Identitas Indonesia Melalui Pagelaran Asian Games 2018, Impresif!

Meskipun telah berada di detik-detik terakhir, hingga kini euforia Asian Games 2018 masih terasa kuat. Atlet Indonesia mampu mengumpulkan sejumlah 90 medali, (31/08/2018). Terdiri dari 30 medali emas, 23 medali perak, dan 37 medali perunggu. Tak hanya medali, Indonesia juga menyajikan beberapa Pagelaran Asian Games 2018 dari pembukaan hingga pesta ini akan berakhir. Serunya lagi, penampilan tersebut juga mewakili identitas nusantara.

Dekorasi Gunung di Stage

Stage upacara pembukaan Asian Games via serpongku.com

Pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno memang menjadi event yang luar biasa. Panggung dengan berat total 600 ton, panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter. Melalui event ini wajah Indonesia juga ditampilkan. Seperti dekorasi panggung dengan  air terjun yang dialiri 140.000 liter air dan replika gunung sebesar 1.350 meter persegi. Hal tersebut menggambarkan jika Indonesia merupakan negara tropis dengan ragam alam yang luar biasa. Pagelaran Asian Games 2018 yang ini membuat Indonesia menjadi bahan perbincangan di negara-negara lain.

Kostum Tarian Adat yang Luar Biasa

Tari Ratoh Jaroe via REUTERS/Athit Perawongmetha

Tak hanya memiliki desain panggung yang megah, kostum yang digunakan penari adat pun dapat memukau penonton. Salah satu tarian Indonesia, Ratoh Jaroe, memiliki keunikan tersendiri. Karena ribuan penari dapat mengganti kostumnya hanya dalam hitungan detik tanpa berpindah tempat. Tak hanya satu kali, kostum penari tersebut berganti warna dari abu-abu, jingga, ungu, dan warna lain. Selain Ratoh Jaroe, ada banyak tari tradisional lainnya dalam mengisi Pagelaran Asian Games 2018.

Poco-poco Tembus Rekor Dunia

Poco-poco memecahkan Guinness World of Record via merdeka.com

Menjelang gelaran Asian Games 2018, Indonesia berhasil memecahkan rekor Guinness World Record. Kawasan Monas hingga Thamrin, menjadi saksi pemecahan rekor dunia Tari Poco-Poco. Sebanyak 65.000 orang berkumpul untuk melakukan tarian tersebut. Tak hanya masyarakat sipil, beberapa pejabat negara pun juga turut serta meramaikan kegiatan ini, termasuk Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Opening Ceremony dengan Ragam Budaya

Tarian di pembukaan Asian Games via AP Photo / Lee Jin-Man

Upacara pembukaan Asian Games tak hanya megah di panggung saja. Pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus kemarin, juga menjadi ajang pengenalan budaya Indonesia kepada khalayak internasional. Berbagai macam budaya ditampilkan dalam panggung seluas 1.350 meter persegi. Kemegahan panggung tersebut mampu menampung sebanyak 1.600 penari di atasnya. Biar makin cinta tanah air, ini dia tarian tradisional Asian Games 2018.

Pencak Silat Pertama Kali di Asian Games

Desain panggung dengan gunung dan air terjun via bolasport.com

Meski telah dipertandingkan sejak tahun 1987 di Sea Games, tahun ini pencak silat baru menjadi cabor resmi dalam Asian Games. Padahal pencak silat ini sendiri merupakan salah satu bela diri khas Indonesia yang telah diakui sebagai bentuk olahraga pada tahun 1948. Bukan hanya menjadi olah raga, status pencak silat sebagai bela diri tradisional juga menjadikan pencak silat sebagai identitas Indonesia.

Perjuangan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games bukanlah hal yang mudah. Menjelang tahun 1962, Indonesia harus mempersiapkan fasilitas besar-besaran demi menjadi tuan rumah Asian Games IV yang pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Apa momen Asian Games yang paling menarik untuk Teman Traveler?

Tags
Asian Games Budaya Indonesia Wisata
Share