Lenggang Jakarta, Pusat Jajanan Seru dekat Monas

Keroncongan saat asyik menjelajah kawasan Monas? Teman Traveler bisa langsung mampir ke Lenggang Jakarta. Pusat jajanan satu ini juga tawarkan beragam suvenir menarik khas Betawi. Yuk, simak ulasan lengkap soal food court yang sudah berusia empat tahun ini.

Berada di Samping Lapangan IRTI

img_20190806_174206_daM.jpg
Lapangan IRTI (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Diresmikan pada 22 Mei 2015 silam oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, keberadaan Lenggang Jakarta merupakan jawaban atas tidak tertibnya pada pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Tugu Monas. Keberadaan Lenggang Jakarta membuat para PKL jadi punya tempat khusus untuk berjualan. Mereka bahkan sempat mendapat pelatihan sebelum mulai berdagang di sana.

img_20190806_174325_p0a.jpg
Lapangan IRTI digunakan latihan Paskibraka (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain dekat dengan Tugu Monas, pusat jajanan ini juga berada tak jauh dari lapangan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI). Lapangan ini sering difungsikan sebagai area parkir kendaraan pengunjung Monas yang masuk dari Jl. Medan Merdeka Selatan, berseberangan dengan gedung Perpustakaan Nasional.

Food & Culture Park

img_20190806_171101_hU4.jpg
Nasi goreng jadi menu favorit sejuta umat (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebagai area food court, Lenggang Jakarta menampung sekitar 100-an penjaja kuliner. Menu andalan seperti nasi goreng, bakso, soto, dan mie ayam, bisa dengan mudah Teman Traveler jumpai. Tak hanya itu, ada juga beberapa sajian khas Nusantara seperti soto mie dari Bogor, rujak cingur dari Jawa Timur, mie kocok dari Bandung, dan mie cakalang dari Manado.

img_20190806_170045_NTR.jpg
Sudut pedagang suvenir (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain makanan, Lenggang Jakarta juga mengusung konsep culture park. Maka jangan heran jika di beberapa sudut Teman Traveler akan melihat beberapa ondel-ondel khas Jakarta. Sementara itu, di sudut lain kalian juga akan melihat beberapa pedagang yang menawarkan aneka suvenir, kaos, gantungan kunci, magnet kulkas, dan masih banyak lagi. Boleh dibeli sebagai kenang-kenangan sudah pernah menginjakkan kaki di Kota Metropolitan.

Playground untuk Anak

img_20190806_174009_m3x.jpg
Area playground (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Masih ada lagi fasilitas penunjang yang tersedia di Lenggang Jakarta, yaitu area bermain atau playground untuk anak. Letaknya ada di sisi selatan. Keberadaannya seringkali diutamakan sebagai solusi mengusir kebosanan anak-anak. Keren bukan?

Tidak Lagi Cashless

img_20190806_170216_xzV.jpg
Bisa bayar dengan uang tunai (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kabarnya saat baru pertama diresmikan, sistem pembayaran di Lenggang Jakarta hanya menggunakan kartu elektronik. Jika tidak memiliki kartu tersebut, pembeli bisa-bisa dikenakan harga lebih mahal dari biasanya.

img_20190806_173948_KII.jpg
Beli di mesin ini wajib pakai kartu elektronik (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Namun, saat saya berkunjung pada awal Agustus 2019, pengunjung masih bisa kok membayar dengan transaksi tunai. Harganya juga tetap sama dengan yang ada di daftar menu. Justru saya sama sekali tidak menjumpai pembeli memanfaatkan sistem cashless, kecuali mereka yang membeli minuman di vending machine.

Tempat Asyik Berakhir Pekan

img_20190806_174621_1_6Y7.jpg
Gerbang masuk menuju Lenggang Jakarta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berada di lokasi strategis, menawarkan aneka kuliner, serta sejumlah fasilitas pendukung, tak heran jika Lenggang Jakarta kerap jadi tujuan warga ibu kota dan wisatawan untuk melepas penat. Bahkan saat weekday, food court kerap tampak ramai lho. Kalian bisa nongkrong sepuasnya sembari kulineran seru di sini.

Nah, itulah tadi sedikit ulasan mengenai Langgeng Jakarta, sebuah food and culture park keren di Ibu Kota. Jika Teman Traveler berencana liburan di Jakarta, wajib mampir ke lokasi ini. Jangan sampai terlewat!

Tags
Jakarta kontributor kuliner jakarta Travelingyuk
Share