Warung di Senen Jakarta, Bukber Dekat Museum Kebangkitan Nasional

Teman Traveler yang pilih ngabuburit di kawasan Senen, misalnya berkunjung ke Museum Kebangkitan Nasional, Taman Ismail Marzuki, maupun Museum Sumpah Pemudapuasa. Setelah itu, bisa sarapan di beberapa warung di Senen. Mulai dari nasi kapau sampai seafood. Berikut 4 di antaranya.

Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukittinggi

Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukit Tinggi via Instagram @silusianas
Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukit Tinggi via Instagram @silusianas

Nasi Kapau Sabana Bana merupakan salah satu warung di Senen Jakarta yang menghidangkan kuliner khas Bukittinggi. Tidak sedikit yang menganggapnya sama dengan nasi Padang, namun tentunya berbeda. Hal yang paling mencolok adalah peletakkan menunya di dalam baskom besar dan dijejer-jejer.

Penjual nasi kapau di Jakarta ini mengambil lauk tersebut dengan sendok batok kelapa super panjang disebut sandua. Di tempat makan ini, Teman Traveler bisa pilih pendamping nasi mulai dari gulai tambusu, dendeng basah lado mudo, rendang, sampai gulai tunjang.

Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukittinggi H. Moh. Nasir T. ini berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 15. Harga beragam menunya mulai dari Rp20 ribuan.

Mie Ayam Bejo Senen

Mie Ayam Bejo Senen via Instagram @eric_strada
Mie Ayam Bejo Senen via Instagram @eric_strada

Teman Traveler yang suka dengan mie ayam bisa melipir ke warung Bejo yang berada di Jalan Kramat Pulo, Senen. Tempat makan ini sendiri telah eksis selama hampir 40 tahun. Sesuai namanya, ia menyediakan mie ayam kampung dengan kuah terpisah. Modal buat makan di sini cukup Rp15 ribuan.

Coto Makassar Senen

Warung di Senen
Coto Makassar Senen via Instagram @nizarmaftuhahnan

Warung coto Makassar juga bisa Teman Traveler temukan di kawasan Senen, tepatnya pojokan Jalan Kramat Raya dan Jalan Soka. Pemilik tempat makan tersebut bernama Syamsul Daeng Ngawing, yang berasal dari Takalar, Sulawesi Selatan.

Teman Traveler dapat menyantap satu porsi coto Makassar dengan harga Rp25 ribuan. Bebas pilih isian, mulai dari daging sapi sampai jeroannya. Jangan lupa pesan ketupat atau buras, ya.

Ikan Bakar Ny. Filly

Ikan Bakar Ny. Filly via Instagram @missmayasari
Ikan Bakar Ny. Filly via Instagram @missmayasari

Dari ketiga tempat makan di atas, restoran satu ini memang letaknya tidak berdekatan, tepatnya di Jalan Cikini Raya Nomor 73. Harus jalan kaki selama sekitar 10 menitan. Ikan Bakar Ny. Filly menghidangkan seafood dengan bumbu khas Manado.

Di antaranya ikan mas rica-rica, dimasak woku belanga, dan kuah asam. Pilihan seafoodnya selain ikan masa adalah gurame, baronang, kuwe, udang, dan cumi. Teman Traveler cukup bayar kira-kira Rp70 ribuan.

Tags
Indonesia Jakarta kuliner Senen Warung Warung di Senen Jakarta
Share