Biar Seninmu Gak Jadi Malapetaka, Lakukan 5 Hal ini Saat Weekend

Siapa di antara Teman Traveler yang kalau masuk kantor/kuliah hari Senin bawaannya malas-malasan? Tidak fokus dengan pekerjaan, ngantuk saat diterangkan dosen, bahkan sampai ketiduran? Wah, itu tandanya kalian salah strategi dalam memanfaatkan liburan akhir pekan. Supaya hari Senin kalian tetap produktif dan segar, coba lakukan 5 hal ini saat weekend!

1. Perkuat Fisik dengan Berolahraga

Image may contain: 4 people, shoes and outdoor
Olahraga berkualitas kunci stamina prima via Instagram/caiden_indonesia

Hal paling utama yang harus Teman Traveler lakukan adalah berolahraga. Jangan salah! Selain menyehatkan tubuh, olahraga teratur mampu memperbaiki mood, loh! Dengan kondisi hati yang baik, kalian pasti mampu menghadapi pressure di pekerjaan/kuliah dengan lebih prima dan mantap.

Olahraga yang bisa dilakukan ada bermacam-macam, mulai dari yoga, lari, street workout, hingga jogging. Ada beberapa tempat di Jakarta yang bisa dipakai untuk berolahraga, khususnya di kawasan yang memiliki jogging track.

Tentu saja, olahraganya jangan di saat weekend saja, ya! Belajar atur waktu agar bisa berolahraga di weekdays juga.

2. Perbanyak Asupan Makanan Bergizi

Image may contain: food
Perbanyak makanan bergizi via Instagram/ottsandjill

Ternyata, asupan makanan bergizi juga penting untuk memelihara kesehatan serta menguatkan ketahanan mental. Contohlah saja pisang, kacang, ataupun ikan. Kandungan magnesium dan omega-3 nya ternyata sangat berguna untuk menambah stamina ditambah mengurangi hormon stres dalam tubuh.

Selain itu, sayuran-sayuran yang mengandung vitamin B kompleks juga harus kalian konsumsi. Kandungan yang satu ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta membuat Teman Traveler lebih energik. Kalian bisa mengonsumsinya di beberapa restoran vegan di Jakarta.

3. Tentukan Itinerari Sebijak Mungkin Agar Punya Waktu Beristirahat di Rumah/Kos

Image may contain: one or more people, people sitting and table
Rencanakan liburanmu dengan bijak via Instagram/joshua8896

Bikin itinerari traveling memang wajib hukumnya, karena itu sangat membantu kalian mendapatkan pengalaman berlibur yang berkualitas dan terencana. Tapi jangan lupa kalau kalian tetap harus kembali beraktivitas seperti semula di hari Senin!

Tentu setelah pulang liburan, kalian butuh waktu istirahat yang cukup lama di rumah/kos, bukan? Usahakan untuk membuat itinerari yang tidak terlalu mepet dengan hari Minggu sore/malam, sehingga waktu rehat kalian bisa cukup panjang.

4. Rencanakan To-Do-List buat hari Senin di Tempat Nongkrong Favorit

Image may contain: one or more people, people sitting, table, indoor and food
Rencanakan to-do-list di coworking hits via Instagram/henjiwong

Sudah menyiapkan apa yang perlu dikerjakan ataupun dipelajari buat hari Senin? Ini penting, loh, karena pada hari Senin, biasanya pekerjaan akan sangat padat dan menumpuk. Bagi para mahasiswa, hari Senin adalah momen menakutkan di mana dosen-dosen akan memberi tugas berat dan banyak. Kebayang hectic banget, kan?

Maka dari itu, siapkan diri Teman Traveler untuk mempelajari dan merencanakan skala prioritas dan to-do-list buat esok hari. Nah, biar otak tetap encer dalam bikin planning, coba kerjakan di coworking space yang kece dan inspiratif.

5. Sesekali, Refreshing di Perpustakaan itu Perlu, Loh!

Image may contain: people sitting and indoor
Mencari inspirasi di perpustakaan via Instagram/xiaoyuebiie

Pernah kan mendengar ungkapan, “Perpustakaan adalah gudang ilmu”? Nah, sampai sekarang kalimat itu masih relevan, loh! Di tengah gencarnya informasi elektronik, gadget, e-book, dan sejenisnya, membaca buku masih merupakan metode paling efektif dalam mendapatkan informasi dan wawasan baru.

Fokus dan konsentrasi kalian hanyalah pada buku yang dibaca, tanpa gangguan notifikasi atau pesan masuk layaknya membaca e-book atau informasi daring. Ada beberapa perpustakaan menarik dan inspiratif yang bisa Teman Traveler temukan di Jakarta.

Itulah tadi 5 hal yang harus dilakukan biar weekend makin produktif dan berdampak positif bagi hari Senin kalian. Selamat ber-weekend ria!

Tags
Indonesia Jakarta saat weekend tips dan inspirasi weekend
Share