Tips Meninggalkan Rumah Ketika Mudik

Mudik itu sudah seperti mau pindah rumah saja, jadi perlu dipersiapkan dengan baik. Akan ada banyak barang bawaan dan jalur mudik yang sepertinya tidak ada ujungnya.  Namun, jangan hanya memikirkan soal keberangkatan dan tujuan, rumah yang kamu tinggal sebaiknya juga diperhatikan. Apa saja yang perlu kamu siapkan? Berikut ulasan selengkapnya.

Kunci Pintu dan Matikan Listrik

Mengunci Pintu [image source]
Berapa hari kamu mudik? Jika cuma sehari semalam saja tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun jika sampai lebih dari satu minggu bisa bahaya kalau kamu bersikap sembrono. Sebelum berangkat pastikan untuk mematikan aliran listrik dan air. Termasuk juga mengosongkan semua bak penampungn air agar tidak dijadikan sebagai sarang nyamuk. Perhatikan jendela hingga pintu, kemudian kunci ganda kalau perlu.

Gunakan Lampu Otomatis

Lampu Teras otomatis [image source]
Sudah tahu kan kalau aksi kejahatan bisa saja terlaksana jika ada kesempatan. Dan jangan sampai kamu yang memberikannya tanpa sengaja. Rumah yang kosong dapat ditebak dengan mudah hanya dari lampu di halaman. Akan lebih baik jika kamu menggunakan lampu yang dilengkapi dengan sensor cahaya. Jadi akan menyala otomatis saat malam tiba dan mati begitu pagi datang.

Bawa Barang Berharga

Bawa barang berharga [image source]
Agar tidak jadi pikiran, kumpulkan barang berharga yang memungkinkan untuk dibawa serta dalam perjalanan mudik  seperti perhiasan dan uang. Jika tidak bisa atau juga terlalu berbaya jika dibawa ke jalanan,  kamu bisa menitipkannya di bank atau orang yang terpercaya.

Manfaatkan Tetangga dan Buat Laporan

Manfaatkan tetangga [image source]
Pasti di tempat kamu tinggal ada pihak keamanan atau minimal pengurus RT. Buat laporan bahwa kamu akan melakukan perjalanan  ke kampung halaman selama beberapa hari. Agar ada banyak yang membantu untuk mengawasi kediamanmu. Jika punya tetangga malah lebih bagus lagi, mintalah bantuan mereka untuk memeriksa keadaan rumah secara berkala.

Sosial Media Bisa Berbahaya

Waspadai sosial media [image source]
Kegaiatan mudik memang menjadi trend tersendiri. Apalagi jika kamu melewati tempat-tempat yang keren. Tidak heran jika banyak yang mengunggah kegitan ini dalam sosial media. Kamu perlu tahu jika sesumbar di dunia maya bisa jadi berbahaya. Perhatikan ke pada siapa kamu membagikan informasi, Jangan sampai menginformasikan soal rumah yang kosong apalagi lokasinya. Kalau ada yang berniat jahat, rumahmu bisa jadi target pencurian.

Itulah beberapa tips mudik  yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat. Tetap waspada dan hati-hati selama perjalanan. Karena sedang liburan, maka berusahalah menikmati perjalanan. Selamat Lebaran, ya.

Tags
Lebaran Mudik tips traveling
Share