Camilan Lebaran Khas Betawi, Rasanya Enak Bikin Semarak Idul Fitri

Advertisement

Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu banyak orang, terutama umat Islam yang merayakannya. Untuk menyambut Hari Kemenangan ini, jauh-jauh hari orang mempersiapkan berbagai sajian, bisa kue ataupun juga berbagai masakan. Orang-orang Betawi juga memiliki camilan khas yang disuguhkan saat lebaran datang. Inilah 7 camilan lebaran khas Betawi yang bisa menjadi inspirasi menu disuguhkan untuk para tamu nanti.

Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa, Via Instagram jajanan_rangkas
Kue akar kelapa, Via Instagram jajanan_rangkas

Kue akar kelapa merupakan kue kering yang berasal dari Betawi. Nama akar kelapa ini diambil lantaran bentuk kuenya menyerupai akar kelapa. Rasanya gurih legit dengan tekstur crunchy atau garing. Biasanya, kue akar kelapa ini disajikan bersama dengan kacang goreng. Salah satu kue khas Betawi yang hampir selalu ada untuk memeriahkan suasana Idul Fitri.

Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang, Via Instagram dianrunna
Kue biji ketapang, Via Instagram dianrunna

Kue asli dari Betawi lainnya bernama kue biji ketapang. Ini merupakan kue tradisional yang metode pengolahannya dengan cara digoreng. Bahan-bahan untuk membuat kue biji ketapang adalah tepung terigu, parutan kelapa, telur ayam, dan beberapa bahan lainnya. Citarasa dari kuliner satu ini adalah dominan gurih lantaran kelapa parut dan santan di dalamnya.

Kue kembang Goyang

Kue kembang goyang, Via instagram acchiasri_foodslab
Kue kembang goyang, Via instagram acchiasri_foodslab

Sepertinya lebaran di Betawi akan sangat kurang jika tidak ada kue satu ini, kembang goyang. Ada yang menyebutnya sebagai kue antari ataupun juga kue matahari. Citarasanya manis, gurih dengan tekstur renyah yang bikin sumringah. Kembang goyang ini merupakan kuliner yang berbahan dasar tepung beras dengan bahan lainnya. Sangat nikmat disantap dengan minuman hangat.

Dodol Betawi

Dodol Betawi, Via Instagram dodolbetawi
Dodol Betawi, Via Instagram dodolbetawi

Jika sebelumnya sudah ada kue dengan tekstur renyah, ada pula dodol khas Betawi yang juga biasanya menjadi sajian lebaran. Pilihan rasa dodol betawi hanya sedikit saja, dan inilah yang membuatnya seperti eksklusif. Ada rasa ketan putih, ketan hitam dan juga durian. Proses pembuatannya sangat rumit. Meskipun begitu kala lebaran Idul Fitri tiba, kuliner ini laris manis diburu banyak orang.

Manisan Kolang Kaling

Manisan kolang kaling, Via Instagram chindeginaring
Manisan kolang kaling, Via Instagram chindeginaring

Kudapan lain yang biasa disajikan saat lebaran oleh orang-orang Betawi adalah manisan kolang kaling. Ini merupakan kolang kaling yang biasanya dijadikan minuman saat puasa. Manisan kolang kaling ini memiliki warna yang cantik karena memang diberi pewarna makanan. Ada merah, hijau, dan juga kuning. Pewarna yang digunakan juga aman, biasanya hijau menggunakan daun pandan, merah menggunakan stroberi dan kuning dari labu kuning. Camilan yang sangat digemari anak-anak saat lebaran, kenyal-kenyal enak.

Tape Uli

Tape uli, Via Instagram dedesdr
Tape uli, Via Instagram dedesdr

Ini merupakan kuliner yang terdiri atas dua jenis makanan, yakni tape yang terbuat dari beras ketan hitam dan uli yang terbuat dari beras ketan putih yang ditumbuk. Tape uli merupakan kuliner yang biasanya selalu ada saat lebaran tiba. Orang-orang cukup menggemarinya, terutama mereka para orang tua. Untuk rasanya adalah perpaduan antara asm, manis, dan sedikit gurih.

Kue Satu

Kue satu, Via Instagram irfach
Kue satu, Via Instagram irfach

Kue satu atau kue satru juga merupakan sajian lebaran masyarakat Betawi lainnya. Ini merupakan kue yang pengerjaanya cukup rumit. Kue satu perlu dicetak satu per satu pada cetakan kayu lalu diketuk-ketuk cetakannya hingga kuenya nanti keluar. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat kue satu ini adala tepung kacang hijau dan gula pasir halus. Rasanya benar-benar membuat terpikat, kamu akan ketagihan saa mencobanya.

Ada banyak camilan lebaran khas Betawi yang bisa untuk dicoba jika merayakannya di Jakarta ya. Mana nih kue yang pernah kamu coba sebelumnya?

Advertisement
Tags
Betawi camilan lebaran betawi Indonesia Jakarta Jawa Barat kuliner betawi
Share