Kebun Bibit Wonorejo, Wisata Edukatif Keren di Surabaya

Habiskan pekan tak melulu harus keluarkan banyak biaya lho Teman Traveler. Cukup banyak tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi. Jika sedang liburan di Surabaya, kalian bisa mampir ke Kebun Bibit Wonorejo yang tawarkan beragam wahana edukatif. Yuk, intip seperti apa serunya lewatkan pekan di sini.

Pembibitan Flora dan Penangkaran Fauna

img_20190728_103335_tRy.jpg
Area pembibitan tanaman dan pohon (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Sesuai namanya, Kebun Bibit Wonorejo merupakan area pembibitan aneka jenis flora, baik tanaman maupun pohon. Beberapa jenis yang dikembangkan antara lain trembesi, melati hijau, melati merah, bunga Ruellia dan tanaman lain. Bibit yang dihasilkan di sini semuanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan taman di Surabaya.

img_20190728_104737_DGa.jpg
Tempat penangkaran rusa (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain pembibitan flora, Kebun Bibit Wonorejo juga miliki tempat penangkaran rusa, angsa, burung dan hewan lainnya. Semua dirawat dengan baik di lingkungan yang sangat terjaga. Sebagian besar boleh diberi makan langsung oleh pengunjung, asalkan sesuai ketentuan yang ditetapkan.

Pembuatan Kompos dan Pembibitan Belatung

img_20190728_104454_Xbq.jpg
Tempat pembuatan kompos (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kebun bibit ini juga memiliki tempat pembuatan kompos lho Teman Traveler. Kalian bisa belajar banyak tentang semua prosesnya dengan bertanya langsung pada petugas. Selain itu ada juga tempat pembibitan belatung yang digunakan sebagai pakan burung. Wah, cukup lengkap ya.

Danau Sejuk dan Arena Bermain Anak

img_20190728_102953_EoY.jpg
Danau di area kebun bibit (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kebun Bibit Wonorejo memiliki danau yang tak terlalu luas, namun sangat indah. Lingkungannya terlihat sangat asri dengan sederet pepohonan di tepian. Terdapat pula sejumlah dermaga yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk duduk sambil nikmati pemandangan sekitar. Kehadiran dua air mancur kecil membuat panorama sekitar makin cantik. Banyak juga yang kerap menjadikannya sebagai spot foto.

img_20190728_102517_b1o.jpg
Wahana bermain anak (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kebun ini juga miliki arena permainan khusus anak, mulai dari ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi. Namun para orang tua hendaknya jangan sampai lepas pengawasan ya, agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan.

Fasilitas Air Minum

img_20190728_102154_4eb.jpg
Fasilitas air siap minum (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Fasilitas lain yang cukup menarik perhatian saya adalah kran air siap minum dari PDAM Surabaya. Airnya diklaim benar-benar bersih dan langsung bisa diminum. Setelah dicoba, rasanya memang benar-benar segar lho Teman Traveler. Pas sekali diteguk di tengah panasnya cuaca Surabaya.

Perpustakaan Buku Keliling

img_20190728_102715_JZk.jpg
Perpustakaan keliling (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jika datang pada hari Minggu, Teman Traveler akan menjumpai perpustakaan keliling di sini. Semua buku yang disediakan boleh dibaca secara gratis. Fasilitas ini disediakan langsung oleh Dispusip Surabaya. Tak jarang juga diadakan kegiatan mendongeng untuk anak-anak. Seru sekali ya?

img_20190728_103216_hYW.jpg
Kebun bibit digunakan untuk kegiatan pramuka (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kebun Bibit Wonorejo juga sering dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan sekolah, misalnya pramuka. Tak jarang ada sekolah yang mengajak para siswanya untuk study tour di sini. Hmm, membayangkannya saja sudah menyenangkan ya Teman Traveler. Kapan lagi bisa belajar sambil menikmati panorama alam dan udara segar sekaligus.

Jika Teman Traveler penasaran, destinasi ini beralamat di Jl. Raya Kendalsari no. 70, Rungkut. Tempatnya berada tak jauh dari wisata mangrove Surabaya. Jika sudah penat dengan rutinitas, kalian bisa coba mampir ke sini akhir pekan nanti.

Tags
kontributor Surabaya Travelingyuk wisata surabaya
Share