Tips Liburan ke Toraja Dalam 3 Hari, Ini Wisata-wisatanya

Advertisement

Wisata Toraja sudah seperti permata kebanggaan Indonesia. Di sini terdapat adat budaya yang mengakar. Bukan hanya sebagai identitas satu daerah, tapi juga Nusantara. Menjelajahinya tak akan cukup dalam waktu singkat. Namun bila kamu hanya memiliki waktu 3 hari, berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi karena lokasinya berdekatan.

1. Perkampungan Suku Bugis

Monumen Cinta Sejati
Monumen Cinta Sejati via Instagram/@tiwhiy_nizami.ganjavi

Dari Bandara Sultan Hasanudin Makassar, perjalanan ke Tana Toraja membutuhkan waktu hingga 9 jam. Kamu bisa berangkat saat pagi. Di Hari pertama ini, kamu bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang tak jauh dari jalan utama. Contohnya seperti Pantai Ujung Batu atau beberapa kampung adat Sulawesi. Ada juga Monumen Cinta Sejati Habibi dan Ainun di Pare-pare.

Begitu senja tiba, kamu bisa beristirahat di Puncak Bamba Puang. Keindahan alamnya begitu menggoda. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di Kabupaten Tana Toraja, di sini terdapat banyak hotel yang nyaman untuk bermalam.

Bambapuang
Bamba Puang via Instagram/@@_anakkecill,

2. Explorasi Tana Toraja

Makam Kambira
Makam Kambira via Instagram/@toraja_lands

Tana Toraja adalah kawasan adat yang unik. Kamu tidak boleh sembarangan dan menjaga sopan santun. Jangan sampai bertindak seperti dua traveler yang dianggap melecehkan makam beberapa waktu yang lalu. Berangkat dari hotel, kamu bisa langsung menuju ke Lemo. Tempat ini memiliki pemakaman yang ada pada tebing. Setelah itu kamu bisa menuju ke Kuburan Bayi Kambira, yaitu sebuah pohon yang dijadikan pekuburan bayi yang mati sebelum giginya tumbuh.

Makam Toraja
Makam Toraja via Wisata Terbaik Indonesia

Deretan Makam di Tana Toraja

Kate Kasu
Kate Kasu via Instagram/@dheafris

Destinasi selanjutnya adalah Kete Kesu, tempat ini juga merupakan pemakaman tua. Uniknya ada rumah adat Tongkonan di sini. Kamu pun bisa melihat bagaimana aktivitas masyarakat setempat hingga membeli oleh-oleh. Hari kedua bisa kamu tutup dengan mengunjungi Londa, kuburan yang ada di dalam gua.

Londa
Londa via Instagram/@emmanuelasugeha

Melihat Negeri Atas Awan

Rantebua
Rantebua via Instagram/@emmy_kasmiati

Di Hari Ketiga ini, kamu bisa menikmati indahnya alam Toraja. Batutumonga bisa jadi pilihan. Ada sebuah kafe yang letaknya di daerah pegunungan menawarkan panorama alam yang sedap di pandang. Setelah itu menempuh perjalanan sekitar dua jam menuju ke Perkebunan Kopi Rantebua. Tempat ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting Film Filosofi Kopi.

Batutumonga
Batutumonga via Instagram/ @detyosjourney

Itulah beberapa aktivitas wisata yang seru selama di Tana Toraja dalam waktu tiga hari. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat keren yang harus kamu singgahi. Jangan risau, kamu bisa datang kembali lain waktu. Toraja tidak ke mana-mana dan akan tetap indah sepanjang waktu. Semoga!

Advertisement
Tags
Indonesia Toraja
Share