61 Tempat Wisata di Indonesia, Pancaran Keindahan Nusantara

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Kekayaan alam Indonesia, menjadi magnet yang selalu mampu menarik minat para wisatawan. Dari mulai pegunungan hingga laut, dari dataran tinggi hingga lembah-lembah dan ngarai semuanya memesona.

Sebanyak 61 tempat wisata di Indonesia berikut ini masih menjadi favorit wisatawan di tahun 2019! Sudah siap menjelajah dan dibuat tambah kagum dengan negeri sendiri? Berikut ulasannya!

1. Pantai Sumurtiga, Sabang

Cantiknya Pantai Sumurtiga di Sabang via Instagram/ kimahaulussy

Jelajah destinasi wisata di Indonesia yang pertama kita mulai dari Kota Sabang, Daerah Istimewa Aceh. Tepatnya di Pantai Sumurtiga. Pantai ini memiliki pasir putih dengan daerah pesisir yang panjang.

Kecantikannya semakin sempurna ketika berpadu dengan air laut berwarna biru muda. Banyak yang menilai bahwa Pantai Sumurtiga ini takkalah cantik dengan pantai-pantai di Hawaii.

2. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba Cantik Terlihat dari Kejauhan via Instagram/ sadadnst

Danau yang terbentuk karena aktivitas gunung berapi ini disebut sebagai danau vulkanik paling cantik di Indonesia. Danau Toba berikut dengan pemandangan yang ada di sekitarnya, tampil sebagai salah satu primadona Sumatra Utara.

Selain itu, wisatawan juga bisa betah menjelajah hutan pinus, menikmati air terjun dan berendam pemandian air hangat yang letaknya masih ada dalam satu kawasan dengan Danau Toba. Teman Traveler juga bisa berkunjung ke dua desa wisata yang ada di Pulau Samosir!

3. Ngarai Sianok, Bukittinggi

Bentang Alam Ngarai Sianok yang Elok via Instagram/ yoga.efendi

Ngarai Sianok di Bukittinggi menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tetap jadi favorit di 2019. Menjadi salah satu kebanggaan warga Sumatra Barat, Ngarai Sianok tampil cantik dengan bentang alamnya berupa lembah sempit dan bukit bertebing curam.

Di bagian tengah lembah, mengalir sebuah sungai kecil. Keberadaannya menambah cantik pemandangan yang ada di sini. Suasananya tenang sehingga cocok sekali untuk siapa pun yang sedang butuh menenangkan diri.

4. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Pulau Bawah di Kepulauan Anambas Dijuluki Maldivenya Indonesia via Instagram/ ulfamaruapey82

Kepulauan Anambas yang ada di Kepulauan Riau ini pada 2013 lalu pernah dinobatkan sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia menurut CNN. Predikat tersebut tentu saja diberikan pada Anambas sebab ia memiliki bentang alam yang luar biasa.

Berkunjung ke sini, Teman Traveler akan terpikat dengan pasirnya yang putih dan lembut serta terumbu karang yang terbentuk alami dengan cantik. Nggak pengin berkunjung ke Maldivesnya Indonesia ini?

5. Sungai Kampar, Riau

Tantang Adrenalin di Sungai Kampar via Instagram/ sitishahiraa

Teman Traveler suka berselancar? Kalau begitu jangan lewatkan untuk berwisata ke Sungai Kampar, Riau! Sungai ini terkenal memiliki ombak yang cukup menantang setinggi 6 meter.

Berdasarkan kriteria tersebut, sungai yang berada di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau ini merupakan destinasi yang cocok untuk para adrenalin junkie. Siap menaklukkan ombaknya? Agendakan segera!

6. Candi Muaro Jambi, Jambi

Candi Muaro Jambi, Wisata Sejarah dan Budaya di Jambi via Instagram/fuzilestarr

Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi Hindu-Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu destinasi wisata sejarah, Candi Muaro Jambi terdiri atas nilai-nilai perpaduan antara Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Menurut perkiraan, candi ini sudah berdiri sejak ada 11 Masehi.

Tempat wisata di Indonesia yang diresmikan pada 2012 lalu sebagai KWST (Kawasan Wisata Sejarah Terpadu) ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Mereka penasaran dengan salah satu pusat tempat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana yang ada di negara ini.

7. Museum Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin Menyimpan Berbagai Koleksi via Instagram/ yulitamus

Terkenal dengan Jembatan Ampera yang masih kokoh berdiri meski usianya sudah sangat tua, Palembang juga memiliki beberapa destinasi wisata menyenangkan. Khususnya bagi pecinta sejarah dan budaya. Salah satunya adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin.

Museum ini merupakan peninggalan Belanda yang menyimpan berbagai koleksi benda unik peninggalan berbagai bidang. Seperti peninggalan dari bidang biologi, etnografi, arkeologi, keramikologi, seni rupa hingga numismatika. Museum berlantai dua ini juga memiliki koleksi budaya Melayu seperti pakaian adat, uang kuno, alat musik dan kain songket.

8. Fort Marlborough, Bengkulu

Meriam di Dalam Fort Marlborough, Bengkulu via shutterstock.com

Benteng Fort Marlborough adalah destinasi wisata sejarah yang masih menjadi favorit wisatawan di tahun 2019. Benteng ini merupakan peninggalan Inggris yang dibangun oleh EIC (East India Company) pada 1713 lalu. Pada masa itu, ia berfungsi sebagai titik pertahanan Inggris dari musuh.

