Wisata Dekat Malioboro, Bisa Jalan Kaki

Tempat Wisata Jogja memang punya sejuta pesona. Kota sarat budaya dan juga sejarah ini punya segudang alasan untuk dikunjungi lagi dan lagi. Selain kulinernya yang merakyat tapi nikmat, Yogyakarta juga dikenal dengan banyaknya wisata murah meriah. Salah satunya adalah Malioboro, kawasan wisata kota pelajar ini yang selalu dipenuhi turis. Dari Malioboro ini ada juga beberapa wisata yang rugi kalau hanya dilewati. Kamu bahkan hanya perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi-lokasi wisata berikut ini. Apa saja?

1. Nol Kilometer hanya berjarak 100m dari Malioboro. Di titik ini, keindahan bangunan tua, seperti Kantor Pos dan Bank BNI bisa dinikmati langsung.

Nol Kilometer, Yogyakarta
Nol Kilometer, Yogyakarta (image source)

2. Hanya berjarak 400 m dari Malioboro ada Keraton Ngayogyakarta. Kamu akan dibuat terpana dengan istana Sultan yang masih sangat terjaga hingga kini.

Keraton Ngayogyakarta
Keraton Ngayogyakarta (image source)

3. Tak jauh dari Keraton ada Taman Sari yang berdesain cantik dan antik. Dulunya ini merupakan tempat peristirahatan Sultan dan keluarga.

Taman Sari
Taman Sari (image source)

4. Di perempatan selatan Malioboro, kamu akan menemukan Museum Benteng Vredeberg yang dulunya digunakan Belanda sebagai pusat pertahanan militer.

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg (image source)

5. Dari batik hingga pernak-pernik khas Yogyakarta bisa kamu dapatkan di Pasar Beringharjo. Jangan takut untuk menawar, ya.

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo (image source)

6. Di sebelah Verdeburg ada Taman Pintar yang siap mengajak si kecil untuk belajar sambil bermain. Tempat ini juga seru dikunjungi orang dewasa, lho.

Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta (image source)

7. Ada juga Puro Pakualaman, istana kecil yang dulunya merupakan kediaman resmi dari Pangeran dan keluarga. Kini istana ini dijadikan museum dan memamerkan barang-barang peninggalannya.

Bangunan di dalam Puro Pakulaman
Bangunan di dalam Puro Pakualaman (image source)

8. Untuk cari oleh-oleh, berkunjung ke Mirota Batik bisa jadi pilihan. Dari batik hingga aksesoris ala Jogja ada dan nggak perlu susah menawar.

Toko Oleh-oleh Mirota
Toko Oleh-oleh Mirota (image source)

Nah, itu tadi berbagai lokasi objek wisata Jogja  dekat Malioboro yang ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Dengan jalan kaki, kamu tidak akan melewatkan sedikit pun pesona dari Kota Gudeg ini. Bagaimana, setuju kan?

Tags
wisata sekitar malioboro Yogyakarta
Share