61 Tempat Wisata di Indonesia, Pancaran Keindahan Nusantara

Advertisement
Advertisement

6. Sungai Kampar, Riau

Tantang Adrenalin di Sungai Kampar via Instagram/ sitishahiraa

Teman Traveler suka berselancar? Kalau begitu jangan lewatkan untuk berwisata ke Sungai Kampar, Riau! Sungai ini terkenal memiliki ombak yang cukup menantang setinggi 6 meter.

Berdasarkan kriteria tersebut, sungai yang berada di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau ini merupakan destinasi yang cocok untuk para adrenalin junkie. Siap menaklukkan ombaknya? Agendakan segera!

7. Candi Muaro Jambi, Jambi

Candi Muaro Jambi, Wisata Sejarah dan Budaya di Jambi via Instagram/fuzilestarr

Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi Hindu-Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu destinasi wisata sejarah, Candi Muaro Jambi terdiri atas nilai-nilai perpaduan antara Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Menurut perkiraan, candi ini sudah berdiri sejak ada 11 Masehi.

Tempat wisata di Indonesia yang diresmikan pada 2012 lalu sebagai KWST (Kawasan Wisata Sejarah Terpadu) ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Mereka penasaran dengan salah satu pusat tempat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana yang ada di negara ini.

8. Museum Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin Menyimpan Berbagai Koleksi via Instagram/ yulitamus

Terkenal dengan Jembatan Ampera yang masih kokoh berdiri meski usianya sudah sangat tua, Palembang juga memiliki beberapa destinasi wisata menyenangkan. Khususnya bagi pecinta sejarah dan budaya. Salah satunya adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin.

Museum ini merupakan peninggalan Belanda yang menyimpan berbagai koleksi benda unik peninggalan berbagai bidang. Seperti peninggalan dari bidang biologi, etnografi, arkeologi, keramikologi, seni rupa hingga numismatika. Museum berlantai dua ini juga memiliki koleksi budaya Melayu seperti pakaian adat, uang kuno, alat musik dan kain songket.

9. Fort Marlborough, Bengkulu

Meriam di Dalam Fort Marlborough, Bengkulu via shutterstock.com

Benteng Fort Marlborough adalah destinasi wisata sejarah yang masih menjadi favorit wisatawan di tahun 2019. Benteng ini merupakan peninggalan Inggris yang dibangun oleh EIC (East India Company) pada 1713 lalu. Pada masa itu, ia berfungsi sebagai titik pertahanan Inggris dari musuh.

Benteng yang berdiri di lahan seluas 44.000 meter persegi ini memiliki ketinggian dari 8-8,5 meter. Di bagian dalam benteng, terdapat beberapa bangunan dengan atap segitiga. Disebutkan bahwa Fort Marlborough merupakan benteng terkuat kedua yang dibangun oleh Inggris di wilayah Timur. Luar biasa!

10. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Sekolah Gajah Way Kambas via shutterstock.com

Pertama kali dibangun pada 1985, Taman Nasional Way Kambas adalah tempat yang tepat untuk melihat gajah-gajah lebih dekat. Diresmikan sebagai sekolah gajah pertama di Indonesia, tempat ini merupakan balai konservasi sekaligus pelatihan gajah.

Di lokasi yang sama juga terdapat International Rhino Foundation yang dibangun sebagai kawasan penangkaran badak dari ancaman kepunahan. Agendakan untuk main ke sini saat liburan ke Lampung ya!

Advertisement
Tags
Indonesia tempat wisata di indonesia tempat wisata indonesia Wisata
Share