Benteng yang berdiri di lahan seluas 44.000 meter persegi ini memiliki ketinggian dari 8-8,5 meter. Di bagian dalam benteng, terdapat beberapa bangunan dengan atap segitiga. Disebutkan bahwa Fort Marlborough merupakan benteng terkuat kedua yang dibangun oleh Inggris di wilayah Timur. Luar biasa!

9. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Sekolah Gajah Way Kambas via shutterstock.com

Pertama kali dibangun pada 1985, Taman Nasional Way Kambas adalah tempat yang tepat untuk melihat gajah-gajah lebih dekat. Diresmikan sebagai sekolah gajah pertama di Indonesia, tempat ini merupakan balai konservasi sekaligus pelatihan gajah.

Di lokasi yang sama juga terdapat International Rhino Foundation yang dibangun sebagai kawasan penangkaran badak dari ancaman kepunahan. Agendakan untuk main ke sini saat liburan ke Lampung ya!

10. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Batuan di Pantai Parai Tenggiri via Instagram/ diegoalfrist08

Pantai-pantai yang ada di Bangka Belitung bisa mudah dikenali dari batuan berbagai ukuran yang tersebar di pesisirnya. Begitu pula daya tarik yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri. Selain batuan yang eksotis, Pantai Parai Tenggiri cukup landai dengan air laut berwarna hijau toska.

Pasir yang ada di pantai ini cukup lembut, menyenangkan untuk jalan-jalan di atasnya. Selain itu, ombak di sini juga terkenal tenang. Benar-benar pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran.

11. Pulau Peucang, Banten

Sunset di Peucang Island via shutterstock.com

Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon? Nah! Pulau Peucang berada di bagian timur kawasan tersebut! Bukan main-main, pulau ini sudah ditetapkan menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO lho!

Berlibur ke sini, wisatawan akan bertemu dengan berbagai jenis tumbuhan dan hewan khas Banten seperti Banteng Jawa, Lutung, Merak Hijau dan Rusa. Bukan hanya itu, pasir yang putih serta air laut yang biru di Pulau Peucang juga akan memanjakan mata!

12. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Pulau Onrust di Kepulauan Seribu via shutterstock.com

Terletak di bagian utara Jakarta, Kepulauan Seribu seperti surga berjarak dekat yang bisa dikunjungi warga ibu kota saat penat. Berbagai atraksi menyenangkan bisa Teman Traveler dapatkan di sini! Seperti mengunjungi zona konservasi sekaligus tempat wisata di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Bukan hanya itu, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa pulau cantik yang ada di Kepulauan Seribu. Seperti Pulau Onrust, Pulau Kahyangan dan Pulau Bidadari. Perairan di pulau-pulau tersebut cocok untuk snorkeling, menyelam dan beberapa keseruan lainnya!

13. Pantai Batu Lamampu, Kalimantan Timur

Pantai Batu Lamampu, via Instagram/obyreza
Pantai Batu Lamampu, via Instagram/obyreza

Kalimantan memang bisa dibilang tak ada habisnya untuk hal pariwisata. Selanjutnya ada Pantai Batu Lamampu yang terdapat di Kecamatan Sebatik, Kab. Nunukan, Kalimantan Timur. Saat berkunjung ke sini, kamu akan menyasikkan panorama yang cantik dan memikat hati. Hamparan pantai yang bersih dan cantik akan membuat kamu betah untuk berlama-lama.

14. Jembatan Barito, Kalimantan Selatan

Jembatan Barito, via Shutterstock.com
Jembatan Barito, via Shutterstock.com

Ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Banjarmasin ada Jembatan Barito yang terkenal dan populer. Ini merupakan jembatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1997. Jembatan ini memiliki panjang kurang lebih 1.082 meter.

Jembatan Barito ini menjadi ikon Kota Banjarmasin yang bisa dibilang tidak pernah sepi. Bahkan, semakin sore malah makin banyak wisatawan yang datang. Mereka berdatangan untuk menikmati indah dan luasnya Sungai Barito yang dilintasi oleh Jembatan Barito ini.

15. Pura Luhur Uluwatu, Bali

Nusa Dua, via Shutterstock.com
Nusa Dua, via Shutterstock.com

Siapa yang tak ingin traveling ke Bali, banyak destinasi cantik yang ditawarkan di sini. Salah satunya adalah ragam Pura yang terdapat di dalamnya. Bahkan saking banyaknya, Bali disebut sebagai Pulau Seribu Pura. Contoh yang rekomended adalah Pura Luhur Uluwatu.

Lokasi pura ini berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Tempatnya berada di ketinggian 97 meter dari atas permukaan laut. Oh iya, kamu bisa menyaksikkan pertunjukkan Tari Kecak saat berada di sini, ini merupakan salah satu spot terbaiknya.

16. Nusa Dua, Bali

Taman Nasional Gunung Kelimutu, via Shutterstock.com
Taman Nasional Gunung Kelimutu, via Shutterstock.com

Masih di Bali ada destinasi wisata lainnya yang tidak kalah eksotis, yakni Nusa Dua. Di sini pantainya memiliki warna putih dengan air laut yang biru jernih. Kamu bisa menikmati berbagai panorama yang ditawarkan, atau bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti halnya berselancar.

Fasilitas di Nusa dua sangat banyak sekali dan lengkap, mulai dari restoran, penginapan kelas internasional, pusat-pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Datang ke Nusa Dua jika sedang berada di Bali, yakin kamu pasti akan memiliki keinginan untuk datang kembali.

