5 Aktivitas Seru di Karimunjawa, Liburan Makin Menggelora

Advertisement

Karimunjawa yang secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Jepara dan merupakan salah satu destinasi wisata impian bagi banyak orang. Kepulauan ini juga menjadi dream destination bagi para penggila keindahan bawah laut di Indonesia. Keindahan bawah lautnya menjadi magnet yang selalu menarik wisatawan untuk berkunjung. Satu hal lagi, banyak aktivitas seru di Karimunjawa yang bisa dilakukan.

Banyak sekali spot-spot menarik di kawasan ini sehingga membuat bingung para pelancong untuk memilih mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu. Keadaan alam di Karimunjawa hampir mirip dengan kepulauan Seribu yang ada di utara teluk Jakarta. Pasir putih dengan ombak tenang menjadi hal yang jarang di temui. Buatmu yang berencana jalan-jalan ke Karimunjawa, berikut ada 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti yang direkomendasikan oleh Venicka Arlia Putriana, kontributor Travelingyuk.

Menginap di Tengah Laut

Karimunjawa yang cantik, sayang jika tak menginap, Via Instagram/treveling_karimunjawa
Karimunjawa yang cantik, sayang jika tak menginap, Via Instagram/treveling_karimunjawa

Hal pertama yang perlu kamu saat sampai di Karimunjawa adalah mencari penginapan. Banyak sekali penduduk menawarkan sewa tempat tinggal sementara dengan berbagai pilihan tempat dan fasilitas serta pilihan harga yang variatif. Nah, jika kamu ingin mendapatkan pengalaman yang beda, bermalam di penginapan apung bisa menjadi pilihan.

Penginapan apung merupakan penginapan yang terletak di atas air. Dalam hal ini berada di atas laut. Di sini banyak sekali pilihan yang tersedia. Bermalam di penginapan apung akan membuat liburanmu ke Karimunjawa akan terasa semakin sempurna.

Berenang Langsung Bersama Ikan Hiu

Siapa yang berani? Via Instagram/azizah_salimah
Siapa yang berani? Via Instagram/azizah_salimah

Bagaimana rasanya berenang di tengah-tengah kawanan ikan hiu yang terkenal sebagai raja lautan? Pastinya sangat mendebarkan ya. Namun pengalaman berbeda bakal kamu rasakan apabila berenang di kolam penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar yang justru terasa menyenangkan.

Di Karimunjawa terdapat sebuah kolam penangkaran ikan hiu. Di kolam tersebut para wisatawan diperbolehkan berenang langsung bersama hiu karena ikan-ikan ini telah jinak dan terbiasa bergaul dengan manusia. Hiu yang ada di kolam ini adalah jenis hiu blacktip reef shark, spesies hiu yang suka berenang di perairan yang dangkal.

Berfoto di Gosong yang Instagramable

Bersenang-senang di Gosong Cemara, Via Instagram/dhania92
Bersenang-senang di Gosong Cemara, Via Instagram/dhania92

Gosong adalah sebutan untuk pulau yang super kecil yang terdapat di Karimunjawa. Pulau ini biasanya hanya berupa gundukan pasir putih seluas beberapa meter saja. Apabila terjadi pasang air laut, gosong akan hilang ditelan ombak. Waktu yang pas untuk dapat berkunjung ke gosong adalah pagi hari saat ombak pasang laut belum tinggi.

Ada beberapa titik gosong yang terdapat di Karimunjawa. Di antaranya Gosong Cemara, Gosong Kumbang, Gosong Selikur, Gosong Batu Putih dan lain sebagainya. Berfoto di atas gosong pastinya akan membuat koleksi Instagram-mu makin kece.

Snorkeling Melihat Pemandangan Bawah Laut

Snorkeling, Via Instagram/tkarimunjawa
Snorkeling, Via Instagram/tkarimunjawa

Tentu saja berkunjung ke Karimunjawa tanpa menikmati keindahan bawah lautnya akan membuat liburanmu terasa sia-sia. Salah satu cara untuk menikmati dunia bawah laut Karimunjawa adalah dengan cara snorkeling. Begitu melihat kecantikan ekosistem bawah lautnya, kamu akan langsung tersihir dan takjub dengan pesonanya.

Karimunjawa sendiri merupakan salah satu spot favorit snorkeling yang ada di Indonesia. Jadi jangan sampai melakukan blunder dengan melewatkan kesempatan snorkeling di salah satu tempat terbaik di negara ini. Ada beberapa spot snorkeling yang bisa di kunjungi seperti di pulau Menjangan Besar, Pulau Tengah, Pulau Cemara dan lainnya.

Menikmati Senja di Pantai Ujung Gelam

Sunset di Karimunjawa, Via Instagram dewiresty12
Sunset di Karimunjawa, Via Instagram dewiresty12

Pantai Ujung Gelam bukan hanya menyajikan pemandangan laut yang luar biasa cantik, namun juga sangat terkenal dengan pemandangan sunset yang luar biasa. Saat hari mulai beranjak senja, matahari akan terlihat bulat mungil tepat berada di atas garis horizon.

Jadi, kapan kamu akan mengunjungi tempat ini dan merasakan sendiri segala pesonanya? Semoga segera ya.

Advertisement
Tags
alam indonesia Explore Karimunjawa
Share