4 Cara Berbuka Puasa yang Tepat dengan Kuliner Nikmat

Advertisement

Puasa adalah ladang ibadah, bahkan tidur pun dapat pahala. Apalagi jika waktunya buka puasa tiba. jenis hidangan memang bukan segala-galanya, tapi bagaimana kamu menyantapnya agar kenikmatannya semakin terasa. Berikut ini adalah beberapa tips buka puasa dari Travelingyuk agar kamu lancar beribadah, tapi tetap bisa menikmati kulinernya.

1. Mendahulukan Buka Puasa

Berbuka Puasa
Berbuka Puasa via Arah.Com

Jika sudah tiba waktunya, maka lebih baik mendahulukan berbauka puasa. Ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih). Pilih menu-menu ringan yang manis sebagai hidangan pembuka buka puasa.

2. Minum Air Putih dan Menyantap Takjil

Menyantap kurma
Menyantap kurma via seruni.id

Jika kamu sedang berada di jalan menjelang waktu berbuka puasa, utamakan beribadah terlebih dahulu. Kamu bisa berhenti di masjid sambil menunggu waktu maghrib tiba. Kurma bisa jadi santapan buka puasa yang memiliki banyak manfaat. Kemudian pilih air mineral untuk menyegarkan tenggorokan. Hal ini juga menjadi sunah nabi. “Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”.

3. Pilih Makanan Berat yang Sehat

Makanan sehat
Makanan sehat via Lifestyle Okezone

Sebelum menyantap makanan berat, dahulukan sholat magrib. Setelah selesai, kamu bisa makan hidangan nikmat. Agar tubuh bisa semakin fit, kamu bisa memilih makanan berat yang sehat. Seperti sayuran dan berbagai bahan yang mengandung protein tinggi. Jika kamu suka pedas, sebaiknya jangan terlalu banyak memakannya ya. Makanan yang terlalu padas asam, bisa menyebabkan diare.

4. Mengikuti Sunah Rasulullah Ketika Makan dan Minum

Hidangan buka puasa
Hidangan buka puasa via Money.id

Cara makan pun juga harus benar. Cara yang terbaik adalah dengan mengikuti sunah Rasulullah. Kamu bisa mulai dengan meuncuci tangan terlebih dahulu, lalu berdoa sebelum makan. Gunakan tangan kanan dan mengunyah dengan perlahan dan baik. Jangan makan sambil bersandar apalagi berdiri.

Itulah beberapa cara buka puasa yang bisa kamu terapkan. Semoga ibadah puasa tahun ini lancar dan kita semua mendapatkan kemenangan.

Advertisement
Tags
Buka Puasa Indonesia Ramadan tips
Share