17. Taman Nasional Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Gunung Kelimutu, via Shutterstock.com
Taman Nasional Gunung Kelimutu, via Shutterstock.com

Dari Pulau Dewata kita melipir ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah ini juga menawarkan beragam destinasi wisata yang memesona, tidak kalah dengan destinasi lainnya di Indonesia. Termasuk juga ada Taman Nasional Gunung Kelimutu.

Tempat wisata di NTT ini di dalamnya banyak daya tarik. Misalnya saja ada bukit-bukit landai, gunung-gunung, sampai dengan gunung setinggi 1.731 yang bernama Gunung Kelibra. Ditambah lagi dengan keberadaan Gunung Kelimutu dan danau tiga warna yang cantik.

18. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan, via Shutterstock.com
Gili Trawangan, via Shutterstock.com

Nama Gili Trawangan sendiri sudah terkemuka di Indonesia. Salah satu pesonannya adalah pantai-pantai cantik di dalamnya. Teman Traveler yang traveling ke sini pasti akan tersihir dengan pesona-pesona yang ditwarkan. Kamu suka tempat yang sedikit private? Datang saja ke Gili Trawangan di sisi barat, tak seramai di sisi timur.

19. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani, Lombok, via Shutterstock.com
Gunung Rinjani, Lombok, via Shutterstock.com

Buat kamu yang suka akan aktivitas mendaki, pastilah sangat familiar dengan Gunung Rinjani yang berada di Lombok. Tempat ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Dan karena hal itulah, hampir setiap tahunnya banyak pendaki mencoba untuk menaklukannya.

Ketinggian Rinjani ini mencapai 3.726 mdpl. Meskipun kamu bersusah payah saat mendakinya, panoramanya sangatlah cantik. Di atasnya juga ada bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang selama ini jadi spot incaran para pendaki. Yakin nggak mau ke sini?

20. Taman Laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken, via Shutterstock.com
Taman Laut Bunaken, via Shutterstock.com

Kemudian kita beralih ke tanah Sulawesi, tepatnya Sulawesi Utara. Di sini ada destinasi bernama Taman Laut Bunaken yang memiliki panorama yang begitu memanjakan mata. Karena hal itulah, tak salah jika tempat ini sering jadi jujukan utama saat jelajah Sulawesi Utara.

Di dalam Taman Laut Bunaken yang memiliki luas sekitar 890.65 km ini terdapat beragam jenis terumbu karang yang cantik. Tak hanya itu saja, banyak juga spesies ikan yang jumlahnya mencapai puluhan. Datanglah ke sini pada bulan Mei-Agustus untuk dapat melihat air laut yang jernih.

21. Pantai Dato Majene, Sulawesi Barat

Pantai Dato Majene, via Shutterstock.com
Pantai Dato Majene, via Shutterstock.com

Destinasi wisata indah lainnya yang perlu dikunjungi adalah Sulawesi Barat. Benar-benar memikat. Di sini ada tempat wisata di Indonesa yang bernama Pantai Dato Majene. Lokasinya memiliki jarak kurang lebih 7 km dari pusat Kota Majene.

Seperti kebanyakan pantai cantik di Indonesia lainnya, wisata ini menyuguhkan pasir putih yang begitu bersih bak permadani. Di sini banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Mulai dari memancing, snorkeling, berenang, sampai dengan menikmati sunset.

22. Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Taman Nasional Kepulauan, via Shutterstock.com
Taman Nasional Kepulauan Togean, via Shutterstock.com

Lalu ke Sulawesi Tengah ada wisata Taman Nasional Kepulauan Togean yang terkenal indah dan kaya akan biota langka. Di dalamnya ada terumbu karang yang cantik, cocok sekali dikunjungi buat kamu yang suka akan keindahan lautan dan isinya. Salah satu areal yang banyak jadi jujukan snorkeling adalah Pulau Kadadiri. Panorama alam yang menakjubkan akan membuat kamu enggan untuk pulang.

23. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, via Shutterstock.com
Wakatobi, via Shutterstock.com

Tempat wisata di Indonesia yang cantik lainnya adalah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di sini menyuguhakn destinasi wisata alam yang begitu menakjubkan. Buat kamu yang belum tahu, Wakatobi merupakan akronim dari nama-nama pulau besar yang terdapat di sini, yakni Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Tidak hanya alamnya yang terkenal memiliki kecantikan yang memukau, di sini juga terkenalsebagai salah satu sentra pandai besi. Konon menurut banyak orang, parang dan juga pisau yang dibuat di sini memiliki kualitas unggulan, kuat, tajam, dan juga anti-karat.

24. Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan

Pantai Losari, via Shutterstock.com
Pantai Losari, via Shutterstock.com

Pantai Losari bukan nama yang baru dalam dunia pariwisata. Tentu saja kamu akan sangat familar dengan lokasi ini karena sering wara wiri jadi tempat untuk berbagai kegiatan. Nah, Pantai Losari ini berada di Makassar, Sulawesi Selatan dan menjadi primadona untuk para pengunjung, baik warga lokal ataupun luar.

Cara paling enak menikmati Pantai Losari adalah duduk di sekitar pantainya dan makan kuliner khasnya, misalnya saja pisang epe. Jangan kaget Teman Traveler, semakin sore akan semakin banyak pengunjung berdatangan.

25. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora, via Shutterstock.com
Pantai Ora, via Shutterstock.com

Pantai Ora yang berada di Maluku juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatwan. Nah, di sini panoramanya begitu menakjubkan. Air laut, pasir dan lain-lain akan membuat kamu terpukau dengan keindahannya. Namun satu hal perlu untuk diingat, saat jelajah ke sini bawa uang tunai yang cukup lantaran tak ada ATM di sekitar lokasinya.

26. Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo-Jogja

Air Terjun Kedung Pedut via Shutterstock
Air Terjun Kedung Pedut via Shutterstock

Air Terjun Kedung Pedut berlokasi di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Jogja. Merupakan salah satu air terjun indah di kawasan ini. Dikarenakan air terjun dengan ketinggian kira-kira 15 meter ini punya dua kolam dengan warna berbeda, hijau tosca dan biru.

Fenomena tersebut konon pengaruh dari warna bebatuan di dasar penampungan air. Teman Traveler bisa nyemplung ke kolam, menikmati kesegarannya. Boleh juga menjajal wahana lain seperti flying fox.

27. Canting Mas Puncak Dipowono, Kulon Progo-Jogja

Canting Mas Puncak Dipowono via Shutterstock
Canting Mas Puncak Dipowono via Shutterstock

Tempat wisata di Indonesia satu ini berlokasi di Desa Hargowilis, Kulon Progo, Jogja. Ketinggian puncak ini sekitar 700 mdpl, Teman Traveler dapat menyaksikan panorama kehijauan pegunungan dan Waduk Sermo. Bahkan dapat dijadikan sebagai spot yang tepat untuk saksikan keindahan matahari terbenam.

Dapat juga berburu selfie di gardu pandang berbentuk rumah pohon, dengan latar belakang keindahan alam Kulon Progo. Canting Mas Puncak Dipowono juga masih satu lokasi dengan wisata alam Kalibiru.

28. Gereja Ayam, Magelang-Jawa Tengah

Gereja Ayam via Shutterstock
Gereja Ayam via Shutterstock

Kalau mendengar kata gereja, umumnya akan terbersit bentuknya yang punya atap segitiga dengan tanda salib. Berbeda dengan gereja di Magelang, Jawa Tengah ini, justru menyerupai kepala ayam. Tidak difungsikan sebagai tempat ibadah, Gereja Ayam malah ramai dikunjungi berkat bentuk uniknya.

Namun sayang sekali terdapat banyak jejak vandalisme di tembok-temboknya. Keistimewaan lain adalah lokasinya yang dekat dengan Punthuk Setumbu dan Candi Borobudur. Bahkan kalau naik ke bagian teratas gereja, Teman Traveler bisa menyaksikan kemegahan candi tersebut di kejauhan.

29. Kawah Putih Ciwidey, Bandung-Jawa Barat

Kawah Putih Ciwidey via Shutterstock
Kawah Putih Ciwidey via Shutterstock

Kawah putih merupakan wisata Ciwidey yang cukup tersohor, berupa kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Warna air putih kehijauan menjadi daya tarik bagi pelancong untuk datang. Teman Traveler bisa mendaki gunung ini menuju salah satu tebing yaitu Sunan Ibu. Dari atas sini, bisa menyaksikan keindahan Kawah Putih secara menyeluruh.

Ingin mencoba menaklukan kawasan ini? Meluncur saja ke Kawah Putih berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey dapat ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan bermotor, siapkan juga biaya untuk tiket masuk seharga Rp17 ribuan.

30. Kepulauan Karimunjawa, Jepara-Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa via Shutterstock
Kepulauan Karimunjawa via Shutterstock

Karimunjawa, kepulauan dengan beberapa gugusan pulau, terletak kurang lebih 83 kilometer dari Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal akan panorama objek wisata alam yang elok dan menarik pelancong untuk singgah. Terdapat beberapa pulau diantaranya, Menjangan Besar dan Kecil, Cemara Besar dan Kecil, dan Pulau Gelam.

Dengan adanya banyak pulau yang bisa dituju, Teman Traveler pun dapat melakukan macam-macam aktivitas anti bosan. Snorkeling, berinteraksi dengan ikan Hiu, menyaksikan keindahan sunset, maupun cicipi kuliner khas Karimunjawa seperti bakso ikan ekor kuning sampai lontong krubyuk.

31. Kawah Ijen, Banyuwangi-Jawa Timur

Blue Fire di Kawah Ijen via Shutterstock
Blue Fire di Kawah Ijen via Shutterstock

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Indonesi yang punya Blue Fire alias api abadi. Danau belerang ini punya tosca yang indah. Tidak heran pelancong rela mendaki demi menyaksikannya. Sebelum naik sebaiknya persiapkan fisik yang matang, karena perjalanan dapat memakan waktu sekitar 4 jam.

Jangan lupa selalu kenakan masker selama perjalanan. Dikarenakan bau belerangnya cukup menusuk hidung. Kalau mau menyaksikan Blue Fire, pastikan sampai di lokasi ketika pagi dini hari menjelang subuh.

32. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Maratua di Kepulauan Derawan via Shutterstock
Pulau Maratua di Kepulauan Derawan via Shutterstock

Kali ini mari beralih ke tempat wisata di Indonesia tepatnya Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Keindahannya tidak kalah dengan Raja Ampat. Kawasan ini mempunyai setidaknya tiga pulau langganan destinasi wisatawan.

