Air Terjun di Jawa Barat, Basuh Penat dan Segarkan Pikiran

Advertisement

Air terjun dapat menjadi destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi. Kawasan yang masih asri serta rindang menjadi salah satu alasannya. Air yang segar dapat menjadi pembasuh penat setelah bergelut dengan rutinitas dalam satu minggu. Di Jawa Barat juga dapat ditemukan berbagai air terjun dengan karakter yang berbeda. Seperti air terjun di Jawa Barat seperti berikut ini.

Curug Landung, Kuningan

Keindahan Curug Landung via Instagram/febriansyahdandy_

Curug Landung merupakan destinasi wisata alam di Kuningan yang kini sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun yang berada di lereng Gunung Ciremai ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Untuk bisa menikmati keindahan Curug Landung ini tak akan menguras kantong. Selain itu air terjun ini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto yang instagramable seperti gardu pandang sun flower, sarang burung hingga wing sky dan masih banyak lagi.

Curug Mala, Garut

Keindahan Curug Mala yang bertingkat-tingkat via instagram
Keindahan Curug Mala yang bertingkat-tingkat via instagram/@yunus13

Curug Mala juga memiliki nama lain Curug Cikawung. Bentuknya berundak-undak dengan jarak yang tak terlalu tinggi. Curug yang berada di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut selatan ini memiliki debit air yang tinggi saat musim hujan. Meskpun sedikit surut di musim kemarau, tempat ini masih memiliki cuaca yang sejuk.

Curug Citambur, Cianjur

Curug Citambur yang masih dikelilingi perbukitan hijau via instagram
Curug Citambur yang masih dikelilingi perbukitan hijau via instagram/@kimeliasaridjan

Dengan ketinggian 100 meter, Curug Citambur memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Jatuhan airnya berada di tebing terbuka yang diselimuti hijau tumbuhan liar. Namun jangan terlalu mendekat di air terjunnya, karena debit air di tempat ini sangat deras dan besar. Secara administratif Curug Citambur berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

Curug Awang, Sukabumi

Curug Awang yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh via instagram
Curug Awang yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh via instagram/@yuriparinduri

Curug yang sering disebut-sebut sebagai Niagara mini ini berada di kawasan Geopark Ciletuh. Tingginya mencapai 40 meter dengan lebar 60 meter. Air terjun ini jatuh dari dinding batu berwarna coklat kemerahan yang bentuknya menyerupai dinding. Selain sebagai tempat wisata, air terjun yang bersumber dari Sungai Ciletuh ini juga menjadi pembatas antar Desa Taman Jaya dengan Desa Cibenda.

Curug Lontar, Bogor

Curug Lontar dengan tinggi sekitar 37 meter via instagram
Curug Lontar dengan tinggi sekitar 37 meter via instagram/@irfanaziss

Curug Lontar memiliki ketinggian sekitar 37 meter dengan debit air yang cukup deras, Tak heran jika air terjun yang berasal dari mata air di Pegunungan Halimun Salak ini juga digunakan untuk energi PLTA Kracak. Lokasinya masih dikelilingi oleh hutan yang lebat dan rindang. Pada dinding di dekat air terjun ini terdapat batuan berbentuk heksagonal yang tertata secara vertikal.

Curug Cikaso, Sukabumi

Curug Cikaso memiliki ketinggian mencapai 80 meeter via instagram
Curug Cikaso memiliki ketinggian mencapai 80 meeter via instagram/@soeliephoto

Curug Cikaso berada di Desa Cibitung, Kecamatan Suramade, Sukabumi. Di sekitar kawasan Curug Cikaso, kamu juga dapat menemukan beberapa pecahan air terjun. Antara lain Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki. Air terjun inti Curug Cikaso memiliki ketinggian mencapai 80 meter dengan lebar 100 meret dan debit air yang deras.

Basah-basahan di air terjun memiliki keseruan tersendiri. Area sekitar yang masih asri dan air yang segar adalah penyebabnya. Kalau kamu, pernah mengunjungi salah satu air terjun yang disebutkan di atas?

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Barat Wisata
Share