Candi Abang, Wisata Bersejarah Berbentuk Bukit di Kabupaten Sleman

Wisata Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya ketika dibahas. Ada wisata sejarah yang diwakilkan oleh candi dan museum. Alam dengan bukit serta pantai. Juga Jogja Bay dan Sindu edupark sebagai destinasi buatan. Lengkap dan memiliki keunikan tersendiri. Ingin merasakan sensasi berbeda? Cobalah mampir ke Candi Abang. Wisata di atas bukit dengan pemandangan alam luar biasa. Penasaran? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Wisata Bersejarah dengan Alam yang Memukau

Pemandangan sekitar candi
Pemandangan sekitar candi (c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Jogja tak berhenti untuk memanjakan wisatawan. Hingga sekarang, kota ini masih mengembangkan kawasan sejarah. Bahkan, cerita perjuangan yang tersaji dalam sebuah wisata makin ditonjolkan. Seperti halnya Candi Abang, berada perbukitan cantik yang tepat dijadikan tempat untuk menyendiri atau menghilangkan penat dari berbagai hal.

Candi ini dibangun pada abad ke 9 dan ke 10 pada zaman kerajaan Mataram Kuno. Melihat dari bentuknya, candi Abang ini lebih mirip sebuah bukit yang memiliki nuansa tandus dan gersang apabila musim kemarau. Tetapi, akan tampak berbeda bila Teman Traveler datang di kala musim penghujan. Suasana sejuk dengan pemandangan hijau di sekitar akan tersaji di depan mata.

Candi yang Misterius dan Penuh Teka-teki

Hamparan gunung di seberang
Hamparan gunung di seberang (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Teman Traveler pasti terheran ketika datang ke sini. Pasalnya, di kawasan ini tidak ada tanda-tanda ada candi. Sebenarnya, bukan tidak tetapi situsnya seakan hilang entah ke mana. Hanya puing-puingnya saja yang masih terlihat. Puing-puing ini berwarna merah seperti batu bata. Di tengah gundukan juga terdapat lubang yang terlihat seperti bekas batu bata merah.

Pemandangan Alam di Atas Bukit

Candi Abang
Candi Abang (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Menuju ke Candi Abang memang tidak ada akses kendaraan. Teman Traveler harus berjalan kaki menanjak dengan jalanan berpasir dan cukup licin. Baik saat berangkat maupun pulang, Teman Traveler harap berhati-hati. Setelah sampai diatas, keindahan pun akan tersaji dengan sendirinya. Hijaunya sawah-sawah menjadi pemandangan yang tidak bisa dilupakan.

Saat cuaca cerah, Teman Traveler dapat melihat kegagahan gunung Merapi. Candi Sojiwan pun juga bisa dilihat dari sini. Destinasi wisata yang beralamatkan Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman ini memiliki satu gubug untuk beristirahat.

Akses Menuju Candi Abang

Jalanan menuju candi
Jalanan menuju candi (c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Candi Abang berada di atas bukit di pinggir jalan desa Jogitirto. Setidaknya jaraknya sekitar 1,5 km sebelah barat jalan raya Jogja-Piyungan. Untuk mencapai destinasi wisata ini sangatlah mudah. Papan petunjuk ke lokasi juga dibuat dengan informatif dan memudahkan. Tempat wisata ini belum memiliki pintu masuk seperti candi lainnya. Teman Traveler dapat menitipkan kendaraan di rumah milik warga yang tak jauh dari Candi Abang. Nah, tarif untuk penitipan kendaraan ini hanya Rp2.000.

Candi Abang merupakan kawasan perbukitan di Jogja yang memiliki keindahan menakjubkan. Tempat ini pun juga makin cantik ketika matahari terbit ataupun terbenam. Makin penasaran? Yuk agendakan waktu ke wisata di Jogja satu ini.

Tags
Indonesia Jogja Sleman Travelingyuk wisata jogja Wisata Sleman Yogyakarta
Share