Pulau Kakaban dengan danaunya yang dipenuhi ubur-ubur tanpa sengat. Pulau Maratua yang tersohor sebagai perlintasan penyu. Pulau Sangalaki yang punya ikan Pari Manta. Kepulauan Derawan punya panorama bawah laut indah, cocok dijadikan spot diving.

33. Kota Lama Semarang, Jawa Tengah

Kota Lama Semarang via Shutterstock
Kota Lama Semarang via Shutterstock

Semarang yang dikenal sebagai kota lumpia, punya wisata sejarah yaitu Kota Lama. Terdapat bangunan klasik peninggalan Belanda yang kini menjadi jujugan liburan pelancong. Diantaranya Gedung Marba yang sudah ada semenjak abad ke-19. Dahulu difungsikan sebagai kantor usaha pelayaran dan toko. Ada juga Gereja Blenduk yang dibangun oleh Belanda pada 1753, sampai rumah lawas yang ditumbuhi akar raksasa.

Kalau ingin makan dengan suasana seperti di Eropa bisa mampir ke Spiegel Bar&Bistro. Bangunan yang telah berusia sekitar 120 tahun ini menyajikan ragam cocktail, seafood, roti, maupun menu makanan barat. Jangan lupakan juga jalanan di Kota Lama yang cukup instagenic dan patut dijelajahi.

34. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi-Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu via Shutterstock
Pantai Pelabuhan Ratu via Shutterstock

Teman Traveler pernah mendengar legenda Nyi Roro Kidul? Seorang penguasa laut selatan Jawa yang konon selalu memakai baju tradisional berwarna hijau. Nah Pantai Pelabuhan Ratu diyakini menjadi tempat tinggal sang ratu. Tidak heran muncul kepercayaan, orang-orang menghindari mengenakan pakaian warna hijau.

Nyi Roro Kidul bisa membawa pengunjung yang berpakaian warna kesukaannya tersebut. Namun terlepas dari mitos tersebut, pantainya memang curam dan landai, disertai arus ombak cukup kuat. Tidak perlu khawatir, Teman Traveler bisa menikmati keelokan panorama Pantai Pelabuhan Ratu dari pantai di titik aman.

35. Pantai Siung, Gunungkidul-Jogja

Pantai Siung via Shutterstock
Pantai Siung via Shutterstock

Kawasan Gunungkidul di Jogja memang dikenal sebagai surganya pantai. Salah satunya Pantai Siung, yang tersohor sebagai lokasi olahraga ekstrem panjat tebing. Terdapat setidaknya 250 jalur panjang tebing bertaraf internasional di kawasan ini.

Tenang saja, Teman Traveler tetap bisa menikmati keindahan Pantai Siung dari pinggir pantai. Jika liburan bersama keluarga, bisa menyewa tikar kemudian digelar di hamparan pasirnya. Akan disuguhi pemandangan bukit karang raksasa, dan lautan kebiruan nan indah.

36. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang-Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru via Shutterstock
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru via Shutterstock

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau disingkat TNBTS, punya gunung-gunung yang sering dijadikan jujugan wisata terutama para pendaki. Kawasan ini berada di perbatasan empat kabupaten, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Bromo yang paling sering didatangi sebab punya atraksi menarik selain mendaki.

Diantaranya menikmati keindahan savana, menunggang kuda, maupun berfoto di Bukit Teletubbies. Ada juga Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru dan Ranu Pane. Kalau berkunjung ke TNBTS harus perhatikan situasi cuaca.

37. Tugu Khatulistiwa, Pontianak-Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa via Shutterstock
Tugu Khatulistiwa via Shutterstock

Tugu Khatulistiwa merupakan tempat wisata di Indonesia tepatnya Pontianak, Kalimantan Barat. Merupakan penanda perlintasan garis khatulistiwa, dibangun secara sederhana pada tahun 1928. Kemudian disempurnakan dengan membuat duplikasi berukuran 5 kali lebih besar pada tahun 1990an.

Atraksi menarik di tempat ini adalah ketika terjadinya Hari Kulminasi Matahari. Merupakan momen dimana posisi matahari berada persis di atas garis khatulistiwa. Saat fenomena tersebut terjadi, bayangan benda hilang selama beberapa detik.

38.Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat via Shutterstock

Menjadi salah satu lokasi penyelaman bawah laut terbaik dunia, Raja Ampat memiliki keberagaman flora dan fauna bawah air yang begitu menawan. Bahkan beberapa ilmuwan meneliti, 75% terumbu karang di dunia terdapat di kepulauan satu ini. Maka dari itu, turis mancanegara banyak yang menyebut ini surga tersembunyi.

Perlu diperhatikan, untuk masuk ke kawasan ini Teman Traveler harus mendaftarkan terlebih dahulu. Jika melakukan perjalanan dari Pelabuhan Sorong bisa menggunakan kapal rakyat untuk menuju ibu kota Raja Ampat. Untuk lokasi penyelaman, bisa gunakan speedboat yang disediakan di sekitar lokasi.

39. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani di Papua via Shutterstock

Menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, Danau Sentani miliki pesona yang nggak kalah cantik dari Raja Ampat. Walau sering dikunjungi wisatawan, tempat ini masih terasa alami. Uniknya, di sekeliling danau terdapat sebanyak 22 pulau.

Jika tertarik untuk berkunjung ke sini, waktu terbaik adalah sekitar bulan Juni. Karena di bulan tersebut rutin diselenggarakan Festival Danau Sentani. Teman Traveler dapat melihat Tarian Perang khas masyarakat Papua.

