Pulau-pulau dengan Pasir Putih di Karimun Jawa

Karimun Jawa adalah salah satu primadona wisata di Kabupaten Jepara. Gugusan pulau yang ada di Laut Jawa ini memang memiliki panorama yang luar biasa memukau. Setidaknya terdapat 400 spesies fauna laut dapat ditemukan di Karimun Jawa. Wilayah ini merupakan rumah bagi terumbu karang dan pantai. Karena itu, banyak pantai dan pulau berpasir putih bersih dapat ditemukan di sini.

Gosong Seloka

Gosong Selok saat laut pasang via instagram/gebyar7

Gosong adalah sebutan untuk pulau pasir yang timbul di tengah lautan. Salah satu destinasi menarik adalah Gosong Seloka yang terletak di bagian timur Karimun Jawa. Pulau pasir tanpa vegetasi ini dapat terlihat ketika air sedang tak terlalu tinggi. Luasnya hanya sekitar 5×8 meter dan hanya terdiri dari pasir putih dan perairan jernih di sekitarnya.

Pengunjung yang sedang snorkeling via instagram/thespiffytraveller

Pulau Cemara Kecil

Foto aerial Pulau Cemara Kecil via instagram/rnpratama

Pulau Cemara Kecil dapat diakses dengan mengunakan kapal kecil selama 20 menit perjalanan laut dari Pulau Induk Karimun Jawa. Karena airnya yang begitu jernih, dari atas kapal pun keindahan terumbu karang dapat terlihat samar-samar. Pada wilayah pulaunya dapat ditemukan vegetasi pohon cemara yang cukup rimbun. Karena itulah pantai ini bernama cemara.

Perairan sekitar pulau yang masih jernih via instagram/fidya_saranghaeyo

Gosong Cemara

Pengunjung yang sedang menyellam di perairan Gosong Cemara via instagram/tourguide.karimunjawa

Gosong Cemara berada tak jauh dari Pulau Cemara kecil. Bagian daratnya memang hanya berupa pasir putih yang menonjol tanpa ada vegetasi di atasnya. Namun ternyata keindahan tersebar di sekitarnya. Pulau pasir ini dikelilingi oleh gugusan karang yang berwarna-warni. Bermacam ikan hias, ikan badut, beserta anemon dapat ditemukan dengan mudah di sini.

Biota laut yang hidup di perairan Gosong Cemara via instagram/tourguide.karimunjawa

Pulau Menyawakan

Pesisir Pulau Menyawakan via instagram/elenalozb

Pulau Menyawakan adalah pantai yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, seperti snorkeling, memancing, bahkan jet ski. Jika ingin memancing ke tengah laut, kamu bisa menggunakan speedboat untuk mengantar ke spot yang diinginkan. Bahkan karena terlewat lengkap, di Pulau Menyawakan juga telah tersedia akomodasi penginapan, Kura-Kura Resort namanya.

Air laut yang sejernih kristal via instagram/verawatyhutasoit

Empat destinasi di atas adalah sebagian dari jumlah total sebanyak 27 pulau yang ada di kepulauan Karimun Jawa. Dengan alam yang masih alami dan terjaga kebersihannya, tentunya tempat tersebut menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi saat berlibur. Pulau apa yang paling ingin kamu kunjungi di Karimun Jawa?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Jepara Wisata
Share