40 Wisata Jogja Paling Memesona, Bukti Selalu Istimewa

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia

Pergi menjelajahi negeri, mengarungi telaga-telaga sunyi hingga menikmati santapan di pagi hari adalah kenikmatan yang hakiki. Keseruan-keseruan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah saat mengunjungi wisata Jogja. Hingga sekarang, Kota Gudeg ini tak pernah mengecewakan.

Jogja terus berbenah untuk memanjakan para wisatawan dan mengukuhkan diri sebagai surga budaya di Tanah Jawa. Tempat orang-orang melihat dengan jelas tradisi yang terjaga. Merasakan cita rasa yang tak hanya sekadar berbumbu, tapi juga punya cerita yang panjang dan bikin rindu. Berikut ini adalah 40 Wisata Jogja yang bisa kamu datangi.

1. Malioboro, Wisata Jogja yang Tak Boleh Ketinggalan

Wisata Jogja Malioboro
Malioboro yang selalu jadi idola, Via Shutterstock

Maliboro merupakan salah satu kawasan yang begitu populer di Jogja. Wisata ini menjadi salah satu ikon Jogja, baik untuk wisatawan lokal ataupun internasional. Jalanan di sekitaran menyuguhkan beragam barang, mulai dari pernak-pernik khas Jogja, aksesoris, baju, bahkan sampai makanan juga ada. Satu hal lagi, di malam hari Teman Traveler bisa menyaksikkan atraksi musik jalanan yang asyik.

2. Keraton Jogja, Tempat Tahta dan Wujud Nyata Budaya Jawa

Wisata Keraton Jogja
Abdi dalem keluar dari Keraton Jogja, Via Shutterstock

Destinasi lain di Jogja yang begitu populer adalah Keraton Jogja yang menyuguhkan beragam saksi bisu kehidupan kerjaan di masa lampau. Bahkan sampai saat ini Keraton Jogja ini jadi tempat tinggal sultan dan juga keluarganya. Karena juga difungsikan sebagai tempat wisata, ada beberapa tempat yang memang terlarang untuk didatangi. Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Jogjakarta.

3. Wisata Taman Sari, Mengkhayalkan Para Putri

Wisata Taman Sari Jogja
Wisata Taman Sari yang asri, Via Shutterstock

Taman Sari berada di Kampung Taman Sari No. 310, Taman, Patehan, Kraton, Jogja. Dahulu lokasi ini merupakan tempat pemandian yang berkaitan erat dengan kerajaan Jogja. Maka dari itulah, saat datang ke sini kamu akan menemui kolam besar dan memiliki air yang cukup jernih. Bangunan-bangunan di sekitar sini juga khas Kerajaan, bisa banget untuk dijadikan tempat hunting foto. Siapkan OOTD-mu ya Teman Traveler.

4. Senja Cantik Prambanan

Wisata Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan yang benar-benar cantik, Via Shutterstock

Jika Magelang memiliki Borobudur yang begitu populer, Jogja mempunyai Candi Prambanan. Candi ini juga terkenal di Indonesia dan sudah ditetapkan sebagai situs bersejarah warisan dunia oleh UNESCO. Lokasinya berada di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Jogja. Wisata Jogja satu ini memang sangat menarik, tak heran banyak wisatawan lokal ataupun asing yang berkunjung saat musim liburan datang.

5. Istana Ratu Boko, Reruntuhan Balairung Para Raja

Wisata Candi Ratu Boko Jogja
Istana Ratu Boko yang begitu eksotis, Via Shutterstock

Jika berkunjung ke Prambanan, destinasi lain yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Istana Ratu Boko. Sebagai informasi, Istana Ratu Boko ini merupakan kerajaan termegah pada zamannya yang dibangun sejak abad ke-8. Lokasinya memang benar-benar menakjubkan. Teman Traveler bahkan bisa menyaksikan kemegahan Candi Prambanan di sini. Satu hal lagi yang sangat sayang untuk dilewatkan, yakni menyaksikkan sunset ataupun juga sunrise yang begitu memikat. Untuk lokasinya, tidak jauh dari Candi Prambanan.

6. Wisata Alam Kalibiru, Memandang Wisata Jogja yang Bikin Haru

Wisata Kalibiru Jogja
Kalibiru yang apik dan Instagenic, Via Shutterstock

Desa Wisata Kalibiru menyuguhkan panorama alam yang keindahnnya bisa bikin terheran-heran. Lokasinya berada di Jl. Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Banyak hal yang bisa Teman Traveler lakukan, mulai dari bersantai-santai sambil menikmati panorama sekitar, berpose di gardu pandang, dan masih banyak lagi. Bahkan, aktivitas menantang seperti halnya flying fox juga disediakan di sini.

