Dari lecehkan Makam Toraja Hingga Robohkan Pondok, Ini 11 Kelakuan Menyebalkan Para Traveler

Beberapa waktu yang lalu sempat viral foto-foto traveler yang lecehkan makam di Toraja. Kelakuan traveler tersebut jelas merugikan. Ternyata sebelumnya, juga ada kejadian-kejadian serupa yang bikin geram. Berikut ini Travelingyuk telah merangkumkan beberapa tingkah menyebalkan traveler di tempat wisata.

1. Lecehkan Makam Toraja

Traveler Lecehkan Makam Toraja
Kelakuan traveler lecehkan Makam Toraja via Instagram/@makassar_iinfo

Seperti inilah foto-foto wisatawan di Makam Tana Toraja yang bikin geram. Makam bukan tempat sembarangan, tapi traveler berikut ini malah bertindak seenaknya. Dalam foto tersebut nampak dua orang sedang memegang tengkorak dan tulang belulang di makam dengan pose yang bikin geram terutama masyarakat Tana Toraja. Pengguna media sosial juga ikut marah dan menyayangkan kelakuan traveler tersebut.

2. Syahrini ‘Selfie’ di Holocaust Memorial


Syahrini lagi-lagi memicu kontroversi. Berita mengenai kelakuannya yang foto di jalan tol saja masih hangat diperbincangkan, kini ia kembali menuai kecaman. Kali ini dia melakukan hal yang dianggap kurang pantas saat liburan ke Holocaust Memorial. Tempat wisata di Jerman itu dulunya adalah lokasi pembantaian kaum Yahudi oleh Nazi. Syahrini bahkan mengunggah aktivitasnya itu di akun Instagram miliknya. Tindakan seperti memanjat, duduk dan foto sembarangan, hingga vandalisme dianggap sebagai tindakan tidak hormat dan melanggar norma setempat.

3. Menginjak-injak Tanaman Bunga

Kebun Bunga Amaryllis
Kebun Bunga Amaryllis via chirpstory.com

Kamu pasti masih ingat dengan kejadian rusaknya Taman Bunga Amaryllis di Jogja. Agar bisa mengabadikan pose cantik, pengunjung sengaja menginjak-nginjak bunga yang tumbuh bergerombol dan berwarna kemerahan tersebut. Merusak tanaman bunga seperti itu juga bisa dianggap sebagai traveler alay dan tidak bertanggung jawab.

4. Merubuhkan Pondok Istirahat

Pondok rubuh di Bengkulu
Pondok rubuh di Bengkulu via Radarempoa.com

Liburan bersama memang menyenangkan. Namun lihat-lihat dulu tempat dan kapasitasnya. Agar tidak mengalami kejadian yang memalukan seperti ini. Sebuah pondok atau gazebo yang dibangun di atas air tiba-tiba roboh setelah segerombolan wisatawan menaikinya. Peristiwa ini terjadi di Bengkulu tahun 2016 lalu.

5. Jembatan Gantung Putus

Jembatan Aceh
Jembatan Aceh via youtube.com

Pengabdi selfie terkadang bisa bikin geleng kepala karena kelakuannya. Bahkan ada yang sampai memutuskan jembatan gantung yang sebelumnya dibangga-banggakan sebagai ikon wisata. Jembatan yang dimaksud berada di Langsa Baro, Aceh. Dalam foto terlihat ada banyak orang berada di atas jembatan yang akhirnya putus karena tidak kuat menahan beban.

6. Memotret Sembarang di Candi Borobudur

Memotret Sembarangan
Memotret Sembarangan via Hipwee

Saat ada perayaan Waisak di Candi Borobudur, tidak sedikit turis yang mengambil foto seenaknya. Seperti yang terlihat di foto tersebut. Nampak ada turis yang berada tepat di depan biksu. Padahal biksu tersebut terlihat sedang berdoa. Tentu saja hal tersebut tidak sopan dan mengganggu pelaksanaan ibadah.

7. Lecehkan Candi Borobudur

Lecehkan candi borobudur
Lecehkan candi borobudur via jowonews.com

Masih di Borobudur, beberapa waktu yang lalu ramai diperbincangkan tentang iklan dari salah satu produk minuman. Pria di video tersebut melompat dan menginjak sembarangan stupa candi. Padahal Borobudur merupakan tempat ibadah bagi umat Budha.

8. Lecehkan Patung Pahlawan Revolusi

Lecehkan Patung Pahlawan
Kelakuan traveler lecehkan Patung Pahlawan via YouTube

Patung pahlawan di Monumen Pancasila Sakti juga pernah jadi tempat anak-anak ‘bertingkah’. Bukannya mengambil pelajaran dan menghargai jasa pahlawan, mereka malah menaiki bahkan duduk di atas kepala patung tersebut.

9. Injak-injak Lampu Taman

Injak-injak lampu taman
Injak-injak lampu taman Via CewekBanget.

Taman Kaliurang sangat cantik dengan lampu warna-warni. Belum lagi lampionnya yang unik dan lucu. Sayangnya, demi mendapat foto selfie yang keren, wisatawan justru menerobos bahkan menginjak-injak lampu taman. Bukan hanya merusak, hal tersebut juga berbahaya karena pengunjung bisa terkena sengatan listrik. Kelakuan traveler seperti itu jelas-jelas tidak patut dicontoh.

10. Aksi Vandalisme

Vandalisme
Vandalisme via Suara Petualang

Aksi vandalisme juga sering ditemukan di berbagai tempat wisata. Niatnya bikin jejak sejarah, tapi caranya salah. Menuliskan kata-kata bahkan nama ke pohon, batu, hingga dinding akan membuat keindahan tempat tersebut jadi berkurang bahkan sirna. Vandalisme biasanya sering terjadi di tempat seperti gunung. Para pendaki mencoret-coret batu yang ada di sepanjang jalur pendakian.

11. Buang Sampah Sembarangan

Sampah di Rinjani
Kelakuan traveler membuang Sampah di Rinjani via Hipwee

Selain vandalismu, ada satu lagi kelakuan traveler yang menyebalkan dan masih menjadi masalah hingga saat ini. Apalagi kalau bukan buang sampah. Kesadaran mengenai lingkungan nyatanya masih belum dimiliki oleh sebagian wisatawan. Masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Contohnya yang terjadi di Rinjani dan Ranu Kumbolo.

Itulah beberapa kelakuan traveler yang menyebalkan dan bisa dijadikan pelajaran. Mengunjungi tempat lain, berarti kamu juga harus siap dengan segala konsekuensinya. Termasuk harus menghormati dan menghargai budaya setempat.

Tags
Indonesia Kelakuan Traveler Makam Toraja
Share