Soto Sutri Kuliner Legendaris Sokaraja, SBY pun Pernah Cicipi

Sokaraja selama ini dikenal banyak orang sebagai destinasi religi berkat keberadaan Masjid Kauman. Namun sebenarnya, kota di Banyumas ini punya potensi wisata kuliner yang luar biasa. Hal ini terbukti dengan adanya Soto Sutri yang sudah begitu melegenda.

Kaldunya yang khas, ditambah sambal kacang sebagai pelengkap, membuat Soto Sutri kian mengukuhkan posisi sebagai kuliner legenda di Sokaraja. Tak heran jika hidangan satu ini lumayan punya banyak penggemar. Bahkan mantan Presiden SBY pun konon pernah mencicipi.

Kuliner Warga Lokal

Soto andalan Sokaraja
Soto andalan Sokaraja via Instagram wen_saja

Meski berstatus kuliner legendaris, mungkin hanya warga asli Sokaraja yang bisa menemukan lokasi Soto Sutri dengan mudah. Lokasi warung sebenarnya cukup jelas, hanya saja agak sulit dicari dengan cepat karena sedikit tersembunyi. Butuh ketelitian dan kesabaran.

Warung Soto Sutri berdiri di Jl Pramuka. Bagi yang berangkat dari arah Purwokerto, langsung belok kiri di tikungan tajam pertama yang ditemui begitu memasuki Sokaraja. Setelah perjalanan sekitar 200 meter, usaha kuliner yang sudah cukup terkenal tersebut bakal terlihat.

Berdiri Sejak Tahun 80-an

Soto Sutri
Soto Sutri via Instagram jenifer.gunawan

Nama Sutri berasal dari ibu Sutriyah, pemilik usaha soto nikmat ini. Masyarakat sekitar sering menyapanya dengan panggilan Sutri, hingga akhirnya muncul nama Soto Sutri.

Warung soto khas Sokaraja ini sudah buka sejak 1984, maka tak heran jika hingga kini mereka punya banyak pelanggan setia. Para penikmat setia soto buatan Bu Sutri biasanya sudah rela antre sejak warung buka pada pukul sembilan. Jangan coba-coba mampir siang atau sore hari, karena biasanya tak ada lagi soto tersisa.

Sambal Kacang yang Khas

Sambal kacang jadi salah satu ciri khas
Sambal kacang jadi salah satu ciri khas via Instagram enosahdini

Dari segi komposisi, tak ada yang terlalu unik dari Soto Sutri. Semangkuk soto hadir dengan komponen potongan dagng sapi, bawang goreng, daun bawang, tauge, dan kerupuk. Bahan-bahan tersebut lantas disiram kaldu lezat kaya rempah.

Satu hal yang jadi kekhasan soto ini adalah kehadiran sambal kacang. Adonan pedas cabai dan kacang tersebut konon akan memberikan sensasi rasa yang luar biasa nikmat. Hal inilah yang membuat soto racikan Sutriyah berbeda dari hidangan sejenis lainnya.

Presiden SBY Pernah Mencicipi

Soto langganan para pejabat
Soto langganan para pejabat via Instagram mgriya_hotel

Kelezatan Soto Sutri sudah begitu tersohor hingga terdengar sampai ke berbagai penjuru di Pulau Jawa. Tak perlu terkejut jika menemukan banyak pejabat tinggi makan di sini. Sederet pejabat daerah Banyumas, anggota kepolisian, TNI, bahkan sekelas menteri, pernah mencicipi nikmatnya soto daging plus sambal kacang.

Bahkan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun juga sempat mampir ke sini untuk bersantap siang. Tentunya hal ini semakin mengukuhkan status warung Bu Sutriah sebagai salah satu kuliner legendaris di Sokaraja, Banyumas.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai kelezatan Soto Sutri yang sudah melegenda. Jika kebetulan sobat traveler sedang mampir ke Banyumas atau Sokaraja, sempatkanlah mampir sejenak untuk merasakan nikmatnya soto racikan Bu Sutriyah.

Tags
Banyumas kuliner Wisata Kuliner
Share