keuntungan karena daerah ini dekat dengan berbagai objek wisata Jogja. Tak jauh dari Malioboro, Anda bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta, Alun-alun Utara, Masjid Agung, Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo dan Kampung Kauman. Ada pula objek-objek wisata arsitektur di sekitar Malioboro seperti bangunan Gedung Siciatet, gedung Bank Indonesia, Hotel Inna Garuda dan Bank BNI’46.

Wisata Jogja [image source]
Referensi hotel murah di kawasan Malioboro: Hotel Puri

Jl. Sosrokusuman 22, Telepon: (0274) 514 107

Hotel ini terletak persis di belakang Malioboro Mall dan berdekatan dengan berbagai objek wisata seperti Kraton, Taman Sari, serta alun-alun. Dengan interior khas Bali, Anda dijamin akan merasa nyaman saat bermalam di hotel ini. Pastikan melakukan pemesanan terlebih dahulu karena hotel ini selalu penuh saat musim liburan.

4. Banyak Hiburan di Malam Hari

Wisata Jogja [image source]
Saat liburan, tak boleh ada sedetikpun yang disia-siakan. Bahkan pada malam hari, Anda juga harus menyusuri kota tujuan untuk menyaksikan hal-hal yang tak didapat di hari-hari biasa. Nah, saat bermalam di Malioboro, ada banyak aktivitas di malam hari yang bisa dilakukan misalnya saja berkeliling dengan andong, menaiki sepeda menyala, atau mendengarkan nyanyian para pengamen jalanan di sepanjang jalan Malioboro.

Wisata Jogja [image source]
Referensi hotel murah di kawasan Malioboro: Indonesia Hotel

Jl. Sosrowijayan 9, Telepon: (0274) 587 659

Indonesia hotel selalu menjadi tujuan para backpacker yang mampir ke kota Jogjakarta karena harganya yang terjangkau dengan fasilitas lengkap seperti televisi, AC, dan kamar mandi dalam. Memiliki area parkir luas yang mempermudah Anda memarkir kendaraan, hotel ini juga menyediakan jasa penyewaan motor untuk berkeliling kota Jogja.

5. Banyak Pilihan Makanan

Kuliner Malioboro [image source]
Anda tak perlu takut kelaparan saat menginap di daerah Malioboro. Ada begitu banyak pilihan makanan mulai dari yang di pinggir jalan berupa angkringan dan warung lesehan dengan menu-menu khas Jogja, hingga restoran yang menyuguhkan menu internasional. Semuanya tinggal dipilih sesuai dengan budget dan selera Anda.

Kuliner Malioboro [image source]
Referensi hotel murah di kawasan Malioboro: Merbabu Hotel

Jl. Sosrowijayan GT I/32, Telepon: (0274) 551 421

Merbabu Hotel yang terletak di Jalan Sosorowijayan ini memiliki 20 kamar dengan fasilitas televisi, AC, kamar mandi dalam, serta WiFi. Anda juga bisa mengunjungi lokasi wisata di Jogja hanya dengan berjalan kaki atau naik becak dan andong.

Untuk mencapai Malioboro, Anda bisa naik bus kota jalur 4 atau bus TransJogja trayek 3A dan 3B dari terminal Giwangan. Taksi juga ada di kota Jogja sehingga Anda tak perlu kesulitan mencari alat transportasi umum. Kalau ingin lebih menikmati suasana asri kota Jogja, cobalah menaiki andong atau becak.

Tags
hotel Indonesia Jawa Tengah Malioboro Yogyakarta
Share