7. Kebun Buah Mangunan, Menawan dan Tak Terlupakan

Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja
Kebun Buah Mangunan, Via Instagram/jogja_trip_travel

Tidak kalah cantik dengan wisata Kalibiru ada Kebun Buah Mangunan. Dahulu ini merupakan kebun buah saja, sekarang ini sudah berkembang menjadi salah satu wisata hits yang diburu banyak wisatawan. Ditambah dengan berbagai spot Instagenic dipadu dengan panorama Sungai Oya yang begitu istimewa. Lokasi Kebun Buah Mangunan ini berada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

8. Puncak Kosakora

Wisata Puncak Kosa Kora Jogja
Puncak Kosa Kora, Via Instagram/vins.sk

Lalu ada Puncak Kosakora yang berada di Banjarejo, Tanjungsari, Ngetisrejo, Tanjungsari, Gunungkidul. Merupakan salah satu lokasi yang banyak difavoritkan wisatawan. Pasalnya, wisata di Jogja satu ini memiliki panorama yang indah di sekitaran pantai. Perpaduan antara pemandangan perbukitan, laut, ditambah dengan sunrise memang bikin orang terkagum-kagum. Jangan lupa mampir ke Puncak Kosakora jika jelajah Gunungkidul saat di Jogja.

9. Taman Tebing Breksi

Wisata Tebing Breksi Jogja
Taman Tebing Breksi, Via Instagram/arizkyanna

Ingin cari lokasi yang beda dari yang lainnya saat berwisata di Jogja? Taman Tebing Breksi ini bisa jadi pilihan yang tepat. Taman ini menyuguhkan panorama bebatuan breksi yang sengaja dipahat menjadi ukiran yang cantik. Jika dilihat sekilas, memang wisata Jogja ini menyerupai Brown Canyon di Semarang. Lokasi Taman Tebing Breksi ini berada di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan.

10. Wisata Gumuk Pasir

Wisata Jogja Gumuk Pasir
Gumuk pasir yang bikin naksir, Via Shutterstock

Tidak kalah eksotis dari Taman Tebing Breksi yakni Gumuk Pasir. Wisata Jogja ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Salah satu aktivitas yang sangat asyik untuk dilakukan di sini adalah sandboarding. Hal unik lainnya adalah adanya taman bunga yang bisa digunakan untuk berfoto ria. Karena lokasinya yang begitu eksotis, selain jadi destinasi wisata, tempat ini juga kerap jadi loaksi syuting video klip artis-artis ternama.

11. Jogja Bay Waterpark

Wisata Jogja Bay
Jogja Bay, Via Instagram/jogjabay

Jika tidak terlalu tertarik dengan wisata alam, Teman Traveler bisa berkunjung ke Jogja Bay yang menyuguhkan beragam permainan. Jogja Bay Waterpark ini berada di Jl. Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Cocok untuk destinasi wisata kelurga yang merencanakan liburan ke Jogja. Ini merupakan waterpark terbesar di Indonesia yang memiliki luas 7,7 hektar, dengan rincian 5 hektar area utama dan 2,7 hektar area hijau dan lahan parkir.

12. Gudeg Pawon

Kuliner Jogja Gudeg Pawon
Gudeg Pawon, Via Instagram/amazingindonesiafood

Buat Teman Traveler yang kelaparan saat berjelajah banyak wisata Jogja, bisa mampir ke Gudeg Pawon. Jogja memang selama ini identik dengan yang namanya gudeg ya, dan salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Gudeg Pawon. Karena lokasinya sangat populer, jangan kaget jika sampai antri-antri. Gudeg Pawon ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan buka saat malam hari. Lokasinya berada di Jl. Dr. Soepomo, Umbulharjo, Jogjakarta.

13. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong, Via Instagram/rindang_fitri
Sate Klathak Pak Pong, Via Instagram/rindang_fitri

Wisata Jogja lain yang bisa dikunjungi adan menyajikan menu yang lezat adalah Sate Klathak Pak Pong. Ini merupakan tempat yang menyuguhkan kuliner berupa sate kambing. Bumbu yang digunakan di sini memang sederhana, namun tusukan yang digunakan sangat berbeda, yakni jeruji sepeda. Konon, karena penggunaan jeruji sepeda inilah, membuat daging kambing yang dijadikan sate jadi matang secara merata. Alamatnya berada di Jl. Imogiri, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul.

14. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man, Via Instagram/c_thoeng
Angkringan Lik Man, Via Instagram/c_thoeng

Jogja memang selama ini identik dengan angkringan. Nah, salah satu angkringan yang begitu populer adalah Angkringan Lik Man yang merupakan pelopor adanya angkringan di Jogja. Tahun berdirinya adalah 1969. Lalu untuk menu-menu yang ditawarkan antara lain, nasi kucing, sate telur puyuh, ragam gorengan, dan satu yang begitu ikonik, yaitu Kopi Joss. Angkringan Lik Man ini berlokasi di sekitaran Kawasan Stasiun Tugu, Jogja.

15. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo, Via Instagram/ellencle
Nasi Goreng Beringharjo, Via Instagram/ellencle

Kuliner nasi goreng memang banyak ditemui di mana saja. Namun di Jogja ada satu nasi goreng yang bisa dibilang sangat melegenda dengan rasa yang begitu istimewa. Namanya adalah Nasi Goreng Beringharjo yang telah berdiri sejak tahun 1960. Tapi, perlu untuk hati-hati, di sini menyediakan menu ayam goreng babi. Jadi, buat Teman Traveler yang muslim perlu untuk hati-hati.

16. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini, Via Instagram/streetfoodinvn
Mie Ayam Bu Tumini, Via Instagram/streetfoodinvn

Mie ayam selalu berhasil membuat orang berpaling. Nah, di Kota Gudeg ada salah satu lokasi yang menjual mie ayam enak dan sangat terkenal di seantero Jogja. Namanya adalah Mie Ayam Bu Tumini yang terletak di Jalan Imogori Timur No. 187, Umbulharjo, Jogjakarta. Jam bukanya sendiri mulai dari 10:00 pagi hingga 17:00 sore. Ciri khas di sini adalah kuah cokelat yang begitu nikmat dan dipadukan dengan daging ayam ataupun ceker yang mantap.

17.  Merapi Park

Merapi Park
Merapi Park via Instagram @verani_22

Merapi park adalah salah satu wisata di Jogja 2019 yang keren untuk didatangi bersama dengan keluarga. Sama seperti namanya, lokasi Merapi Park tidak  begitu jauh dari  Gunung Merapi. Tepatnya berada du Jalan Kaliurang KM 22, Banteng. Hargibinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Di sini pengunjung bisa santai sambal melihat berbagai macam bangunan miniature.

Ada yang berbentuk kincir angina khas Negeri Belanda hingga ikon-ikon dunia yang lainnya. Adanya berbagai macam tanaman dan bunga-bunga cantik semakin membuat wisata Jogja ini tak terkupakan. Apalagi sekelilingnya adalah pepohonan yang rindang dan menawan. Udara di sini cukup sejuk dan memanjakan mata.  Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah sekitar 15 ribu rupiah. Sedangkan biaya parkirnya cukup 2 ribu rupiah. Merapi park memiliki area yang cukup luas. Dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Sudah ada spot-spot untuk santai dikelilingi taman bunga cantic dan warna warni.

18.  Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti via Instagram @iqbal_falahhaq04

Wisata jogja tidak hanya seputar jalan-jalan di Malioboro atau  berburu gudeg.  Budaya di sini memang tiada duanya. Seperti Museum raksasa yang terjaga hingga saat ini. Ada banyak bangunan yang memiliki nilai sejarah penting. Sebut saja keraton maupun bangunan benteng. Sampai saat ini pengunjung  bisa melihatnya. Tapi jika kamu ingin suasana baru, bisa mencoba mengunjungi pantai di Jogja. Pilihannya banyak sekali dan masing-masing memiliki karakteristik masing-masing.

Coba ke Gunung Kidul, kamu bisa mengunjungi Pantai Indrayanti. Destinasi yang satu ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dengan pasir putih  bersih. Ombak bergulungan dengan serasi beriringan angina pantai yang membawa aroma samudera. Lokasinya berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

19. Gua Jomblang

Gua Jomblang
Gua Jomblang via Instagram @yanchy.myd

Gua Jomblang adalah wisata Jogja yang cukup unik. Disebut juga Gua Vertikal karena untuk masuk ke sini, pengunjung harus menggunakan peralatan khusus. Gua Jomblang terbentuk karena proses geologi. Di mana, tanah yang berada di lokasi ambles disertai dengan tumbuhan yang ada di atasnya pada ribuan tahun yang lalu. Dengan kata lain, proses tersebut membentuk sumur berukuran raksasa dan sangat dalam. Gua Jomblang ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.

