Selain Daun Kelapa, Inilah Ragam Sedotan dari Tumbuhan yang Pernah Dibuat

Sedotan daun kelapa dianggap merupakan salah satu jalan keluar yang bisa diambil untuk masalah sedotan plastik. Cara pembuatannya gampang dan bahannya juga mudah untuk didapatkan. Ini merupakan ide yang datang dari Kafe Editha, tempat nongkrong di Filipina. Ternyata Teman Traveler, selain dari daun kelapa ada ragam sedotan lainnya yang pernah dibuat dari tumbuhan. Apa saja ragam sedotan dari tumbuhan yang bisa dipilih?

Sedotan Batang Pepaya

Nanamia Pizzeria, via Instagram/nanamiapizzeria
Nanamia Pizzeria, via Instagram/nanamiapizzeria

Pertama datang dari Jogja, Nanamia Pizzeria menawarkan sedotan dari batang daun pepaya. Ini merupakan inovasi pertama yang diterapkan oleh restoran yang berada di Jogja. Sedotan ini khusus dipakai untuk minum air kelapa muda, sementara lainnya tak menggunakan sedotan hanya sedok. Ternyata sebelum mencoba sedotan dari batang daun pepaya, mereka telah menggunakan sedotan berbahan sari pati jagung.

Sedotan Bambu

Sedotan bambu, via Instagram/goods.nature
Sedotan bambu, via Instagram/goods.nature

Alternatif lainnya sedotan ramah lingkungan adalah yang terbuat dari bambu. Ini merupakan inovasi yang datang dari Ubud, Bali. Sedotan ini terbuat dari bambu wulung yang lebih aman. Awalnya tidak terlalu diminati, namun lama kelamaan sudah mulai digunakan. Bahkan diminat pasar luar negeri, sampai ke Australia.

Sedotan Rumput Liar

Sedotan rumput liar, via Instagram/linkiesta.it
Sedotan rumput liar, via Instagram/linkiesta.it

Inspirasi sedotand ari tumbuhan lainnya datang dari seorang pria yang berasal dari Vietnam Ia menciptakan sedotan dari batang rumput liar. Jenis rumpur ini memiliki nama ilmiah Lepironia Articulata. Ini merupakan reumputan yang tumbuh liat di Vietnam yang memiliki batang panjang dan berlubang di tengahnya. Ada dua jenis sedotan yang bisa dipilih, basah dan juga kering.

Sedotan Batang Kangkung

Sedotan batang kangkung, via Instagram/gringreenintl
Sedotan batang kangkung, via Instagram/gringreenintl

Sebuah restoran di Bangkok berinovasi membuat sedotan ramah lingkungan yang berasal dari batang kangkung berukuran besar. Seperti yang kita ketahui bersama, batang kangkung yang besar selama ini dibuang dan tak diolah. Ini sekaligus menjadi jalan keluar permasalahan sampah sekaligus pemanfataan batang daung kangkung ukuran besar. Restoran ini bernama Broccoli Revolution.

Apakah ada ide lainnya untuk membuat sedotan ramah lingkunga? Yuk betukar pikiran, siapa tahu bisa berguna.

Tags
Share