Segarnya Wisata Kali Adem Senduro, Destinasi Tersembunyi di Lumajang

Advertisement

Lumajang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan gunung Semeru dimana gunung ini menjadi paling aktif di Indonesia. Tanpa dipungkiri, banyak wisata yang bertebaran dikaki gunung Semeru mulai dikenal banyak traveler. Namun, ada beberapa yang tergolong tersembunyi sehingga kualitas dari destinasi tersebut cukup asri dan pastinya hening jauh dari hiruk piruk keramaian kota.

Wisata alam kali adem lumajang adalah sebuah sumber air yang sangat jernih dan segar
Wisata alam kali adem lumajang adalah sebuah sumber air yang sangat jernih dan segar. Foto via visitlumajang.com

Bagi kamu traveler sejati, pastinya survive di area wisata menjadi pengalaman tersendiri. Nah, di Lumajang ada salah satu wisata yang cukup indah untuk dinikmati yaitu Wisata Alam Kali Adem. Rasanya nama ini seperti daerah wisata di Yogyakarta yang cukup terkenal. Namun bedanya, wisata di Lumajang ini merupakan wisata sumber air dengan suasana asri dan sejuk serta segar.

Salah satu spot unik untuk emngabadikan momen di wisata alam Kali Adem Lumajang
Salah satu spot unik untuk emngabadikan momen di wisata alam Kali Adem Lumajang. Foto via nativeindonesia.com

Wisata Alam Kali Adem ini berlokasi di Dusun Tempuran Desa Senduro Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Tak jauh dari pusat kota Lumajang hanya membutuhkan waktu 30 menit perjalanan. Uniknya, sumber sir segar ini terletak disebuah [erkebunan milik warga. Sehingga akses jalan menuju lokasi wisata hanya bisa dilewati dengan jalan kaki. Pastinya menjadi sajian indah bila menembus area perkebunan warga.

Wisata Alam Kali Adem menyajikan kolam dengan sumber air jernih yang menyegarkan
Wisata Alam Kali Adem menyajikan kolam dengan sumber air jernih yang menyegarkan. Foto via jawapos.com

Nah, untuk kamu yang berkunjung memakai kendaraan roda empat, jangan khawatir, warga sudah menyediakan lahan untuk parkir roda empat. Akses jalan memang sangat terjal dan curam, lantaran lika-likunya membuat jalanan terlihat ekstrim, namun tetap memiliki petunjuk arah yang jelas. Dari tempat parkir, kamu masih diharuskan berjalan kaki selama 30 menit. Namun kamu akan ditemani pepohonan besar sehingga tetap sejuk, apalagi kawasan ini merupakan area perbukitan sehingga suhu udara terasa cukup segar.

Area dengan hamparan pepohonan rindang seperti bambu dan beberapa pohon besar menjadikan lokasi sangat rindang dan adem
Area dengan hamparan pepohonan rindang seperti bambu dan beberapa pohon besar menjadikan lokasi sangat rindang dan adem. Foto via nativeindonesia.com

Aktivitas yang biasa dilakukan di Wisata Alam Kali Adem ini tak lain adalah berendam dan berenang. Waktu terbaik untuk berendam di wisata ini adalah siang hingga sore hari. Kamu akan merasakan kesegaran tiada tara ketika cuaca sedang terik akan sinar matahari. Kesegaran ini akan kamu dapatkan lantaran pepohonan besar menyelimuti area sumber Kali Adem.

serunya bermain air bersama kawanan di wisata alam kaliadem Senduro Lumajang
serunya bermain air bersama kawanan di wisata alam kaliadem Senduro Lumajang

Untuk tarif tiket masuk, kamu cukup menyediakan Rp. 3.000 untuk per orang. Dan tarif parkir dipatok dengan harga Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Jam oeprasional Wisata Alam Kali Adem ini buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Dan jangan lupa untuk selalu siap sedia pakaian ganti ya, karena sangat disayangkan bila kamu tidak menyeburkan diri kedalam sumber air Kali Adem ini.

Advertisement
Tags
Wisata Air wisata alam Indonesia wisata jawa timur Wisata Lumajang wisata nusantara
Share