Sungai Musi Ikon Kota Palembang Kebanggaan Indonesia, Ada Apa Saja?

Sungai Musi ikon Kota Palembang sekaligus kebanggaan Indonesia, saat ini sedang menjadi saksi bagi pagelaran Asian Games 2018. Di balik kokohnya, ia punya cerita. Di balik segala yang terjadi di atasnya, Sungai Musi punya sejarah dan keindahan yang tidak dimiliki oleh sungai lain di Indonesia.

1. Fakta Sungai Musi

Sungai Musi Ikon Kota Palembang
Sungai Musi Ikon Kota Palembang via Instagram/sirwidi

Sungai Musi terletak di Sumatera Selatan. Dengan panjang 750 km, Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ikon Kota Palembang ini membelah dua bagian Kota Palembang. Yaitu Sebrang Ulu di bagian selatan dan Sebrang Ilir di bagian utara. Mata air Sungai Musi ada di Provinsi Bengkulu, tepatnya di daerah Kapahiang. Saking panjangnya, ada 8 sungai lain yang bermuara ke Sungai Musi, yaitu Sungai Leko, Sungai Lakitan, Sungai Ogan, Sungai Semangus, Sungai Lematang, Sungai Kelingi, Sungai Rawas, dan Sungai Komering.

2. Keindahan Sungai Musi

Keindahan Sungai Musi
Keindahan Sungai Musi via Instagram/naren_js

Pada zaman dahulu, Sungai Musi merupakan pusat perdagangan. Ikon Kota Palembang ini menjadi pusat transaksi untuk beberapa kegiatan dagang yang dilakukan oleh pedagang-pedagang dari Tiongkok, India dan Jawa. Sisa-sisa cerita sejarah yang terjadi pada Sungai Musi ini menjadi daya tarik yang menambah keindahan Sungai Musi. Dengan lebar 300 meter, Sungai Musi memberikan pemandangan layaknya laut yang lebar. Teman Traveler bisa menikmati Sungai Musi ikon Kota Palembang ini dengan menyusurinya menggunakan perahu.

3. Tur Sungai Musi

Jembatan Ampera dan Sungai Musi
Jembatan Ampera dan Sungai Musi via Instagram/naren_js

Potensi Sungai Musi sebagai komoditas pariwisata Kota Palembang dikelola dengan baik oleh masyarakatnya. Untuk menikmati Sungai Musi, Teman Traveler bisa melakukan tur Sungai Musi menggunakan perahu motor, cetek atau ketek yang banyak disediakan oleh penyewa. Melakukan tur Sungai Musi, para pengunjung akan diajak menyusuri situs-situs di sepanjang Sungai Musi. Antara lain Pulau Kemaro, kuil-kuil di pinggir sungai, dan makam Ratu Bagus Kuning.

4. Kuliner di Sepanjang Sungai Musi

Restoran Terapung Sungai Musi
Restoran Terapung Sungai Musi via Instagram/jabbaralfikri

Wisata kuliner di sepanjang Sungai Musi, akan memberikan pengalaman baru untuk siapa saja. Bagaimana tidak, Teman Traveler akan menemukan banyak restoran terapung yang menjajakan aneka makanan khas Palembang. Restoran Kapal Terapung yang terletak di pinggiran Sungai Musi ikon Kota Palembang ini mampu menampung 15 hingga 20 pengunjung. Jika makan di sini, jangan lupa untuk memesan menu-menu khas yang tidak ditemui di tempat lain seperti Pidang Pegagan. Selain Pindang Pegagan, Teman Traveler juga bisa menikmati Pindang Ikan Gabus atau Pindang Tulang Sapi dengan harga yang cukup terjangkau. Bukan hanya resto terapung, di sini juga terdapat resto-resto modern dengan menu yang lengkap.

Keindahan Indonesia memang tak ada habisnya, ya. Khususnya Sungai Musi Palembang yang cantik saat siang dan malam hari. Bagaimana, kapan mau ke Palembang?

Tags
Indonesia Palembang sungai musi Wisata wisata palembang
Share