Candi Sojiwan, Wisata Bersejarah di Klaten dengan Pemandangan Taman Hijau

Ingin menikmati keindahan candi yang masih terawat hingga kini? Tentu, Jogja dan Jawa Tengah bisa menjadi rekomendasi tujuan. Salah satu area yang terkenal adalah Prambanan dengan bangunan yang masih utuh. Nah, di sekitar kawasan ini ada Candi Sojiwan yang juga bisa dijadikan tujuan. Penasaran seperti apa keunikannya? Berikut penuturan Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Candi Cantik Dekat Prambanan

Halaman taman
Halaman taman (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pernah dengar nama candi Sojiwan? Atau mungkin pernah mengunjungi tempat wisata di Klaten ini? Yap, Sojiwan merupakan candi perpaduan antara Hindu dan Budha. Di dalamnya terdapat beberapa relief yang bisa Teman Traveler lihat. Dilihat dari bentuknya, candi ini memiliki gaya bangunan yang hampir sama dengan Candi Prambanan. Atap candi bersusun tiga, di setiap tingkatan ada jajaran stupa kecil. Sedangkan bagian puncaknya ada stupa berukuran besar.

Dibangun oleh Raja Balitung

Banyak tempat bermain untuk anak-anak
Banyak tempat bermain untuk anak-anak (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tempat wisata bersejarah ini dibangun oleh Raja Balitung, sebagai sebuah penghormatan kepada neneknya yang bernama Nini Haji Rakryan Sanjiwana yang beragama Budha. Di kaki candi ada relief binatang yang berhubungan dengan cerita jataka. Ada pula relief kera yang sedang menyiasati buaya sehingga bisa menyeberangi sungai. Lalu, cerita kura-kura yang memenangi lomba. Mirip dengan cerita cerita dongeng kan?

Pemandangan Taman yang Manjakan Mata

Harganya cukup murah
Harganya cukup murah (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tidak hanya bentuk candi, pelataran dari bangunan ini juga memanjakan mata. Padang rumput yang hijau bikin mata segar. Mau duduk santai sambil menggelar tikar dan bercengkerama bersama keluarga, bisa menjadi agenda asyik di sini.

Di samping candi Sojiwan sudah dibangun sebuah taman. Tak hanya tanaman hijau, taman ini dilengkapi dengan berbagai macam permainan yang disukai anak-anak. Tempatnya cukup luas dan bisa juga digunakan sebagai area outbond khusus anak-anak. Harga tiket masuknya hanya Rp5.000 rupiah saja. Begitu pula dengan harga tiket masuk kawasan candi yang juga Rp5.000. Murah meriah kan?

Cara Menuju ke Candi Sojiwan

Taman Candi Sojiwan
Taman Candi Sojiwan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Baik candi ataupun tamannya berada di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Teman Traveler yang berangkat dari arah jogja, bisa langsung menuju kawasan Candi Prambanan. Letaknya tak jauh, dan hanya butuh waktu 5 menit perjalanan dengan kendaraan dari gerbang masuk Prambanan. Kalau pun susah menemukan, bisa bertanya ke penduduk sekitar, atau menggunakan aplikasi google maps.

Candi Sojiwan dan tamannya memang menarik untuk dijelajahi. Selain pemandangan yang menawan, di sini juga ada sajian kuliner es tebu yang bisa dijajal. Rasanya manis dan menyegarkan. Bagaimana, tertarik untuk berwisata di tempat bersejarah di perbatasan Jawa Tengah dan Jogja ini kan?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Klaten Travelingyuk wisata klaten Yogyakarta
Share