Sungai Serayu Banjarnegara, Arena Uji Nyali dan Ketangkasan

Indah Rahmasari

Indah Rahmasari

On Indonesia
Serunya rafting di Serayu Serunya rafting di Serayu

Sungai Serayu menawarkan beragam keindahan alam nan memukau. Menyandang status terpanjang dan terluas di Jawa Tengah, sungai ini melintasi lima kabupaten sekaligus dan mendapatkan sumber air dari lereng Gunung Perahu di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.

Keberadaan Serayu juga menjadi ikon Banjarnegara, lantaran sebagian besar alirannya berada di kawasan tersebut. Dari sisi wisata, tiap tahunnya sungai ini menggelar festival tahunan dan dikenal dengan pesona wisata arung jeramnya. Sangat cocok bagi yang ingin menguji adrenalin.

Menjajal Serayu Lewat Miniatur Ekspedisi

Serunya jelajah Serayu (c) Tim Lawe Alas XPDC Himapala Unesa/Travelingyuk

Saya sendiri sempat merasakan serunya menaklukkan Serayu lewat kegiatan try out untuk persiapan ekspedisi Lawe alas bersama UKM Himpala Unesa. Kala itu kami melakukan miniatur ekspedisi dengan membawa peralatan sendiri dari Surabaya.

Perahu karet kami bawa menggunakan bus, sementara dayung, pelampung, dan helm langsung kami kenakan saat hendak naik kereta. Alhasil, kami pun sempat jadi pusat perhatian ketika berada di Stasun Gubeng.

Pengarungan Selama Lima Jam

Mengarungi sungai (c) Tim Lawe Alas XPDC Himapala Unesa/Travelingyuk

Pengarungan kami lakukan dari Belimbing dan berakhir di Singomerto. Jaraknya yang ditempuh sekitar 26 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih lima setengah jam. Kala itu tim dibagi dalam tiga perahu dan menggunakan formasi 5-5-4.

Menariknya, para anggota perempuan ditempatkan dalam satu perahu, termasuk saya. Kami diberi kepercayaan untuk saling bekerja sama dalam mengendalikan perahu karet.

Sebelumnya kami sudah meminta izin, meyakinkan bahwa kami sudah cukup terlatih, meski kala itu masih buta sama sekali tentang karakteristik Serayu. Akhirnya diperbolehkan berada dalam satu perahu, sembari didampingi perahu rescue dari operator arung jeram setempat.

Rafting Aduhai di Serayu

Arus menantang (c) Tim Lawe Alas XPDC Himapala Unesa/Travelingyuk

Pengalaman rafting di Serayu sungguh aduhai nikmatnya. Meski demikian, sempat terbit kecemasan saat tim ladies hendak terjun. Kala itu kami saling menguatkan dan percaya akan peran masing-masing di atas perahu. Hal ini penting untuk membentuk dayungan yang seirama.

Jeram di Serayu benar-benar memukau. Baru saja mulai, kami disambut banyak standing wave (gelombang besar yang dijadikan arus utama dan berpotensi membalikkan perahu). Tak hanya itu, sungainya cukup lebar, dihias bebatuan besar dan diapit tumbuhan hijau yang menambah kesegaran.

Aliran air cukup deras (c) Tim Lawe Alas XPDC Himapala Unesa/Travelingyuk

Di beberapa titik terdapat batuan besar di tengah sungai, membuat kami harus ekstra hati-hati dalam mengendalikan perahu. Salah langkah, bisa-bisa perahu kami mengalami wrap atau tersangkut. Kemungkinan terburuk, perahu terbalik, kami terseret jeram, dan terbentur batuan.

Alhamdulillah, semesta kala itu masih merestui kami. Rombongan kami dapat melintasi jeram dengan baik dan menikmati goyangan perahu. Percikan air yang mengguyur tubuh kami justru menambah sensasi segar yang menyenangkan.

Liburan Spesial

Penginapan bergaya joglo (c) Tim Lawe Alas XPDC Himapala Unesa/Travelingyuk

Sungai Serayu memang sangat tepat dijadikan arena menguji nyali dan ketangkasan. Tak hanya fisik dan mental, kemampuan dalam mempersiapkan kegiatan juga diasah di sini. Semuanya jadi modal berarti bagi kami sebelum menjalani ekspedisi Lawe Alas.

Bagi Teman Traveler yang belum pernah menjalani arung jeram sebelumnya, tak perlu berkecil hati. Kalian bisa menjajal serunya sensasi tegang nan asyik dengan mengambil paket yang disediakan operator lokal.

Asyiknya arung jeram di Serayu (c) Tim Lawe Alas XPDC Himapala Unesa/Travelingyuk

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sekitar wisata Banjarnegara ini, Teman Traveler bisa menginap di joglo berasitektur Jawa Kuno dengan dinding kayu. Lokasinya tepat berada di pinggiran Sungai Serayu. Ada juga rumah makan dengan beragam menu menggugah selera. Dijamin liburan kalian bakal terasa spesial.

Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang tertarik menguji adrenalin di Sungai Serayu, salah satu wisata Jawa Tengah andalan satu ini dalam waktu dekat? Ajak semua sahabatmu, ya.