Tips Mudik Lebaran untuk Anak Kost, Pulang Kampung dengan Hati Tenang

Untuk anak kost, mudik juga merupakan hal yang ditunggu-tunggu lho. Bertemu dengan keluarga besar di rumah, mencicipi masakan ibu merupakan hal yang diimpikan. Anak rantau pasti tahu rasanya pulang saat lebaran. Nah, supaya mudik tetap hemat dan kost bisa aman, yuk ikuti tips mudik berikut ini. Hati tenang, mudik lancar, kost aman.

Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Pesan tiket jauh-jauh hari, via Shutterstock
Pesan tiket jauh-jauh hari, via Shutterstock

Anak kos identik dengan hemat. Bukannya pelit ya, meyambung hidup dari hari ke hari juga butuh usaha tersendiri. Apalagi biaya yang dimiliki pas-pasan. Maka dari itulah, berburu tiket jauh-jauh hari merupakan hal yang sangat disarankan. Karena tiket saat jauh-jauh hari akan lebih mudah. Salah satu tips cari tiket murah adalah terus pantau banyak social media transportasi umum, siapa tahu beruntung dapat promo ya.

Amankan Semua Barang di Kosan

Amankan barang-barang di kos, via Shutterstock
Amankan barang-barang di kos, via Shutterstock

Tips selanjutnya jika sudah mendapatkan tiket untuk pulang kampung adalah mengamakan semua barang di kamar. Jika kamarmu ada kemungkinan bocor, masukkan barang-barang yang mudah berjamur ke dalam plastik. Cuci semua yang perlu dibersihkan, tata dengan baik supaya pikiranmu tak melayang-layang ke kost saat berada di rumah.

Jangan Tinggalkan Barang-barang Berharga

Jangan tinggalkan barang-barang berharga, via Shutterstock
Jangan tinggalkan barang-barang berharga, via Shutterstock

Perlu digaris bawahi ya Teman Traveler, jangan meninggalkan barang-barang berharga di kamar kost. Misalnya saja laptop, emas-emasan, uang, atau lain-lain. Tidak bisa dipungkiri, kejahatan mengintai rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh penghuninya. Jangan sampai menyesal nantinya ya.

Matikan Alat Elektronik

Cabut barang-barang elektronik, via Shutterstock
Cabut barang-barang elektronik, via Shutterstock

Guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan, misalnya saja kebakaran, matikan alat-alat elektronik. Misalnya saja kulkas, televisi, charger, dan lain sebagainya. Karena ditinggal lama, pastikan kamu mencabut semua barang-barang elektronik. Tidak hanya itu, cabut juga tabung gas yang ada di dapur. Berjaga-jaga ada baiknya, bukan?

Lapor Kepada Empunya Kosan

Lapor kepada pemilik kos, via Shutterstcok
Lapor kepada pemilik kos, via Shutterstcok

Tips mudik yang terakhir, yang perlu kamu lakukan adalah lapor kepada empunya kost. Beritahu kapan dan berapa lama kamu akan pulang ke rumah. Dengan begini, sang induk semang akan memantau kamar yang sedang kosong. Jangan segan-segan untuk bertanya kondisi kamarmu kepada ibu atau bapak kost ya.

Itulah tips-tips mudik yang bisa kamu lakukan supaya kosan tetap aman meskipun ditinggal pulang kampung dalam waktu yang cukup lama. Siap bersenang-senang saat mudik 2019?

Tags
mudik di indonesia tips mudik tips mudik anak kos
Share