Saat ini, sudah ada penyedia jasa tur yang akan mengantar pengunjung masuk ke dalam gua. Harganya sekitar Rp500.000. Sudah termasuk peralatan keamanan lengkap untuk turun ke bawah menggunakan tali. Bahkan juga ada sepatu boot dan makan siangnya. Perjalanan menuju lokasi biasanya dimulai sekitar pukul 10.00 WIB kemduian selesai Pukul 13.00. Dari mulut gua, pengunjung masih harus berjalan menembus kegelapan. Merayap di anatar bebatuan. Yang unik adalah adanya cahaya matahari yang masuk dan menyinari ruang-ruang bawah tanah. Sungguh sangat menakjubkan.

20.  Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Gunung Nglanggeran @reinerivan

Gunung Nglanggeran merupakan destinasi yang berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul . Selain itu juga berada di deretan pegunungan Baturagung. Ternyata Gunung Nglanggeran termasuk dalam kategori gunung api purba yang terbentuk sekitar 0,6-70 juta tahun yang lalu.  Di kalangan masyarakat setempat, muncul kisah bahwa tempat wisata di Jogja ini adalah lokasi untuk menjatuhi hukuman bagi warga yang bersalah atau ceroboh merusak wayang. Dari arti katanya sendiri, Nglanggeran berasal dari kata Nglanggar atau melanggar. Beberapa tempat juga dipercaya sebagai lokasi pertapaan.

Saat ini, Gunung Api Pura Nglanggeran bisa didatangi untuk menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Kamu  bisa menikmati indahnya matahari terbit dengan warna merah yang mempercantik langit pagi. Ditambah dengan lembah-lembah dan lautan di kejauhan.

21. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran via Instagram @malik_ash_shidiqi

22. Gua Pindul

Gua Pindul 
Gua Pindul via Instagram @goapindulofficial

23. Kebun Teh Ngilinggo

Nglinggo tea plantation
Nglinggo tea plantation via Instagram @novrisyapetri

24. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal 
Taman Sungai Mudal via Instagram @sheto_chenko

25. Kedung Pedut

Kedung Pedut 
Kedung Pedut via Instagram @gumilangagung

26. Pantai Glagah

Pantai Glagah 
Pantai Glagah via Instagram @pristober

27. Landasan Pacu Depok

Landasan Pacu Depok 
Landasan Pacu Depok via Instagram @ronald_bryan

28. Pantai Timang

Pantai Timang
Pantai Timang via Instagram @monicaflaviana05

29. Candi Sewu

Candi Sewu
Candi Sewu via Instagram @saljiadi

30. Puncak Becici

Puncak Becici
Puncak Becici via Instagram @jm_adventour

31. Candi Ijo

Letak tempat wisata di Jogja ini tak begitu jauh dari situs Keraton Ratu Boko yang saat ini menyisahkan reruntuhan dan gerbang-gerbang antik. Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya dari kalangan pecinta sejarah dan bangunan-bangunan tua. Tapi juga pemburu keindahan matahari terbenam. Bersama-sama dengan Keraton ratu Boko dan tempat lainnya, Candi Ijo memang menjadi spot menikmati sunset dan sunrise keren.

Wisata Jogja candi Ijo
candi Ijo via Instagram @alexa_jogja

32. Candi Plaosan

wisata jogja Candi Plaosan
Candi Plaosa via Instagram @sinyo.m

Destinasi yang berikutnya adalah Candi Plaosan areanya terdiri dia bagian. yaitu Plaosan Kidul dan Plaosan Loran. Keduanya tetap menjanjikan dan sisi cantik dari bangunan bersejarah. Apalagi jika kamu beruntung bisa melihat cantiknya langit berwarna kemerahan. Candi yang di Sebelah utara atau Lora memiliki 116 stupa perwara dan 50 buah candi perwara.  Rute menuju ke wisata Jogja ini cukup mudah diakses. Harga tiketnya pun murah. Yaitu sekitar Rp.10.000

Tidak salah orang menyebutkan jika Jogja itu merupakan kota yang istimewa. Memang kenyataanya seperti itu. Banyak destinasi wisata yang bisa jadi jujukan. Jika ingin wisata belanja selain Malioboro ada banyak lainnya, seperti halnya Jogja City Mall, Hartono Mall, dan masih banyak lainnya. Apakah Jogja juga menjadi kota favoritmu?