40. Halmahera, Maluku Utara

Halmahera di Maluku Utara via Shutterstock

Bagi yang suka menikmati keindahan biota laut yang begitu memukau, bisa langsung datang ke Halmahera yang ada di Maluku Utara. Faktanya di sini terdapat sekitar 450 spesies terumbu karang yang ada, 56% nya dapat ditemukan di sini. Nggak heran pulau ini selalu menjadi buruan para turis mancanegara.

Salah satu pulau yang nggak boleh kelewat adalah Bobale. Walaupun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, pulau ini juga jadi destinasi favorit. Teman Traveler bisa lakukan aktivitas menarik mulai dari snorkeling, diving, atau sekedar menghabiskan waktu dengan bermain pasir di tepi pantai.

41. Labuan Bajo, Flores

Labuan Bajo di Flores via Shutterstock
Labuan Bajo di Flores via Shutterstock

Banyak yang bisa ditemukan di sini, mulai dari wisata bahari, perbukitan, pantai, dan pulau-pulau lainnya. Beberapa di antaranya yang populer adalah Pink Beach, Pulau Kanawa, Pulau Padar, dan masih banyak lagi. Dengan suasana yang begitu alami, tempat ini cocok bagi yang suka berpetualang.

Menyuguhkan pemandangan air yang begitu jernih, tak heran membuat banyak wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama dari kampung halaman. Tempat ini menjadi surga bagi pencinta diving dan salah satu spot populernya yakni Manta Point. Teman Traveler akan menjumpai ikan Manta atau yang lebih dikenal dengan ikan pari secara lebih dekat.

42. Ubud, Bali

Ubud di Bali via Shutterstock

Liburan ke Pulau Dewata sayang rasanya jika tak berkunjung ke Ubud. Dikenal akan suasananya yang begitu syahdu, daerah ini jadi lokasi yang tepat untuk hilangkan stress akibat kesibukan sehari-hari. Teman Traveler akan dimanjakan dengan suguhan area persawahan yang hijau.

Tak hanya punya keindahan alam yang begitu memukau, budaya, kuliner, dan wisata belanjanya juga patut dicoba. Wisatawan bebas berbelanja oleh-oleh seperti kerajinan tangan yang unik. Bahkan berburu kuliner organik juga sayang untuk dilewatkan.

43. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo via Shutterstock

Nah, kalau merencakan liburan ke Labuan Bajo, wajib banget untuk menapakkan kaki di Taman Nasional Komodo. Wisata yang sudah terkenal di mata dunia ini, menampilkan keunikan yang tidak dimiliki pulau lain. Maka dari itu, bertemu dengan reptil langka ini menjadi momen yang harus dibanggakan.

Komodo telah mendiami pulau ini sejak 40 juta tahun yang lalu. Teman Traveler bisa lakukan kegiatan menarik mulai dari menyaksikan komodo dari dekat, berbaur dengan warga setempat, snorkeling, bahkan melihat kelelawar di Pulau Kalong. Wah, seru banget kalau liburan ke sini ya pastinya!

44. Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Pulau Sumba via Shutterstock

Telah mendunia, Pulau Sumba yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini menampilkan kecantikan yang luar biasa. Layaknya surga tersembunyi di bumi pertiwi, keindahan alam seperti ini sangat membekas di ingatan. Fakta menariknya lagi, Sumba tak pernah dikuasai oleh bangsa manapun.

Kebayang bagaimana suasananya yang begitu alami? Teman Traveler juga dapat menyaksikan keindahan pantai, perbukitan, dan danaunya. Semakin mantap untuk menjadikan Sumba sebagai destinasi liburanmu?

45. Geopark Ciletuh, Sukabumi

Geopark Ciletuh via Shutterstock

Masuk ke dalam daftar Global Geopark Network oleh UNESCO, kawasan yang letaknya berada di Sukabumi Jawa Barat ini menyuguhkan keindahan alam yang beragam. Wisatawan dapat menemukan air terjun, sawah, ladang, hingga lautan. Nggak heran karena menyuguhkan keindahan alam yang begitu lengkap, tempat ini jadi destinasi favorit.

Sesuai dengan namanya yakni Geopark, Teman Traveler dapat menjumpai cantiknya batu-batu tua yang mengalami pelapukan bahkan juga muncul ke permukaan. Cocok baget jika dinikmati bersama keluarga atau sahabat. Siapkan kameramu untuk berfoto-foto di sini ya!

46. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur via Shutterstock

Wisata sejarah yang sudah tak asing lagi di telinga adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang. Relief yang begitu unik dan jumlah candi yang tak sedikit selalu membuat siapa saja yang datang dibuat penasaran. Menjadi mahakarya manusia terbesar, adanya candi ini menjadi tanda dan bukti pada manusia zaman dulu di bidang arsitektur, sastra, dan teknologi.

Di sini juga terdapat dua buah museum yang berisi tentang informasi seputar sejarah perdagangan Asia Afrika pada zaman dulu. Tak hanya dapat menikmati keindahan arsitekturnya, Teman Traveler juga bisa menambah pengetahuan. Tentu banyak menjadi favorit banyak orang.

47. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Mandalika via Shutterstock

Jika Lombok memang dikenal akan keindahan gili-gilinya, Mandalika juga nggak mau kalah. Untuk menarik perhatian dunia, pemerintah tengah membangun resort dan infrastruktur lainnya. Bahkan kecantikan pantai-pantainya nggak kalah menarik dengan yang ada di Bali.

