Tips Mudik Naik Kereta Api, Catet Teman Traveler

Atmosfer lebaran semakin terasa. Para pemudik mulai bergerak ke kampung halaman masing-masing. Jika Teman Traveler memilih transportasi kereta api, ada beberapa tips mudik naik kereta api yang bisa kalian coba. Yuk, kita simak bersama.

Tiket dan Identitas

Ruang tunggu eksekutif di Stasiun Malang (c) Rosita/Travelingyuk

Mudik ke kampung halaman menggunakan kereta api, Teman Traveler tentu sudah harus menyiapkan tiket sejak jauh-jauh hari. Sehari sebelum berangkat, cek tiket kembali kalian, Pastikan sudah benar-benar aman sebelum berangkat ke stasiun.

Setelah itu, jangan lupa membawa identitas diri. Petugas stasiun akan melakukan pengecekan tiket sesuai identitas penumpang. Sangat disayangkan jika sudah berjuang menerobos kemacetan hingga stasiun, namun kemudian identitas diri ternyata ketinggalan di rumah.

Barang Pengusir Bosan

Kepadatan penumpang di Gubeng Lama (c) Rosita/Travelingyuk

Berjam-jam di galam gerbong tentu akan sangat membosankan. Coba siasati dengan membawa barang-barang seperti bahan bacaan, pemutar musik berisi lagu-lagu favorit, maupun camilan. Jangan lupa siapkan bantal leher agar kalian tetap nyaman meski duduk berjam-jam, apalagi jika menumpang kereta non-eksekutif.

Taati Peraturan Selama Perjalanan

Stasiun Gambir (c) Rosita/Travelingyuk

Masing-masing transportasi umum punya aturan masing-masing yang wajib ditaati penumpang. Begitu pula dengan kereta api.

Selama perjalanan semua penumpang dilarang merokok dalam gerbong. Menaruh tas di sepanjang lorong juga tak diperbolehkan. Duduk di sambungan gerbong pun dilarang. Semua aturan tersebut ditetapkan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan semua penumpang.

Cek Bawaan Sebelum Turun

Pemeriksaan tiket di Gubeng Baru (c) Rosita/Travelingyuk

Faktor keamanan wajib diperhatikan selama mudik, tak
terkecuali saat menggunakan kereta api. Jangan lupa untuk selalu mengecek barang bawaan selama perjalanan, apalagi jika Teman Traveler tidur sepanjang perjalanan.

Lakukan hal serupa saat akan turun di stasiun tujuan. Cek barang apa saja yang sudah dikeluarkan dari tas. Jangan sampai ada yang tertinggal di dalam kereta.

Itulah sekilas ulasan tips mudik naik kereta api. Selalu behati-hati dalam perjalanan mudik ke kampung halaman. Selamat mudik Teman Traveler. 

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share