Bakal Jadi Andalan Indonesia, Inilah Rekomendasi 5 Restoran Vegan di Jakarta

Selain kekayaan alam dan budaya, Indonesia juga memiliki tradisi kuliner yang luar biasa. Hal tersebut yang membuat kuliner vegan diprediksi bakal menjadi salah satu daya tarik wisata Nusantara di masa mendatang. Hal itu diungkapkan oleh perwakilan Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana Brahmananda, belum lama ini. Menurutnya, para wisatawan akan merasa semakin nyaman berkunjung jika sebuah negara menawarkan banyak alternatif tempat makan dan menu untuk vegetarian.

Masyarakat vegetarian di Indonesia juga tergolong lumayan tinggi, yaitu mencapai dua juta orang. Selain itu, tercatat ada sekitar seribu rumah makan di Tanah Air yang mengusung menu makanan vegetarian. Nah, bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan tertarik untuk menjajal pesona andalan wisata Indonesia di masa mendatang, berikut TravelingYuk berikan rekomendasi lima restoran vegan yang bisa dicoba di ibu kota.

1. Loving Hut

Steak Vegan di Loving Hut, Kemang via Instagram nonaseptiana

Loving Hut merupakan salah satu jaringan restoran vegan terbesar dunia dengan lebih dari 200 outlet tersebar di Indonesia, termasuk di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Medan, Tangerang, Puncak, dan Kediri. Restoran satu ini dikenal dengan konsistensinya dalam menjaga kualitas serta mutu layanan, bahan, dan juga rasa masakan. Bisa dibilang Loving Hut adalah restoran vegan yang paling mudah ditemukan di Jakarta. Total mereka punya tiga cabang di ibu kota; di ANZ Square Building, Lotte Shopping Avenue, dan Jl Tanjung Duren Utara.

2. Dharma Kitchen

Sama seperti Loving Hut, Dharma Kitchen juga memiliki banyak cabang. Ada begitu banyak varian menu yang bisa dipilih, mulai dari masakan Asia, barat, dan Tiongkok. Semuanya disajikan khusus untuk memuaskan lidah para vegetarian dan ditawarkan dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong.

Terdapat beragam menu vegan di Dharma Kitchen via Instagram eloviee.id

Dharma Kitchen juga menerima pesanan kue dan tart khusus untuk vegetarian. Bagi Anda yang berdomisili di sekitar ibu kota, Dharma Kitchen punya dua cabang yang bisa disambangi. Cabang pertama terletak di Pluit Bakery Building, sementara tempat kedua mereka ada di lantai pertama Central Park Mall.

3. Burgeens Organic Eatery

Burgreens sediakan menu granola via Instagram Burgreens

Burgeens Organic Eatery mengusung tagline yang cukup menarik ‘I taste so naughty but am actually healthy‘. Tidak hanya sekedar menawarkan menu vegetarian, tempat ini juga pas bagi mereka yang ingin coba mencicipi hidangan raw food seperti Tofu Burgreens, Raw Kale Pizza, dan Raw Pad Thai. Pendiri dan chef utama di tempat ini, Max Mandias, memiliki sertifikat khusus untuk menyajikan masakan yang dipercaya membawa manfaat positif bagi tubuh. Filosofi masaknya diilhami oleh diet alkali, raw food, dan juga prinsip Ayurveda.

4. Waytuki Vegetarian

Sajian nasi briyani khas India di Waytuki Vegetarian via Instagram Irawanjohan

Waytuki Vegetarian pas bagi Anda yang mencari hidangan tanpa sentuhan MSG. Restoran yang terletak di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat ini sejatinya menawarkan hidangan khas India sebagai menu andalanannya. Namun mereka juga menerima permintaan khusus untuk tamu vegetarian.

Beberapa menu yang bisa Anda pilih antara lain nasi briyani, samos, sup jamur, hingga roti cane. Harganya pun lumayan terjangkau, berada di kisaran Rp15.000 hingga Rp50.000. Semua makanan yang aslinya berbahan daging disajikan dengan daging sintetis yang tentunya pas untuk para vegetarian.

5. Vegan Gold

Hidangan siomay vegan bisa didapatkan di Vegan Gold, via Instagram nataniaalicia

Berada di Ruko Malibu, Bumi Serpong Damai, Tangerang, Vegan Gold sebenarnya kurang tepat jika disebut sebagai restoran. Namun demikian, tempat ini memiliki sejumlah pilihan makanan beku untuk para vegetarian, seperti ham vegetarian, bakso, fillet ikan, dan masih banyak lagi.

Bagi yang tidak ingin repot-repot datang langsung ke lokasi, Vegan Gold juga punya laman pemesanan khusus. Di laman tersebut tersedia informasi lengkap soal katalog dan harga menu. Tinggal isi form yang dibutuhkan, makanan pesanan bakal diantar langsung ke alamat pemesan.

Itulah beberapa rekomendasi restoran vegan yang bisa dicoba di Jakarta. Kuliner vegan bakal jadi salah satu andalan wisata di masa mendatang, jadi tidak ada salahnya kamu mencoba petualangan rasa dengan sensasi yang sedikit berbeda.

Tags
DKI Jakarta Indonesia kuliner vegan restoran vegan di jakarta warung vegan warung vegan di jakarta
Share