Lokasi ini juga menjadi tempat sempurna untuk berselancar. Terutama di Pantai Ubrug. Tak hanya punya pemandangan yang begitu menawan, ombak besarnya pun cukup menantang.

48. Pulau Pahawang, Lampung

Pulau Pahawang via Shutterstock

Nggak cuma Way Kambas, Pulau Pahawang juga ikut unjuk gigi. Gugusan pulau di Lampung ini memiliki keindahan bawah laut yang bisa dinikmati para wisatawan. Tentu, biota laut yang dimiliki mempunyai keunikan tersendiri.

Letak dari pulau ini sendiri berada di wilayah administrasi Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran yang terletak di Teluk Pinduh. Ekosistem lautnya pun masih tetap terjaga hingga kini. Menariknya lagi, nggak hanya bisa menikmati keindahan alam yang begitu menawan, Teman Traveler bisa berburu kuliner laut yang menggoda.

49. Wamena, Papua

Wamena di Papua via Shutterstock

Tempat wisata di Indonesia selanjutnya adalah Wamena yang merupakan sebuah kota terbesar yang terletak di tengah pegunungan Papua. Kota ini merupakan surga dan mutiara yang belum banyak tersentuh tangan manusia. Wamena terletak di lembah dan dialiri oleh sungai Baliem serta diapit oleh pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian sekitar 1800 meter.

Berada di kawasan yang tinggi, tentu udara yang dimiliki sangat sejuk. Pepohonan hijau dan lanskap pegunungan dari kejauhan sungguh memanjakan mata. Teman Traveler bisa mengunjungi desa adat Pugima, Gua Contilola, dan Kebun Raya Wamena.

50. Tanah Lot, Tabanan

Tanah Lot via Shutterstock

Berkunjung ke Pulau Dewata tentu tak lengkap jika belum mengunjungi pura megahnya. Salah satu lokasi wajib untuk disambangi adalah Tanah Lot. Di destinasi yang berada di Tabanan ini, pengunjung bisa menyaksikan sendiri Pura Tanah Lot yang megah dan begitu mengagumkan.

Pura Tanah Lot terasa istimewa karena berada di atas batu karang raksasa hasil bentukan deburan ombak besar selama berpuluh-puluh tahun. Objek wisata ini termasuk populer di kalangan turis. Selain daya tarik budayanya, panorama di sekitar sini juga sangat indah.

51. Monkey Forest, Ubud

Monkey Forest Ubud via Shutterstock

Mandala Suci Wenara Wana lebih populer di telinga wisatawan dengan nama Monkey Forest Ubud. Tempat ini merupakan habitat asli kera ekor panjang khas Bali atau macaca fascicularis. Ada lebih dari 700-an kera hidup di lokasi yang dipadati pepohonan rimbun ini.

Selain melihat langsung tingkah polah para kera, pengunjung juga bisa mengunjungi tiga pura di dalam kawasan Monkey Forest. Lokasinya masuk dalam wilayah Desa Padangtegal, dan kini memegang peran vital dalam pengembangan spiritual, ekonomi, dan edukasi masyarakat sekitar.

52. Nusa Lembongan, Bali

Nusa lembongan seaweed farming in Bali, Indonesia (c) Shutterstock
Nusa Lembongan via Shutterstock

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil di bagian tenggara Bali. Belakangan sudah jadi salah satu destinasi wisata populer bagi turis di Pulau Dewata. Suasananya jauh lebih syahdu dibanding Bali Selatan, yang dari hari ke hari kian padat oleh wisatawan lokal maupun asing.

Ada banyak kegiatan menarik bisa dilakukan di Nusa Lembongan. Selain berselancar, pengunjung juga bisa mengisi waktu dengan menyelam atau snorkeling. Sejauh mata memandang, hanya akan terlihat lautan elok berwarna biru terang.

53. Candi Prambanan, Jogja

Prambanan Temple. via Shutterstock.
Candi Pramabanan via Shutterstock

Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindhu dari era keemasan Kerajaan Mataram. Mereka sempat menguasai wilayah Jawa bagian tengah dan menaklukkan Dinasti Sailendra.

Masif dan megahnya Candi Prambanan membuat UNESCO memasuk situs ini dalam daftar warisan dunia, meski popularitasnya kerap kalah dengan Candi Borobudur. Sangat layak dikunjungi, apalagi di waktu-waktu tertentu Prambanan bakal menggelar pertunjukan sendratari Ramayana.

54. Gunung Merapi, Jogja

Aerial Lava Tour Merapi with Jeep of Merapi Lava Tour adventure - one good recreation for family or group of tour in Yogyakarta Indonesia (c) SHutterstcok
Pemandangan di sekitar Merapi via Shutterstcok

Merapi merupakan gunung api yang terletak di Jawa tengah, berada di wilayah Jogjakarta dan Solo. Pemandangan di sekitarnya sungguh menakjubkan. Wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup jika sedang berada di sekitar Kota Gudeg atau Kota Batik.

Pengunjung juga bisa menjajal asyiknya bertualang di sekitar lereng Merapi sambil menumpang mobil jeep. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan diajak mengunjungi beberapa spot menarik seperti bunker bencana dan batu berbentuk alien.

55. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana via Shutterstock

Setelah menanti hampir 30 tahun, Garuda Wisnu Kencana akhirnya rampung pada akhir 2018 silam. Monumen yang terinspirasi dari makhluk dalam filosofi Hindhu tersebut kini masuk dalam jajaran lima patung tertinggi dunia. Saking masifnya, wisatawan bisa melihat wujud Garuda Wisnu Kencana dari sejak mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Selain mengagumi masifnya monumen karya I Nyoman Nuarta, di kompleks GWK ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Selain berkeliling menggunakan bus mini khusus, pengunjung bakal dimanjakan pertunjukan di amfiteater, indahnya lotus pond, atau film di Garuda Cinema.

56. Jalan Malioboro, Jogja

busy street of malioboro in Yogyakarta city (c)Shutterstock
Suasana Malioboro di malam hari via Shutterstock

Kawasan Jalan Malioboro adalah salah satu destinasi wisata populer di Jogja. Tiap sudutnya hampir selalu dipadati turis dari waktu ke waktu. Selain dekat dengan Benteng Vredeburg dan kawasan Keraton, di sini pengunjung juga bisa menemukan sederet penjaja kuliner tradisional dan aksesoris khas Jogja.

Pemerintah Jogja terus mengembangkan kawasan Maliboro dalam beberapa tahun terakhir. Belakangan, jalanan di sini sudah ditetapkan bebas kendaraan bermotor. Selain itu kini sudah ada deretan Patung Bedjokarto yang jadi daya tarik anyar bagi para pengunjung.

57. Monumen Nasional (Monas), Jakarta

Monas via Shutterstock

Monas merupakan salah satu landmark ikonik di Jakarta pusat. Bentuknya melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia. Dibuka sejak 1975, bangunan ini berdiri megah dengan bagian apinya berlapis emas.

Selain jadi destinasi wisata, Monas juga termasuk salah satu ruang publik populer di Jakarta. Warga sekitar seringkali memanfaatkannya untuk berolahraga maupun bersantai di akhir pekan. Jika ingin merasakan atmosfer kehidupan ibu kota, Monas jelas pantang dilewatkan.

58. Taman Sari, Jogja

Wisata Taman Sari yang asri, Via Shutterstock
Wisata Taman Sari yang asri via Shutterstock

Jogjakarta punya sederet destinasi wisata yang pantang dilewatkan. Beberapa di antaranya merupakan bangunan berarsitektur rumit nan indah, peninggalan dari era keemasan keraton. Taman Sari merupakan salah satunya.

Kawasan ini dulunya dimanfaatkan sebagai pemandian keluarga kerajaan, termasuk para permaisuri dan dayang-dayang. Kini, Taman Sari menjadi lokasi pantang terlewatkan di Kota Gudeg. Ada banyak foto menakjubkan bisa dihasilkan di tempat bersejarah ini.

59. Taman Mini, Jakarta

Istana Anak Anak Playcentre in Taman Mini Indonesia Park. (c) Shutterstock
Istana Anak Anak Playcentre in Taman Mini Indonesia Park via Shutterstock

Taman Mini Indonesia adalah sebuah area rekreasi bertemakan budaya di Jakarta Timur. Luasnya mencapai 101 hektar dan diisi beragam wahana yang menggambarkan kehidupan sehari-hari suku-suku di Indonesia. Di sini juga terdapat danau buatan dengan replika wilayah Nuantara di atasnya.

Pengunjung juga bisa merasakan keseruan lain selama berada di Taman Mini. Mulai dari melihat panorama ketinggian dengan naik kereta gantung, hingga menyaksikan pertunjukan film di teater Keong Mas. Cocok dijadikan destinasi liburan keluarga di akhir pekan.

60. Tangkuban Perahu, Bandung

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu via Shutterstock

Gunung Tangkuban Perahu berjarak sekitar 25 kilometer di utara Bandung. Salah satu tempat wisata populer di Indonesia ini menawarkan beragam kegiatan seru. Mulai dari sekedar menikmati panorama elok di sekitar gunung, hingga mencoba menyusuri bagian sekitar kawah serta menjelajah kawasan hutan rimbun.

Selagi berada di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kawah Domas. Di sini pengunjung bisa menemukan sebuah sumber air panas, yang saking panasnya sampai bisa dimanfaatkan memasak telur rebus. Fasilitasnya di sekitar kawasan Tangkuban Perahu termasuk lengkap, mulai dari area parkir, kios suvenir, dan restoran.

61. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Menyusuri Sungai Sekonyer
Menyusuri Sungai Sekonyer via Shutterstock

Tanjung Puting adalah salah satu destinasi wisata populer di Kalimantan Tengah. Pengunjung bisa menyaksikan orang utan berkeliaran bebas di sini. Liburan akan terasa berkesan sembari menyusuri sungai di tengah kawasan hutan rimbun. Dijamin bakal hadirkan pengalaman tak terlupakan.

Wisatawan akan diajak mengamati ekosistem alami di sepanjang aliran Sungai Sekonyer. Istimewanya lagi, perjalanan akan dilakukan menggunakan kapal klotok yang dilengkapi fasilitas lumayan mewah. Begitu sampai di tujuan akhir, pengunjung bakal bisa belajar lebih banyak soal kehidupan dan pentingnya konservasi orang utan.

Puluhan tempat wisata di Indonesia di atas, gambaran keindahan nusantara yang takpernah berhenti membuat banyak orang terpesona. Di antaranya, mana yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi? Atau adakah yang sangat ingin sekali dikunjungi?